Moscow Fashion Week 2024 (Sumber foto: Moscow Fashion Week)

Moscow Fashion Week Digelar 4-9 Oktober, Angkat Konsep Sustainability

04 October 2024   |   17:13 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Moscow Fashion Week, dihelat mulai 4 hingga 9 Oktober 2024. Di ajang ini, ada lebih dari 120 desainer yang akan memamerkan koleksi terbaru mereka. Tahun ini pekan mode Rusia tersebut merangkul generasi baru dari Asia, mulai dari Indonesia, Tiongkok, dan India sebagai pelopornya.

Salah satu desainer tanah air yang juga berpartisipasi di Moscow Fashion Week ada RAEGITAZORO. Jenama tersebut bakal mengusung konsep sustainability pada koleksi busananya. Melalui keikutsertaannya di pekan mode tersebut, mereka berharap bisa semakin dikenal tidak hanya di Rusia, tapi juga di pasar industri fesyen global.

Sustainability merupakan isu yang sangat penting dan menjadi perhatian kita semua sebagai manusia, di mana pun kita berada. Koleksi yang dihadirkan merupakan contoh nyata dari upaya RAEGITAZORO untuk menjaga kondisi dunia yang semakin menurun akibat kebiasaan buruk, dengan cara mengurangi limbah fesyen,” jelas Raegita Oktora, pendiri brand ini.

Didirikan pada 2014, RAEGITAZORO tampil menonjol dengan koleksi pakaian ready-to-wear yang futuristik dan berani, dengan sentuhan warna-warna neon yang khas.

Jenama ini telah mendapatkan pengakuan di Indonesia dan secara internasional di Tiongkok dan Uni Emirat Arab. Kini, mereka bersiap memperluas jangkauan globalnya dan melanjutkan komitmennya terhadap keberlanjutan dengan tampil di Moscow Fashion Week. 

Sejumlah jenama asal Rusia juga turut bergabung dengan gerakan global menuju mode yang sustainable dan bertanggung jawab. Salah satu contohnya adalah /DAS/, sebuah merek pakaian yang dikenal dengan spesialisasinya dalam daur ulang pada setiap produknya. Mereka berkomitmen untuk mewujudkan zero-waste production, menunjukkan bagaimana menggunakan kembali pakaian lama membuka berbagai kemungkinan kreatif.

Ada juga merek lainnya, yakni 'RISHI yang mendorong batas-batas dengan pakaian berteknologi canggih yang dibuat dari bahan daur ulang. RISHI tidak hanya mengusung konsep berkelanjutan, mereka juga membuat setiap pakaian menjadi nyaman dan bermakna bagi orang yang mengenakannya.

Tak ketinggalan BEENA, sebuah merek yang memadukan beragam budaya, merangkul daur ulang, menghembuskan kehidupan baru ke dalam pakaian lama dan mendorong reinterpretasi kreatif dan desain yang unik.

Komitmen terhadap keberlanjutan ini akan menjadi topik utama dalam BRICS+ Fashion Summit mendatang, yang diselenggarakan bersamaan dengan Moscow Fashion Week pada tanggal 3 hingga 5 Oktober.  Acara akbar ini akan mempertemukan lebih dari 100 negara untuk membahas isu-isu industri yang mendesak dan juga mencari solusinya.  

Moskow telah menempatkan dirinya sebagai pusat bagi pasar mode yang sedang berkembang, melalui Moscow Fashion Week. Pekan mode ini menawarkan platform bagi sejumlah desainer berbakat dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, Tiongkok, India, Afrika Selatan, dan Uni Emirat Arab.

Deretan jenama yang turut berpartisipasi di perhelatan tersebut siap memamerkan koleksi busana terbarunya yang sarat akan unsur sustainable, sebagai bentuk dukungan mereka terhadap lingkungan dan perkembangan industri fesyen global. 

Baca juga: Bali Fashion Tren 2024 Populerkan Gaya Resortwear untuk Outfit Liburan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Scoot Tambah Penerbangan Untuk Liburan Musim Dingin, Cek Jadwalnya!

BERIKUTNYA

Cek Jadwal Pemutaran Film, Lokasi Venue, Diskusi & Cara Registrasi MIFF 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: