RAN. (Sumber gambar: Creathink Publicist)

RAN Rilis Double Single Rahasia #1 & Rahasia #2, Pembuka Album Teater Nestapa

04 September 2024   |   21:20 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Trio Rayi, Asta dan Nino (RAN) merilis double single bertajuk Rahasia #1 dan Rahasia #2 pada Rabu (4/9/2024). Perilisan ini merupakan lagu pembuka dari album anyar RAN bertajuk Teater Nestapa. Proyek musik mendatang akan menjadi album penuh pertama RAN dalam delapan tahun terakhir, sejak mereka merilis album RAN pada 2016.

Seperti judulnya, double single ini bercerita tentang rahasia, tentang seseorang yang dihadapkan dengan kondisi kisah cinta segitiga. Rayi mengatakan lagu ini hendak menyampaikan bahwa urusan cinta tidak sesederhana saling menyayangi satu sama lain, apalagi jika hubungannya telah terjalin lama.

Baca juga: RAN Luncurkan Album RAN For Your Kids untuk Bangkitkan Eksistensi Lagu Anak

Menurutnya, akan banyak konflik batin yang terjadi dalam diri sendiri ketika seseorang sedang menjalankan hubungan percintaan dengan pasangannya, salah satunya rasa kekaguman terhadap orang lain.

"Nah, Rahasia #1 cerita tentang orang yang tergoda untuk punya hubungan dengan orang lain, sementara Rahasia #2 dari perspektif sebaliknya, 'masa gue cuma jadi orang yang jadi rahasia untuk pasangannya sih?" kata Rayi.
 


Rayi mengatakan selama delapan tahun terakhir RAN memfokuskan diri untuk memenuhi banyaknya jadwal manggung di berbagai panggung nasional dan internasional. 

Meski demikian, kata Rayi, mereka tetap merasa ada semacam 'ruang kosong' yang ditinggalkan karena fokus pada urusan manggung, yakni merilis karya. Akhirnya, berkat inisiatif kolektif, mereka pun mulai tancap gas lagi untuk kembali melakukan workshop dan menulis lagu bersama.

"Emang kita bertiga sudah merasa terlalu lama enggak ngeluarin album. Kita udah pernah coba bikin single-single, tapi itu kayak bukan DNA-nya RAN,” kata Rayi.

Meski tidak merilis album penuh, dalam interval delapan tahun itu, RAN tetap memproduksi beberapa single lepasan. Diakui oleh Nino, awalnya mereka berpikir perkembangan zaman dan cara orang untuk merilis lagu saat ini hanya dengan merilis beberapa single lepasan, yang cukup untuk memperpanjang napas di industri musik.

Nemun, akhirnya, mereka bertekad untuk tidak sekadar ingin memperpanjang napas, melainkan ingin membuat karya musik yang benar-benar baru untuk kian mewarnai belantika musik Indonesia.

"Bikin single aja itu rasanya kayak extended version dari apa yang orang lihat dari kita. Kalau bikin album kayak terlahir kembali dengan konsep yang benar-benar baru," ucap Nino.

Berkat kesepahaman itu, RAN akhirnya berfokus mengerjakan album penuh keenam mereka. Album itu akan dirilis pada 23 Oktober 2024 dan berjudul Teater Nestapa. Tema-tema cinta yang tidak biasa akan menjadi benang merah yang coba dihadirkan RAN dalam album baru mereka.

Sebagai pembuka, mereka pun merilis double single bertajuk Rahasia #1 dan Rahasia #2 yang menjadi bagian dari album tersebut. Nino mengatakan, kedua lagu ini adalah teaser yang cukup terang benderang untuk menjelaskan sisi berikutnya dari pengkaryaan RAN di industri musik Indonesia.

"Di album baru ini konsepnya lumayan unik. Dulu orang tahunya RAN grup musik yang warna-warni dan ceria. Sekarang kita bikin album yang judulnya Teater Nestapa, sesuatu yang kebalikan apa yang mereka tahu tentang RAN," terang Nino.
 

RAN. (Sumber gambar: Creathink Publicist)

RAN. (Sumber gambar: Creathink Publicist)

Sebelumnya, RAN merilis album RAN For Your Kids yang peluncurannya bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2024. Album ini lahir dari kepedulian RAN terhadap anak Indonesia yang kini banyak mengonsumsi lagu-lagu dewasa juga lagu anak berbahasa asing. 

RAN For Your Kids berisi delapan lagu yang terdiri dari tiga lagu RAN yang telah dirilis sebelumnya, yaitu Selamat Pagi, Sepeda, dan Dekat di Hati, satu lagu anak ikonik dari era 90-an dengan sedikit gubahan sesuai zaman berjudul Macet Lagi (Si Komo Naik MRT), plus empat voice over naratif dari Kak Seto tentang semesta RAN For Your Kids. Dalam penggarapannya, RAN melibatkan Alvin Witarsa sebagai koproduser.

Dalam menggarap album ini, RAN juga melibatkan sejumlah penyanyi anak secara langsung, yaitu Velyn Elsa, Khayla Khay, dan Achmad Barakha. Semangat kolaborasi ini mengukuhkan visi RAN yang mendukung bakat anak Indonesia di bidang musik dengan memberi kesempatan untuk berkarya. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Melon Music Awards 2024 Umumkan Tanggal & Lokasi Perhelatannya

BERIKUTNYA

Stray Kids Gelar Konser di Jakarta 21 Desember 2024, Cek Harga Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: