Pertunjukan Teater di Hari Batik Nasional (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Keseruan Perayaan Hari Batik Nasional 2024 di Museum Batik Indonesia TMII

02 October 2024   |   10:55 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Museum Batik Indonesia menggelar kegiatan perayaan Hari Batik Nasional dengan tema Batik Budaya Berkelanjutan. Adapun acara tersebut diselenggarakan pada Rabu (2/10/2024) di Museum Batik Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Batik telah menjadi salah satu kekayaan warisan budaya Indonesia yang mempunyai nilai tinggi dan penuh dengan makna filosofis. Batik diwariskan secara turun temurun hingga menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak zaman dahulu.

Hal ini dipertegas dengan pengakuan UNESCO yang mencatat Batik Indonesia ke dalam Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity pada tanggal 2 Oktober 2009, kemudian melalui Keputusan Presiden No. 33 tahun 2009 ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional. 

"Kegiatan Hari Batik Nasional 2024 dimulai pagi-pagi sekali dengan Kirab Budaya mulai pukul 07.00 WIB, semoga para peserta bisa mendapatkan edukasi tentang batik dan menumbuhkan keinginan untuk melestarikan batik Indonesia," ujar Archangela Y. Aprianingrum, penanggung jawab Museum Batik Indonesia. 

Baca juga: 20 Referensi Ucapan & Twibbon Hari Batik Nasional 2024 

Kegiatan Hari Batik Nasional 2024 di Museum Batik Indonesia bertujuan untuk merayakan batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh dunia. Memberikan inspirasi bagi keberlanjutan pelestarian batik bagi generasi muda, serta meningkatkan apresiasi dan keterlibatan masyarakat dalam pelestarian batik. 

"Batik bukan hanya dipandang sebagai produk, tapi hasil kebudayan yang penuh makna dan filosofis, serta punya keterkaitan dengan ekosistem dan tradisi masyarakat sekitarnya," kata Ahmad Mahendra, Plt. Kepala Indonesian Heritage Agency.

Adapun, dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan peran dan apresiasi masyarakat terhadap batik sebagai warisan budaya, begitupun dengan pewarna alam yang digunakan untuk membatik. Ke depannya, diharapkan juga agar masyarakat dapat melestarikan dan mengembangkan batik di Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2024, Museum Batik Indonesia menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk mengedukasi pelajar serta masyarakat umum. Acara sudah dimulai pukul 07.30 WIB dengan Kirab Budaya, berjalan kaki dari Keong Mas ke Museum Batik Indonesia.

Setelah kirab budaya, para peserta yang terdiri dari pelajar dan masyarakat umum memasuki museum Batik Indonesia untuk menyaksikan pertunjukan seni budaya. Mulai dari pertunjukan tari dari Sanggar Glatik IKAASI dan pertunjukan Dongeng anak oleh Zahra. 

Nantinya ada juga pertunjukan teater oleh Arttilas SMKN 13 Jakarta, pembukaan pameran temporer: penanaman biji indigo, talkshow pelestarian batik melalui pewarna alami, kunjungan ruang pamer museum, workshop membatik di atas kain sepanjang 30 meter, dan permainan tradisional. 

Baca juga: Cek Rangkaian Acara Perayaan Bangga Berbatik, 2-6 Oktober 2024 di Mal Kota Kasablanka

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Rangkaian Acara Perayaan Bangga Berbatik, 2-6 Oktober 2024 di Mal Kota Kasablanka

BERIKUTNYA

Rosé BLACKPINK Siap Comeback Solo Setelah 3 Tahun, Rilis Album Rosie 6 Desember 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: