Presiden Joko Widodo tiba di kompleks parlemen jelang Sidang Tahunan MPR dan Sidang bersama DPR dan DPD 2024 dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Daftar Hobi Unik Presiden Joko Widodo, Musik Metal sampai Moge

01 October 2024   |   21:25 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Joko Widodo akan mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden Indonesia pada Oktober 2024. Pria yang memerintah Indonesia selama 10 tahun atau 2 periode itu memiliki hobi yang mungkin unik bagi banyak orang, yakni dari musik metal sampai naik motor gede. 

Dikutip dari laman resmi Presiden Indonesia, Joko Widodo adalah Presiden ke-7 Indonesia. Dia mulai menjabat sebagai orang nomor satu di negara kepulauan ini sejak 20 Oktober 2024 setelah berhasil merebut mayoritas hati masyarakat.

Pria yang lahir di Surakarta, Jawa Barat, pada 21 Juni 1961 tersebut terkenal sebagai seorang pengusaha. Dia pertama kali terjun ke dunia pemerintahan pada 2005 dengan menjadi Wali Kota Surakarta selama 7 tahun, yakni sampai Oktober 2012. 

Baca juga: 7 Baju Adat Jokowi di Sidang Tahunan MPR, Sampaikan Pidato Terakhir Pakai Beskap Betawi

Dari Surakarta, pria yang kerap disapa Jokowi itu “bertarung” di DKI Jakarta untuk menjadi orang nomor satu. Berpasangan dengan Jusuf Kalla, Jokowi berhasil mengalahkan pasangan lainnya dan menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012.

Jokowi tidak menyelesaikan perannya sebagai Gubernur DKI Jakarta lantaran 2 tahun berselang ikut dalam pemilihan Presiden Indonesia. Dia pun kembali terpilih dan memegang amanat menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Lima tahun setelahnya, Jokowi kembali ikut dalam pertarungan menjadi presiden untuk masa jabatan 2 periode. Pada 2019, dia berpasangan dengan K.H. Ma’ruf Amin untuk kembali “bertarung” meraih hati masyarakat. Jokowi kembali menang, sehingga menjadi presiden untuk yang kedua kalinya secara berturut-turut. 

Selain menghasilkan sejumlah kebijakan populis hingga kontroversial, orang nomor satu di Indonesia itu juga memiliki sejumlah hobi unik yang menarik perhatian banyak orang. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut hobi-hobi unik dari sang kepala negara.  
 

1. Musik metal 

Salah satu hobi unik Presiden ke-7 Indonesia tersebut adalah suka mendengarkan musik metal. Kesukaan Joko Widodo terhadap musik metal sebenarnya sudah melekat sejak masih menjabat sebagai gubernur. Dia tercatat menghadiri beberapa kali konser musik band bergenre metal.

Pada 2013, ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta, dia tercatat pernah hadir dalam konser Metallica di Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta. Sebelumnya, saat masih menjabat sebagai Walikota Solo, Jokowi juga tercatat pernah beberapa kali hadir dalam konser band metal, yakni Linkin Park atau Rock in Solo pada 2011. 
 

2. Naik moge 

Hobi unik dari Jokowi lainnya adalah naik motor gede (moge). Kegiatan menaiki “kuda besi” ini sudah ditunjukkan oleh sang kepala negara dalam beberapa kesempatan. 

Dia tercatat pernah beberapa kali show off dengan menggunakan moge. Salah satu di antaranya adalah ketika ajang Asian Games pada 2018. Pada saat itu, dia mengendarai motor gede Yamaha FZ1 dan mengundang banyak perhatian. 
 

3. Menonton film bioskop 

Kegiatan menonton film juga menjadi salah satu hobi unik dari sang kepala negara. Jokowi tercatat pernah menonton sejumlah film layar lebar yang sedang tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Film-film tersebut antara lain Warkop DKI: Jangkrik Boss Part 1 (2016), Cek Toko Sebelah (2018), Dilan 1990 (2019), dan sebagainya. 
 

4. Bermain futsal 

Hobi Jokowi selain menonton film, naik motor gede, dan mendengar musik metal adalah bermain futsal. Dalam beberapa kesempatan, dia kerap bermain olahraga dengan menggunakan bola sepak tersebut bersama dengan beberapa pihak.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Madani International Film Festival & Suara Solidaritas untuk Palestina-Sudan

BERIKUTNYA

7 Karya Sastra Dilarang pada Masa Orde Baru: Tetralogi Pulau Buru hingga Rangsang Detik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: