Hari Batik Nasional dirayakan pada 2 Oktober setiap tahunnya. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

20 Referensi Ucapan & Twibbon Hari Batik Nasional 2024

02 October 2024   |   10:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Batik Nasional dirayakan pada 2 Oktober setiap tahunnya. Momentum ini menjadi hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik, sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia internasional oleh Presiden Soeharto saat mengikuti konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa, sebagaimana dikutip dari laman Kemdikbud

Baca juga: Batik Danar Hadi Rilis Koleksi Kembang Parang, Kolaborasi Didiet Maulana sampai Wilsen Willim

Batik Indonesia lalu didaftarkan untuk mendapat status intangible cultural heritage (ICH) melalui kantor UNESCO di Jakarta oleh kantor Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, mewakili Pemerintah Indonesia dan komunitas batik Indonesia, pada 4 September 2008.

Pada 9 Januari 2009, pengajuan batik untuk Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO diterima secara resmi, dan batik dikukuhkan pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi, Uni Emirat, Arab pada 2 Oktober 2009.

Pada sidang tersebut, batik resmi terdaftar sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi di UNESCO. Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kemudian menjadikan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 33 Tahun 2009. 

Hari Batik Nasional ditetapkan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia. Sejak saat itu, setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Melalui Keputusan Presiden ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kemudian menerbitkan Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019. Berdasarkan surat edaran tersebut, Kemendagri mengimbau seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk menggunakan baju batik pada hari Rabu.

Hari Batik Nasional bukan sekadar peringatan, tetapi juga menjadi cara untuk menjaga identitas bangsa Indonesia dan memperkuat persatuan. Melalui peringatan ini, warisan budaya batik semakin diakui secara global, dan masyarakat Indonesia diharapkan untuk lebih percaya diri dalam memakai batik sebagai bagian dari upaya melestarikan warisan budaya Indonesia.
 

Ilustrasi ragam motif kain batik. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Ilustrasi ragam motif kain batik. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)


Ucapan Hari Batik Nasional 2024

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Batik Nasional mulai dari memakai baju batik, belajar membatik, mengunjungi sentra batik, belajar sejarah batik, mengenal ragam motif batik, ataupun membagikan ucapan terkait Hari Batik Nasional di media sosial ataupun platform lainnya.

Berikut adalah 20 ucapan Hari Batik Nasional 2024 yang bisa menjadi referensi seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.
  1. Selamat Hari Batik Nasional 2024! Mari bersama-sama memakai dan mempromosikan batik sebagai warisan budaya kita yang luar biasa.
  2. Batik adalah cerminan keindahan Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional 2024
  3. Batik menghubungkan kita dengan sejarah dan tradisi. Selamat Hari Batik Nasional 2024!
  4. Selamat Hari Batik Nasional 2024! Mari kita lestarikan keindahan warisan budaya kita.
  5. Batik adalah karya seni yang bisa kita kenakan setiap hari. Selamat Hari Batik Nasional 2024!
  6. Dalam setiap motif batik, tersembunyi sejarah panjang Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional 2024!
  7. Batik adalah cerita yang dibawa oleh generasi ke generasi. Selamat Hari Batik Nasional 2024!
  8. Selamat Hari Batik Nasional 2024! Melalui batik, kita melukiskan identitas, kebanggaan, dan cinta pada negeri.
  9. Hari Batik Nasional adalah saat kita merayakan keindahan budaya lokal yang kaya akan sejarah dan filosofi. Banggalah mengenakan batik!
  10. Batik bukan hanya kain, tetapi warisan budaya yang harus kita jaga. Selamat Hari Batik Nasional 2024!
  11. Batik adalah identitas bangsa, warisan dari generasi ke generasi. Selamat Hari Batik Nasional, mari terus melestarikannya!
  12. Hari Batik Nasional 2024, waktu yang tepat untuk merayakan seni indah yang menggambarkan kekayaan budaya Indonesia.
  13. Selamat Hari Batik Nasional 2024! Warisan budaya ini harus terus kita jaga dan kita banggakan sebagai simbol keindahan Indonesia.
  14. Dalam batik, kita menemukan kekuatan kreativitas dan warisan budaya yang tak ternilai harganya. Selamat Hari Batik!
  15. Batik adalah budaya asli bangsa kita sekaligus ciri khas yang membedakannya dengan bangsa lainnya. Selamat Hari Batik Nasional 2024!
  16. Tepat di hari ini, 2 Oktober, simbol kebudayaan bangsa Indonesia telah resmi menjadi warisan yang wajib untuk dilestarikan. Selamat Hari Batik Nasional 2024.
  17. Batik adalah warisan budaya yang harus dilestarikan. Kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi? Selamat Hari Batik Nasional 2024!
  18. Tak kenal maka tak sayang, Tak sayang maka tak cinta. Ayo tunjukkan rasa cintamu terhadap warisan kebudayaan Indonesia dengan memakai batik, terutama hari ini. Selamat Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2024.
  19. Batik itu otentik Indonesia, mahakarya warisan budaya dan identitas nasional. Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2024!
  20. Dari suatu titik hingga menjadi sebuah goresan sederhana namun mempunyai kiasan. Bermacam corak yang saling melengkapi mencerminkan budaya bangsa ini. Tetaplah menjadi bagian negeriku ini, warisan budaya yang kami cintai. Selamat Hari Batik Nasional 2024.


Twibbon Hari Batik Nasional 2024

Memperingati Hari Batik Nasional juga bisa dengan cara mengunggah foto-foto mengenakan baju batik atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan batik di media sosial, menggunakan Twibbon khusus Hari Batik Nasional 2024. Berikut adalah 20 link Twibbon Hari Batik Nasional 2024.
  1. Twibbon Hari Batik Nasional 1
  2. Twibbon Hari Batik Nasional 2
  3. Twibbon Hari Batik Nasional  3
  4. Twibbon Hari Batik Nasional 4
  5. Twibbon Hari Batik Nasional 5
  6. Twibbon Hari Batik Nasional 6
  7. Twibbon Hari Batik Nasional 7
  8. Twibbon Hari Batik Nasional 8
  9. Twibbon Hari Batik Nasional 9
  10. Twibbon Hari Batik Nasional 10
  11. Twibbon Hari Batik Nasional 11
  12. Twibbon Hari Batik Nasional 12
  13. Twibbon Hari Batik Nasional 13
  14. Twibbon Hari Batik Nasional 14
  15. Twibbon Hari Batik Nasional 15
  16. Twibbon Hari Batik Nasional 16
  17. Twibbon Hari Batik Nasional 17
  18. Twibbon Hari Batik Nasional 18
  19. Twibbon Hari Batik Nasional 19
  20. Twibbon Hari Batik Nasional 20

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Film Terbaik yang Disutradarai oleh Ernest Prakasa

BERIKUTNYA

Cek Rangkaian Acara Perayaan Bangga Berbatik, 2-6 Oktober 2024 di Mal Kota Kasablanka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: