Yayasan Batik Indonesia (YBI) mempersembahkan cara peringatan Hari Batik Nasional 2024 bertajuk Bangga Berbatik. (Sumber gambar: YBI)

Cek Rangkaian Acara Perayaan Bangga Berbatik, 2-6 Oktober 2024 di Mal Kota Kasablanka

02 October 2024   |   10:17 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Yayasan Batik Indonesia (YBI) kembali mempersembahkan sebuah perayaan untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober tiap tahunnya. Mengambil tajuk Bangga Berbatik, YBI telah menyiapkan sejumlah acara menarik seputar batik yang berlangsung pada 2-6 Oktober 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Perayaan ini merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh YBI untuk merayakan Hari Batik Nasional. YBI sendiri ialah sebuah yayasan yang didirikan pada 28 Oktober 1994, dan diprakarsai oleh Jultin Ginandjar Kartasasmita, Firdaus Ali, dan Dipo Alam MEM.

Pada perayaannya tahun ini, YBI memilih batik Gedog Tuban sebagai ikon Hari Batik Nasional 2024. Dikutip dari keterangan resminya, pemilihan batik Gedog Tuban lantaran batik asal Tuban, Jawa Timur, ini terbilang sebagai salah satu warisan budaya yang langka di Indonesia. 

Baca juga: 20 Referensi Ucapan & Twibbon Hari Batik Nasional 2024
 

Batik Gedog Tuban merupakan batik lokal yang dibuat dengan adanya pengaruh budaya Tiongkok, yang ditampilkan lewat motif burung Phoenix. Akulturasi budaya tersebut dipicu oleh posisi Tuban yang sempat menjadi pintu masuk pendatang asal Negeri Tirai Bambu pada masa lalu.

Proses pembuatan batik satu ini pun cukup unik, yaitu masih menggunakan benang katun yang dipintal dari tanaman kapas yang tumbuh subur di Tuban. Selain itu, batik ini juga dibuat menggunakan alat tenun gedog yang masih sederhana dan dikerjakan oleh penduduk asli Tuban. 

Menariknya, di kota Tuban, usaha pembuatan batik sudah menjadi tradisi di antara para perempuan dan diwariskan secara turun-temurun. 
 

Rangkaian Acara Perayaan Hari Batik Nasional 2024

Dalam acara kultural ini, YBI akan menyajikan sebuah pameran edukatif yang ditampilkan lewat instalasi-instalasi modern sesuai dengan perkembangan zaman, berupa multimedia tunnel.

Di ekshibisi ini, pengunjung dapat menikmati pengalaman baru dengan masuk ke sebuah immerse experience, yang menampilkan animasi batik yang sudah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham, yaitu Batik Nitik, Batik Besurek, Batik Complongan, Batik Sarung Pekalongan, dan Batik Lasem.

Selain instalasi imersif, acara peringatan Hari Batik Nasional 2024 yang akan berlangsung selama lima hari ini juga diramaikan dengan bazar dari sekitar 45 usaha kecil dan menengah, yang akan menampilkan berbagai produk batik asli dari berbagai daerah.
 

Sebagai sebuah acara yang merangkul semua kalangan, perayaan ini juga tiap harinya akan diisi dengan berbagai macam acara seperti peragaan busana, program wicara yang membahas mengenai sejarah, filosofi, dan perkembangan batik di Indonesia serta pagelaran musik.

Sebagai puncak acara pada Minggu, 6 Oktober 2024, di Plaza Sudirman Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, akan diselenggarakan Hari Batik Fun Run and Walk, yang sekaligus menggalang dana melalui donasi untuk mendukung kegiatan YBI dalam melindungi, melestarikan, mengembangkan dan memasyarakatkan batik. 
 

Adapun, seluruh kegiatan dan acara perayaan Hari Batik Nasional 2024 diselenggarakan dengan berkolaborasi bersama Biro Hubungan Masyarakat dan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA), Kementerian Perindustrian.

Untuk lebih detailnya, berikut adalah rangkaian acara peringatan Hari Batik Nasional 2024 oleh YBI bertajuk Bangga Berbatik.
 

Rabu, 2 Oktober 2024

  • 10.00 WIB-10.30 WIB: Registrasi
  • 10.30 WIB-11.00 WIB: Opening Ceremony (hanya undangan)
  • 11.00 WIB-12.00 WIB: New Chaseiro Performance
  • 12.00 WIB-13.00 WIB: Fashion Show Batik Gedog Tuban
  • 13.00 WIB-14.00 WIB: Tinjauan Booth Peserta
  • 14.00 WIB-15.00 WIB: Talkshow Hari Batik Nasional (HBN) 2024 X Industrial Festival 2024-"Batikology" bersama Putri Komar
  • 15.00 WIB-17.00 WIB: Styling Guide bersama Adi Surantha dan Parade Batik YBI
  • 17.00 WIB-18.00 WIB: Line Dance Performance


Kamis, 3 Oktober 2024

- 11.00 WIB-12.00 WIB: Launching Buku Batik Berkelanjutan: Rantai Pasok Industri 4.0 (Ditjen IKMA Kemenperin)
- 14.00 WIB-16.15 WIB: SMARADAHANA:
  • Jalasenastri Dance Performance;
  • Talkshow "Merawat dan Memelihara Batik" bersama Ibu Tumbu Ramelan;
  • Talkshow "Mari Berkain" bersama Ibu Reni Kusumawardhani;
  • Jalasenastri Choir Performance 
  • Fashion Show Danar Hadi
- 16.30 WIB-17.30 WIB: Talkshow HBN 2024 X Industrial Festival "Batik On Diplomacy: Batik dalam Diplomasi Internasional" bersama Ibu Yanti Djani dan Bapak S.A. Cahyanto
- 19.00 WIB-20.00 WIB: Homeband Akustik: Mas Band


Minggu, 6 Oktober 2024

Hari Batik Fun Run & Walk 
Dari Area CFD Plaza Sudirman ke Pintu VI Gelora Bung Karno
Bintang tamu: penampilan dari RAN 

Baca juga: Mengenal Motif Batik Pekalongan yang Diberikan Cinta Laura ke Cara Delevingne

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

20 Referensi Ucapan & Twibbon Hari Batik Nasional 2024

BERIKUTNYA

Keseruan Perayaan Hari Batik Nasional 2024 di Museum Batik Indonesia TMII

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: