Ilustrasi Yoga. (Photo by Kaylee Garrett on Unsplash)

International Yoga Day: 5 Pose Yoga Pagi Untuk Pemula

21 June 2021   |   10:42 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Hari Yoga Internasional diperingati pada tanggal 21 Juni setiap tahunnya. Hari ini diperingati untuk menyebarkan kesadaran tentang manfaat yoga yang tak terhitung banyaknya. 

Bentuk latihan fisik yang berasal dari India kuno ini dikenal memberikan kesehatan mental dan fisik bagi tubuh.

Yoga asana selayaknya toko serba ada untuk latihan tubuh lengkap tanpa memerlukan perlengkapan atau peralatan eksternal.

Asana adalah istilah yang mengacu pada latihan fisik dengan menggunakan pose atau gerakan dalam yoga.

Latihan dapat dilakukan di dalam ruangan dan merupakan kombinasi dari teknik pernapasan dan peregangan yang fokus pada seluruh tubuh serta pikiran.

Yoga dapat membersihkan tubuh dari beberapa penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta mengatur sekresi hormon.

Jika Genhype ingin mulai melakukan yoga asana, berikut adalah lima pose yang mudah dan efisien untuk dicoba di pagi hari.

1. Surya namaskar
Surya namaskar adalah kombinasi dari 12 asana yang disebut sebagai salam untuk matahari. Surya Namaskar dikenal untuk memperkuat tulang belakang dan otot punggung. Pose ini juga banyak dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme dan sirkulasi darah.
 


2. Bhujangasana
Pose ini utamanya untuk memperkuat otot perut dan memberikan kelegaan pada punggung bagian bawah. Bhujangasana juga dikenal sebagai pose kobra dan membantu menurunkan berat badan di sekitar area perut.
 


3. Mudra Asana
Mudra asana adalah pose yang sempurna untuk membantu pencernaan dan membantu meregangkan punggung dan memperkuat otot perut. Jika dilakukan di pagi hari, pose ini akan memastikan pencernaan yang efektif sepanjang hari.
 


4. Parsva Sukhasana
Pose ini sangat cocok untuk membantu meredakan kecemasan dan stres pada tubuh. Ketika dilakukan di pagi hari, latihan ini dijamin akan membuat pikiran tenang dan damai saat menjalani hari yang sibuk.
 


5. Kumbhakasana
Juga dikenal sebagai pose papan (plank). Pose ini melatih otot di punggung dan perut. Kumbhakasana sempurna untuk memperkuat otot inti (core) dan meskipun terlihat mudah dilakukan, dibutuhkan upaya yang luar biasa untuk mempertahankan posisi tersebut.
 
E

Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Tren Restoran Ubah Dapur Jadi Cloud Kitchen, Begini Caranya

BERIKUTNYA

Kisah Inspiratif Pemilik Martabak Pizza Orins, Bermula dari Jualan di Bawah Jembatan Kini Miliki 68 Cabang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: