Ilustrasi ibu dan anak sedang yoga- Kamaji Ogino (Dok. Pexels)

Bunda, Ikut Latihan Yoga Gratis sama si Kecil yuk

06 August 2021   |   14:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tidak dipungkiri pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap kesehatan mental orang tua dalam mendampingi proses tumbuh kembang anak. Untuk mengatasi hal itu, wadah edukasi anak, Tentang Anak, akan mengadakan latihan Yoga ibu dan anak untuk membantu para ibu dan si kecil mendapatkan ketenangan dan mindfulness dalam menghadapi kondisi seperti saat ini.

Berdasarkan studi Cameron (2021), sekitar 48 persen ibu dengan anak usia dini mengalami depresi di masa pandemi. Hal itu didukung oleh survei lanjutan yang dilakukan tim Tentang Anak dengan 1.000 responden ibu di Indonesia, sebesar 45,5 persen mengalami kecemasan tingkat sedang dan berat.

Hal tersebut juga ternyata dialami oleh artis Sandra Dewi. Ibu dua anak itu mengaku bahwa terkadang dirinya merasa panik meskipun berada di rumah saja selama pandemi. Muncul beberapa kekhawatiran pada Sandra terkait tumbuh kembang anak dan pekerjaan yang sedang dijalaninya..

“Setiap hari aku berusaha tenang, tapi jujur masih banyak kekhawatiran. Jadi aku bersyukur diajak meditasi, acara ini sangat membantuku yang sering panik dan memang terasa jika ibu tenang keluarga pun akan senang,” ujarnya dalam siaran resmi yang diterima Hypeabis.id, Jumat (6/8/2021).
 

Valeria Ushakova

Ilustrasi ibu dan anak sedang yoga- Valeria Ushakova (Dok. Pexels)

Setelah berhasil mengadakan acara Live Meditation Latihan Tenang, kali ini Tentang Anak akan menyelenggarakan Latihan Yoga Ibu & Anak untuk di kecil yang berusia lebih dari 2 tahun.

Latihan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa dan pikiran yang tenang di masa pandemi dan meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak untuk saling menyayangi, sehingga proses pendampingan tumbuh kembang anak lebih optimal. Selain itu, menurut studi yang dilakukan Isfaizah, dkk (2020), yoga bersama anak juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak di masa pandemi.

Tak hanya itu, sebuah penelitian dari American Academy of Pediatrics juga menyebutkan bahwa selain memperkuat hubungan orang tua dan anak, yoga dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat anak lebih mengenal dirinya sendiri.

“Kami menyelenggarakan movement ini dengan pemikiran dan perencanaan yang matang baik dari segi kesehatan fisik maupun mental ibu dan anak, tentunya dipandu oleh ahlinya. Kami juga ingin menunjukkan betapa pentingnya kesehatan dan kesiapan mental ibu demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak walau harus di rumah saja,” ujar Mesty Ariotedjo, mewakili Tentang Anak.

Adapun, kegiatan Latihan Yoga Ibu dan Anak tersebut akan dilaksanakan  secara daring pada 8 Agustus 2021 pukul 16.00 WIB. Dipandu oleh seorang registered yoga teacher Azani Fitria, kegiatan tersebut juga akan dihadiri oleh artis Ayu Dewi bersama dengan anak-anaknya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

7 Kebiasaan Sederhana untuk Mengatasi Rasa Malas

BERIKUTNYA

Mirriam Eka Curhat dalam Single Terbaru Berjudul Jodoh Orang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: