Daniel Day-Lewis akan kembali berakting di film Amenoma (Sumber gambar: Flickr/Casa de América)

7 Tahun Pensiun, Aktor Daniel Day-Lewis Bakal Kembali Beraktif di Film Anemone

05 October 2024   |   07:33 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Aktor legendaris Daniel Day-Lewis akan kembali berakting, setelah mengumumkan pensiun dari industri perfilman pada 2017. Sang aktor telah dikonfirmasi bakal membintangi film anyar berjudul Anemone, yang diproduksi oleh Focus Features dan Plan B. 

Anemone merupakan film layar lebar pertama yang disutradarai oleh anaknya, Ronan Day-Lewis. Daniel dan Ronan juga bekerja sama dalam menulis skenario film ini.

Film ini mengeksplorasi hubungan rumit antara ayah, anak, dan saudara, serta dinamika ikatan dalam keluarga. Ini adalah penampilan pertama Daniel Day-Lewis sejak film Phantom Thread (2017). Di film anyarnya itu, dia akan beradu peran dengan Sean Bean, Samantha Morton, Samuel Bottomley, dan Safia Oakley-Green.

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan seniman visual berbakat, Ronan Day-Lewis, untuk film fitur pertamanya, bersama Daniel Day-Lewis sebagai kolaborator kreatifnya. Mereka telah menulis skenario yang luar biasa, dan kami menantikan untuk menyajikan visi bersama mereka kepada penonton, bersama tim di Plan B,” ucap Peter Kujawski selaku ketua Focus Features dikutip dari Variety.

Baca juga: Film Konser Olivia Rodrigo: GUTS World Tour Tayang 29 Oktober di Netflix

Film Anemone membawa kembali Daniel Day-Lewis untuk bekerja sama dengan Focus Features, studio yang sebelumnya juga memproduksi film Phantom Thread. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, film ini akan didistribusi oleh Universal ke penjuru dunia. 

Dalam produksi film ini, Ben Fordesman, yang dikenal dari karya Love Lies Bleeding, akan menjabat sebagai sutradara fotografi. Di sisi lain, desain kostum akan ditangani oleh Jane Petrie, yang terkenal berkat karyanya di serial The Crown. Selain itu, Chris Oddy, yang terlibat dalam film Zone of Interest, akan berperan sebagai desainer produksi.

Sementara itu, Ronan Day-Lewis yang berusia 26 tahun, merupakan anak dari Daniel Day-Lewis. Dia adalah seorang pelukis yang akan melaksanakan pameran solo internasional pertamanya di Hong Kong pada 2 Oktober 2024. Pameran tersebut kemudian akan dilanjutkan di New York City dan Los Angeles. 
 

Profil Daniel Day-Lewis 

Adapun, ayahnya, Daniel Day-Lewis, adalah satu-satunya aktor yang berhasil meraih tiga penghargaan Oscar untuk kategori Aktor Terbaik. Sang ayah dikenal luas berkat perannya dalam film-film terkenal seperti Lincoln, yang disutradarai oleh Steven Spielberg, There Will Be Blood karya Paul Thomas Anderson, serta My Left Foot yang digarap oleh Jim Sheridan.

Dia juga telah mendapatkan nominasi untuk film Gangs of New York dan In the Name of the Father, yang semakin mengukuhkan reputasinya sebagai salah satu aktor terhebat dalam sejarah perfilman.

Daniel Day-Lewis kemudian merenungkan keputusan untuk mengumumkan pensiun secara publik, mengungkapkan kepada majalah W bahwa sebelum membuat Phantom Thread. dia tidak menyadari akan berhenti berakting. Salah satu alasan dia mengeluarkan pernyataan itu adalah untuk menahan dirinya agar tidak kembali ke panggung peran.

Day-Lewis menyadari bahwa mengeluarkan pernyataan itu cukup mengejutkan, tetapi dirinya merasa perlu untuk menetapkan batasan. Dia tidak ingin terjebak dalam proyek lain. Sepanjang hidupnya, dia sering mengatakan bahwa seharusnya berhenti berakting, tapi kali itu terasa berbeda. Dorongan untuk berhenti tumbuh dalam dirinya dan menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukannya. 

Di acara penghargaan National Board of Review awal tahun ini, Day-Lewis bertemu lagi dengan sutradaranya di Gangs of New York, Martin Scorsese, yang menyinggung kemungkinan sang aktor kembali berakting untuk kolaborasi baru keduanya. 

Scorsese mengatakan bahwa mereka sudah membuat dua film bersama, yang merupakan salah satu pengalaman terbaik dalam hidupnya. Dia juga menyebutkan bahwa mungkin masih ada waktu untuk satu film lagi dan menilai Day-Lewis sebagai yang terbaik.

Baca juga: Animator Chris Sanders Hadirkan Petualangan Futuristik Emosional dalam Film The Wild Robot

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mengungkai Karya Ganjel Tisna Sanjaya, Instalasi Seni Jadi Medium Kritik Sosial di Art Jakarta 2024

BERIKUTNYA

Kolaborasi Sheryl Sheinafia & Refo dan Fauna dalam Single Kalo Kita Jujur Jujuran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: