Kelas yoga ( Sumber: Unsplash/AlexShaw)

4 Barang yang Harus Dibawa saat Kelas Yoga Pertama, Jangan Sampai Lupa

07 October 2024   |   05:59 WIB
Image
Atikah Yuliana Freelance Writer

Like
Yoga adalah salah satu olahraga yang kini populer di kalangan anak muda maupun orang tua. Selain menyenangkan, yoga juga diyakini bisa menjadi salah satu sarana untuk menenangkan mental melalui variasi gerakannya, yang bikin tubuh dan pikiran lebih rileks. 

Jika kamu baru pertama kali mau ikut kelas yoga, mungkin merasa sedikit cemas atau tidak tahu harus membawa barang item. Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa barang yang harus kamu bawa agar pengalaman pertama kelas yoga berjalan lancar. 

Baca juga: Baik untuk Kesehatan Mental, Simak Kiat Mudah Belajar Yoga Bagi Praktisi Pemula 
 

1. Pakaian yang Nyaman dan Fleksibel 

Gunakan pakaian yang nyaman saat yoga (Sumber: paxels/RDNE Stock project)

Gunakan pakaian yang nyaman saat yoga (sumber : paxels/RDNE Stock project)

Saat mengikuti kelas yoga, pakaian yang dikenakan sangat penting. Pilih pakaian yang nyaman dan fleksibel, seperti legging atau celana yoga, serta atasan yang tidak terlalu longgar. Tujuannya adalah agar bisa bergerak dengan leluasa saat melakukan berbagai gerakan. 

Hindari pakaian yang terlalu ketat karena bisa mengganggu pernapasan dan pergerakan. Pakaian berbahan kain yang menyerap keringat juga direkomendasikan, karena yoga seringkali melibatkan gerakan intens yang membuat berkeringat. 
 

2. Matras yoga 

Beberapa studio yoga menyediakan matras, tapi ada baiknya kamu membawa matras sendiri jika memungkinkan. Matras yang baik seharusnya tidak licin dan mampu memberi dukungan yang cukup untuk pergelangan tangan dan lutut. Ini akan membantu agar lebih nyaman saat melakukan pose yang memerlukan keseimbangan.

Jika belum memiliki matras yoga, coba tanyakan kepada studio apakah mereka menyediakannya untuk peserta kelas. Kamu juga bisa menggunakan handuk yoga untuk tambahan grip di atas matras agar tidak licin ketika berkeringat. 
 

3. Botol air minum 

botol air minum dan handuk kecil (Sumber: freepik/ Racool_studio)

Botol air minum dan handuk kecil ( Sumber : freepik/ Racool_studio

Yoga mungkin terlihat sebagai aktivitas yang tenang, tapi sesi yoga dapat membuatmu berkeringat. Pastikan membawa botol yang berisi cukup air untuk tetap terhidrasi sepanjang kelas. Hidrasi penting untuk menjaga stamina, terutama saat melakukan pose-pose yang memerlukan kekuatan dan konsentrasi. 
 

4. Handuk kecil

Handuk kecil akan sangat membantu untuk menyeka keringat. Yoga dapat meningkatkan detak jantung, terutama saat kamu mencoba berbagai gerakan yang baru. Handuk akan membantu menjaga tangan dan tubuh tetap kering, sehingga tidak tergelincir saat melakukan gerakan. Barang ini juga bisa digunakan untuk membantu beberapa gerakan yang terasa sulit di awal. 

Selain empat item diatas, sebagai pemula, sangat disarankan untuk datang lebih awal, sekitar 10 hingga 15 menit sebelum kelas dimulai. Ini akan memberi waktu untuk mengenal lingkungan, menyiapkan matras, dan menyesuaikan diri dengan ruang yoga. Bisa juga memanfaatkan waktu ini untuk berbicara dengan teman dan instruktur yoga. 

Mengikuti kelas yoga untuk pertama kali bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan kalau dipersiapkan dengan baik. Berusahalan untuk menikmati setiap momen di kelas yoga pertama.

Tidak perlu merasa khawatir bila tidak bisa langsung menguasai gerakan tertentu, karena yoga adalah perjalanan dan bukan perlombaan. Jangan juga berhenti ketika merasakan otot yang sedikit tegang setelah kelas pertama, karena bisa terus melakukan yoga secara konsisten, kamu akan merasakan manfaatnya dalam jangka panjang. 

Selamat mencoba dan semoga sukses untuk kelas pertama yoga kamu! 

Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan hasil karya artikel yang bersangkutan sebagai penulis independen. Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Film Konser Olivia Rodrigo: GUTS World Tour Tayang 29 Oktober di Netflix

BERIKUTNYA

Scoot Tambah Penerbangan Untuk Liburan Musim Dingin, Cek Jadwalnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: