Rayi Putra memegang salah satu sneakers miliknya (Dok. Instagram)

Intip Koleksi Sneakers Rayi RAN, Ada 150 Pasang Loh!

15 November 2021   |   20:58 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sneakers tidak lepas dari kehidupan Rayi Putra Rahardjo. Pria yang terkenal melalui grup musik RAN itu kerap tampil hypebeast dengan menggunakan sneakers di atas panggung maupun dalam kesehariannya. Bahkan suami Dilla Hadju ini sempat memiliki 150 pasang sepatu yang didominasi Nike loh. 

Namun demikian, dari ratusan pasang yang dikoleksi, ada 5 sepatu yang menjadi favorit Rayi. Pertama adalah Air Jordan 11 Concord. Sepatu tersebutlah yang membuat dirinya jatuh cinta dengan sneakers. Sepatu didominasi warna putih berlis hitam yang dipakai Michael Jordan saat membawa berkali-kali kemenangan untuk Chicago Bulls di era 90-an. Ya, Rayi sangat mengidolakan pebasket legendaris tersebut sejak kecil.

Rayi mengatakan Air Jordan 11 Concord merupakan sepatu idamannya semasa kecil.  “Akhirnya beberapa tahun lalu dirilis ulang Nike dan Jordan Brand, dan gue mendapatkan ini,” sebut Rayi. 

Sneakers kedua adalah Nike Kobe 6 All-Star. Dia mendapatkan sepatu tersebut saat berjalan-jalan di Singapura. Sneakers itu menurutnya berharga semenjak Kobe Bryant meninggal. “Historical juga karena kapan lagi kita bisa punya sedikit legacy-nya Kobe,” tutur Rayi.

Ketiga yakni Air Jordan 1 Chicago. Menurut Rayi sneakers klasik yang dikenal sejuta umat itu bisa cocok digunakan dengan jenis baju apapun. Kombinasi warna putih, merah, dan hitam dalam sneakers ini pun menarik untuk dilihat. 

Sneakers favorit Rayi berikutnya Air Jordan 1 Off White Chicago. Sebenarnya model sepatu ini tidak jauh berbeda dengan Jordan 1 Chicago hanya konsepnya yang didekonstruksi atau ditata ulang. Bahannya pun seolah-olah tidak di-finishing dengan bagus. “Ini akan menjadi sepatu masterpiece. Sekarang saja harganya sudah luar biasa mahal,” ungkap Rayi.

Adapun dalam situs jual beli online, sneakers Air Jordan 1 Off White Chicago dibanderol hampir Rp70 juta. Oleh karena itu, Rayi beruntung memiliki sepatu tersebut yang dibeli saat harganya masih ramah kantong. 

Favorit terakhir adalah Nike Air Fear of God berwarna putih, hasil kolaborasi Nike dengan Jerry Lorenzo, desainer Fear of God. Menurutnya sepatu tersebut ikonik karena memiliki bentuk seperti sepatu untuk ke luar angkasa.

Lagi pula, ini menjadi sneakers pertama Nike memperbolehkan kolaboratornya membuat siluet baru. “Pas pertama melihat sepatu ini, kayak kaku, tetapi surprisenya, bagian solnya empuk. Sepatu yang sering banget dipakai. Bahkan kadang main basket, pilihan utamanya ini karena emang enak banget,” ulas Rayi. 
 

Rayi dan salah satu sneakers Nike (dok. Instagram RayiPutra26)

Rayi dan salah satu sneakers Nike (dok. Instagram RayiPutra26)

Ayah dari Budi Abdul Kadir Putra ini telah mengoleksi sneakers sejak 2008, tepatnya ketika dia memiliki penghasilan sendiri di bidang musik. Rayi sempat kalap, dari situ lah mengapa dia pernah memiliki 150 pasang sneakers walaupun kini sudah berkurang separuhnya karena sudah dibagikan ke keluarga maupun kerabat, dan tidak sedikit yang dijual. 

Pada masa-masa itu, Rayi sering berburu sneakers ke luar negeri seperti ke Singapura, Amerika Serikat, Jepang, apabila keluaran terbaru dan menarik hatinya tidak dijual di Indonesia. Bahkan karena seringnya datang ke sebuah toko sepatu terbesar di Singapura, Rayi pun dikenal baik oleh manajer toko tersebut. 

“Karena dia tau saya pembeli setia, kalau datang bisa beli 3-4 sepatu, dia suka ngasih deal spesial. Dia bolehin saya untuk beli sepatu yang baru mau dirilis,” kenangnya.

Di masa sekarang menurut Rayi membeli sneakers keluaran terbaru jauh lebih mudah karena sudah banyak toko yang menjualnya. Sejumlah reseller terpercaya pun bermunculan. Memang harga sneakers yang dijual lebih mahal, itu karena adanya pajak maupun ongkos kirim barang dari luar negeri. “Dibandingkan dengan harus ke luar negeri sendiri, nginep, kalau incer sepatunya saja mending beli di reseller,” ujarnya. 

Kendati demikian, semenjak berkeluarga apalagi telah memiliki seorang putra, Rayi lebih selektif dan menahan diri untuk membeli sneakers. Apalagi semenjak pandemi keuangannya difokuskan untuk sekolah anak, pengeluaran bulanan keluarga, membantu orang tua, dan tentunya tabungan.

Untung saja dalam beberapa tahun ini, Rayi ‘diendorse’ sejumlah brand dan toko sneakers. Kalaupun ada sneakers yang sangat ingin dimiliki dan tidak didapat dari endorse, Rayi memilih untuk menjual sneakers koleksinya yang tidak lagi terpakai. Seperti saat dia mengidamkan sneakers kolaborasi Nike dan rapper Travis Scott.   

“Sekarang kalau mau beli sepatu baru dan cukup mahal, enggak boleh dari tabungan tapi hasil dari jual sepatu. Waktu itu ingin Nike Travis Scott, itu mahal banget, harganya Rp26 juta. Untuk dapatkan itu, saya ngelepasin 8 sepatu,” ungkap Rayi seraya tertawa kecil. 

Ya, beberapa kali Rayi sempat menjual sneakers koleksinya. Dia pernah menjual sneakers kolaborasi Nike dengan rapper Kanye West tiga kali lipat dari harga beli. Rayi membeli sneakers tersebut dari reseller seharga Rp5 juta namun sepatu tersebut berhasil terjual dengan harga Rp15 juta. Harga tersebut sepadan karena memang sepatu ini terbilang langka di kalangan pencinta sneakers.

Sneakers juga membantu keuangan Rayi ketika pandemi Covid-19 banyak konser atau acara menyanyi dibatalkan. Walaupun bisa menjadi produk investasi, namun Rayi menilai sneakers baginya hanyalah sebuah koleksi yang tersusun rapih di dalam lemari. 

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Dia Sosok Kolektor Batik Kuno, Antik & Bersejarah

BERIKUTNYA

Serial Tokyo MER Ungkap Persaingan Dokter dalam Tim Penyelamat Darurat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: