Kaesang Pangarep gugup jelang proses ijab kabul. (Sumber gambar : Youtube Presiden Jokowi)

Sempat Tegang & Berkeringat, Intip Potret Kaesang yang Sah Nikahi Erina

10 December 2022   |   14:10 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pernikaan putra bungsu presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono mungkin menjadi royal wedding penutup tahun yang cukup meriah. Rangkaian adat budaya Jawa menghiasi acara yang berlangsung di Pendopo Agung Royal Ambarukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). 

Kekhidmatan cara dimulai dengan penyerahan Kaesang sebagai calon pengantin pria kepada keluarga mempelai wanita. Kaesang dengan surjan atau beskap pengantin didominasi warna putih, lengkap dengan jarik dan blangkon cokelat putih, tampak tegang dan gugup. 

Sesekali dia mengatur dan menghela nafas panjang setibanya di meja akad yang menghadap ke kiblat. Beberapa kali dia menyeka keringat yang terus mengucur di wajahnya. 

Baca juga: Profil Erina Gudono, Finalis Putri Indonesia Calon Istri Kaesang Pangarep

Iriana sebagai ibu pun sempat menghampiri Kaesang untuk meredakan rasa gugup dengan berbincang sebentar dan menepuk pundak putranya itu. Kaesang pun berusaha menenangkan diri dengan sedikit menggoyangkan tubuh seraya tersenyum, mendengarkan alunan gamelan menunggu kedatangan Erina. 
 

Iriana yang coba menenangkan Kaesang. (Sumber gambar : Youtube Presiden Jokowi)

Iriana yang coba menenangkan Kaesang. (Sumber gambar : Youtube Presiden Jokowi)


Di tengah rasa gugup Kaesang, Erina pun tiba di area Pendopo Agung Royal Ambarukmo. Finalis Putri Indonesia 2022 itu tampak cantik mengenakan kebaya putih brokat panjang dipercantik dengan paes Ageng Yogyakarta, menggunakan kereta kencana. 

Tiba di area utama akad nikah, Erina semakin bersinar dan anggun berjalan menuju meja akad didampingi ibunya, Sofia Gudono, dan kedua saudara pertemuannya, Nadya dan Shania Gudono. Kaesang pun menyambutnya penuh senyum dan mereka duduk berdua di pelaminan. 
 

Erina dan Kaesang duduk di pelaminan. (Sumber gambar : Youtube Presiden Jokowi)

Erina dan Kaesang duduk di pelaminan. (Sumber gambar : Youtube Presiden Jokowi)


Memecah ketegangan, mereka pun sempat tertawa kecil bersama menunggu proses di mulai, terutama ketika kakak Erina, Allen Adam Rinaldi Gudono tiba di meja akad yang bertugas menjadi wali nikah. Suasana di ruangan yang didominasi warna putih dan rangkaian berbagai macam bunga dengan warna senada, semakin khidmat ketika para saksi dan penghulu duduk di meja tersebut.  

Adapun saksi nikah dari pihak Kaesang diwakili Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Seretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjadi saksi dari Erina. Sementara itu, penghulu yang akan menikahkan Kaesang yakni Kepala KUA Depok, Sleman, Yogyakarta, Muhammad Wiyono. 

Setelah mendengar lantunan ayat suci Al-Quran dan pesan dari penghulu, proses ijab kabul pun dilakukan. Kakak Erina sempat tegang sebelum memulai kewajibannya untuk menikahkan adiknya itu. Namun setelah mengatur napas, dia akhirnya menuntun Kaesang untuk mengucapkan ijab kabul. 

Kaesang pun menyambutnya dengan lantang mengucapkan ijab kabul dengan lancar. "Alhamdulillah... Alhamdulilah," ucap Kaesang yang begitu girang ketika para saksi dan tamu kompak menyatakan sah dmenjadi suami Erina Gudono. 

 

Kaesang dan Erina mengucap syukur pasca ijab kabul. (Sumber gambar : Youtube Jokowi)

Kaesang dan Erina mengucap syukur pasca ijab kabul. (Sumber gambar : Youtube Jokowi)
 

Gugup Kaesang seketika luruh. Dia pun tidak berhenti tersenyum karena proses ijab kabul yang baru saja berlangsung berjalan sangat lancar. Bahkan dia sempat mengusap air mata karena terharu. Begitu pula dengan Erina yang tersenyum lega karena sah menjadi istri Kaesang. 

Adapun pada pernikahannya, mas kawin yang disiapkan Kaesang untuk Erina yakni seperangkat alat salat, logam mulia dengan total 64 gram sesuai tanggal pernikahan, dan uang tunai senilai Rp300.000. Uang tunai Rp300.000 dipilih sebagai simbol karena Kaesang dan Erina merupakan anak ketiga. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Momen Bangkit dari Covid-19, Simak Peristiwa Penting Pariwisata Indonesia 2022

BERIKUTNYA

Festival Budaya Jadi Tema Pernikahan Kaesang & Erina

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: