Adegan dalam video musik Rahasia (Sumber gambar: Siaran Pers RAN)

Album Teater Nestapa Siap Sajikan Warna RAN yang Berbeda, Rilis Oktober 2024

01 October 2024   |   19:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Grup musik RAN akan mengeluarkan album penuh keenam pada Oktober 2024 berjudul Teater Nestapa. Tak sama dengan album yang pernah dibuat, Teater Nestapa akan memberikan sesuatu yang berbeda kepada para penggemarnya dan memberikan warna baru terhadap musik RAN.

Salah satu anggota RAN, Nino mengatakan bahwa album baru yang akan rilis pada Oktober 2024 memiliki konsep yang unik ketimbang karya-karya mereka sebelumnya. 

"Dahulu orang mengetahui RAN adalah grup musik yang warna-warni dan ceria. Sekarang, kami membuat album yang judulnya Teater Nestapa, sesuatu yang kebalikan dari apa yang mereka tahu tentang RAN,” katanya dalam siaran pers, dikutip Hypeabis.id pada Selasa (1/10/2024). 

Baca juga: Solois Jaz Hayat Rilis Single Boleh Merindu Sebagai Pengantar Album Ketiga

Dia menambahkan, album ini juga menandai kembalinya RAN membuat format full length, setelah terakhir kali hal tersebut dilakukan sekitar 8 tahun lalu. Keputusan membuat album penuh baru diambil karena para anggota grup ingin memberikan sesuatu yang benar-benar baru.

Sebelum memutuskan untuk membuat album baru, Nino mengungkapkan bahwa merilis single sudah cukup untuk memperpanjang “napas”, melihat perkembangan zaman pada saat ini.

“Tapi untuk kali ini, kita nggak ingin sekadar memperpanjang napas, kita pengen membuat sesuatu yang bener-bener baru. Bikin single aja itu rasanya kayak extended version dari apa yang orang lihat dari kita. Kalau bikin album kayak terlahir kembali dengan konsep yang benar-benar baru,” katanya. 

Rahasia #1 & Rahasia #2 

Dia menambahkan, RAN juga telah mengeluarkan video musik untuk double single dengan judul "Rahasia #1" dan "Rahasia #2" yang merupakan bagian dari album Teater Nestapa. Dua video musik yang dibintangi oleh Claresta Taufan, Morgan Oey, dan Jourdy Pranata ini berkisah tentang seorang perempuan yang sudah punya pasangan dan tertarik dengan pria lain.

Dalam video musik "Rahasia #1", karakter bernama Asa harus berhadapan dengan pilihan setiap terhadap Sahid atau berpindah hati dengan Rana. Sementara itu, video musik "Rahasia #2" mengisahkan tentang Rana dan perasaannya.

Nino mengatakan bahwa double single tersebut bercerita tentang rahasia dan situasi dalam hubungan segitiga. “Cinta enggak sesederhana saling menyayangi satu sama lain. Apalagi kalau hubungannya sudah lama. Ada banyak konflik batin yang terjadi di dalam diri sendiri. Kayak kita punya kekaguman sama orang lain, penasaran sama dia,” ujarnya.

Sementara itu, anggota RAN lainya, Rayi mengungkapkan bahwa single "Rahasia #1" bercerita tentang seorang yang tergoda untuk memiliki hubungan dengan orang lain. Sementara itu, "Rahasia #2" berkisah tentang kisah pasangan yang tidak ingin menjadi pasangan rahasia.

Rayi mengatakan bahwa kisah kedua lagu tersebut memang cukup straightforward, yakni tentang kisah cinta segitiga. Namun, kisah tersebut dari dua sudut pandang yang berbeda satu sama lain.

“Ketika menulis mengenai lagunya, kami bertiga punya inspirasi yang berbeda-beda. Ada yang dapat dari kisah cinta adiknya, ada yang terinspirasi dari cerita di film ada juga yang dari kasus-kasus yang mungkin pernah seliweran di media sosial,” ujarnya.

Untuk diketahui, RAN adalah grup musik yang beranggotakan Rayi, Asta, dan Nino. Grup ini dibentuk pada 2006, dan telah mencetak banyak hit, dan meraih berbagai penghargaan. Salah satu penghargaan yang pernah dibawa pulang adalah Best Asian Artist Indonesia di Mnet Asian Music Awards 2015.

Baca juga: Rajutan Nostalgia dan Romansa saat Maliq & D'Essentials Bawakan Album 1st di Pestapora 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jadwal Lengkap Pemutaran Film & Diskusi di Madani International Film Festival 2024

BERIKUTNYA

Madani International Film Festival & Suara Solidaritas untuk Palestina-Sudan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: