RAN bersama sejumlah penyanyi anak. (Sumber gambar: Creathink Publicist)

RAN Luncurkan Album RAN For Your Kids untuk Bangkitkan Eksistensi Lagu Anak

23 July 2024   |   20:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Trio Rayi, Asta, dan Nino yang tergabung dalam RAN merilis album RAN For Your Kids. Peluncurannya bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, Selasa (23/7/2024). Album ini lahir dari kepedulian RAN terhadap anak Indonesia yang kini banyak mengonsumsi lagu-lagu dewasa juga lagu anak berbahasa asing. 
 
RAN For Your Kids berisi delapan lagu yang terdiri dari tiga lagu RAN yang telah dirilis sebelumnya, yaitu Selamat Pagi, Sepeda, dan Dekat di Hati, satu lagu anak ikonik dari era 90-an dengan sedikit gubahan sesuai zaman berjudul Macet Lagi (Si Komo naik MRT), plus empat voice over naratif dari Kak Seto tentang semesta RAN For Your Kids. Dalam penggarapannya, RAN melibatkan Alvin Witarsa sebagai co-produser.

Baca juga: Perlu Gotong Royong Mendorong Eksistensi & Popularitas Lagu-Lagu Anak

Laiknya lagu-lagu anak, sejumlah single yang ada dalam album RAN For Your Kids menyimpan nilai-nilai kebaikan yang bisa menjadi bahan pembelajaran bagi si kecil. Dalam lagu Selamat Pagi misalnya, RAN hendak memperkenalkan kepada anak-anak soal menjaga lingkungan, lantaran kondisi pagi hari di kota-kota besar yang tercermar polusi udara.
 
Lalu lagu Sepeda yang memuat pesan tentang solusi menghindari kemacetan, serta lagu Dekat di Hati yang membawa pesan cinta universal yang bisa dikaitkan dengan cinta keluarga atau teman. Kemudian lagu Macet Lagi yang digubah konteksnya dengan mendorong anak untuk punya kesadaran menggunakan transportasi publik yang ramah lingkungan.
 
Menariknya, dalam menggarap album ini, RAN juga melibatkan sejumlah penyanyi anak secara langsung, yaitu Velyn Elsa, Khayla Khay, dan Achmad Barakha. Semangat kolaborasi ini mengukuhkan visi RAN yang mendukung bakat anak Indonesia di bidang musik dengan memberi kesempatan untuk berkarya. 
 
"Ketiga talenta anak itu didapatkan melalui proses seleksi yang diikuti ratusan peserta dari seluruh Indonesia," kata Rayi.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by RAN (@ranforyourlife)


 
Semangat menggelorakan kembali lagu anak dilakukan RAN secara relevan. Di samping merilis album melalui digital streaming platform, RAN juga akan merilis empat video musik secara berkala yang menampilkan para personel RAN dalam wujud karakter animasi dengan narasi cerita yang menstimulasi daya imajinasi kreatif anak.
 
Keempat video yang disutradarai Sakti Marendra itu dapat disaksikan melalui kanal YouTube RAN, dan dibuka dengan video musik lagu Selamat Pagi.
 

Membangkitkan Eksistensi Lagu Anak

Album RAN For Your Kids lahir dari kepedulian RAN terhadap anak Indonesia yang kini banyak mengonsumsi lagu-lagu dewasa dan juga lagu anak berbahasa asing. 
 
Sebagai generasi yang tumbuh bersama lagu anak, RAN memiliki tanggung jawab moral untuk berupaya memberikan pengalaman yang sama kepada anak Indonesia hari ini dengan merayakan kegembiraan lewat lagu yang memiliki nilai-nilai positif, memotivasi, dan dinyanyikan dengan bahasa ibu, yaitu bahasa Indonesia.
 
Asta Andoko, personel RAN, mengatakan lagu-lagu anak yang didengarkannya saat kecil menyisakan memori yang melekat hingga dewasa. Secara tidak langsung, hal itu juga dirasa memperkaya musikalitasnya.
 
"Hari-hari jadi ceria misalkan berangkat sekolah dengerin lagu anak happy banget. Atau liburan dengerin kaset lagu-lagu anak. Intinya sih membuat masa kecil kami lebih fun,” katanya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by RAN (@ranforyourlife)


Pengalaman para personel RAN terkait lagu anak sangat mendalam dan sentimental. Diketahui Rayi pernah menjadi penari latar dalam video musik lagu anak Aku Cinta Rupiah yang dibawakan Cindy Cenora, pada 1998.

Sedangkan Nino, selalu terkenang bagaimana keriaan menyanyikan lagu anak Indonesia bersama-sama dalam acara ulang tahun teman-temannya saat kecil. Pengalaman yang mungkin tak banyak dialami anak Indonesia saat ini di tengah gempuran dan candu gawai.
 
Nino menuturkan album ini juga dibuat untuk menghadirkan kembali kenangan-kenangan masa anak-anak mereka seperti saat tumbuh dengan lagu-lagu ikonik seperti Si Komo dan tokoh yang identik dengan dunia anak yakni Kak Seto.
 
"Kami yakin, sebenarnya lagu anak sekarang itu banyak, tetapi tidak terlalu relate dengan orang tuanya. Padahal, pintu masuk ke anak-anak itu pasti melalui orang tua. Jadi, kami menghadirkan figur yang bisa menjadi jembatan ke orang tua zaman sekarang yang seumuran kita. Salah satunya dengan berkolaborasi dengan Kak Seto dan menghadirkan kembali sosok Si Komo," kata Nino.
 
Adapun, album RAN For Your Kids dirilis dengan aktivitas ramah anak yang digelar RAN di Urban Forest Cipete, pada 23 Juli 2024. Tanggal perilisan ini dipilih bertepatan dengan Hari Anak Nasional. 
 
Sebagai bagian dari perayaan album anak ini, RAN juga bekerja sama dengan Bruule merilis brownies mini yang diberi nama “Selamat Fudgy.” Brownies ini dibuat berdasarkan karakteristik masing-masing personel RAN dan akan memberi pengalaman utuh dalam menikmati konten RAN For Your Kids.
 
"Proyek RAN For Your Kids sebagai bagian dari kampanye mengangkat kembali semarak lagu anak juga akan dilakukan secara berkesinambungan ke sekolah-sekolah. Kami berharap upaya ini akan menghidupkan kembali spirit lagu anak Indonesia, di hati anak-anak maupun orang dewasa," kata Rayi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jadwal Lengkap AVC Asian Volleyball Championship Men’s U20 2024

BERIKUTNYA

Menikmati Refleksi Baru dari Alam & Panen Raya di Unicorn Gallery

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: