Serial dokumenter olahraga Netflix (Sumber gambar: YouTube/Netflix)

Serial Dokumenter Olahraga Seru di Netflix, F1: DTS sampai The Last Dance

30 September 2024   |   09:00 WIB
Image
Muhammad Diva Farel Ramadhan Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Netflix dalam beberapa tahun terakhir terus menghadirkan berbagai serial dokumenter olahraga yang tidak hanya menghibur dan menginspirasi, tapi juga menguak sisi menarik para atlet dunia di belakang layar. Ini menyuguhkan kisah perjuangan atlet hingga momen-momen ikonik dalam sejarah olahraga. 

Dokumenter serial olahraga ini juga menawarkan pandangan mendalam ke dunia yang penuh gairah dan drama. Tak hanya itu, kisah tentang skandal olahraga hingga keberhasilan underdog pun bisa tercurahkan. Bagi para pencinta dokumenter, berikut adalah rekomendasi serial dokumenter olahraga paling seru yang wajib ditonton.  

Baca juga: 4 Film Dokumenter Indonesia di Netflix, Ada Pulau Plastik dan Ice Cold Jessica Wongso


1. Formula 1: Drive to Survive 


Kurang ideal rasanya jika kita membahas serial dokumenter olahraga milik Netflix dan tidak menyebut Drive to Survive. Serial yang dibangun berdasarkan olahraga balap kelas tertinggi ini telah mengubah lanskap olahraga itu selamanya. 

Pasalnya, sejak tayang perdana pada 2019, serial dokumenter ini mendapatkan pujian atas peningkatan popularitas yang mengejutkan dari asosiasi balap Eropa, Formula 1. DTS menawarkan kehidupan dan persiapan para pemilik, manajer, hingga pembalap, termasuk salah satu pembalap paling terkenal di dunia, yaitu Lewis Hamilton.
 

2. Bad Sport 

Serial dokumenter Bad Sport mengungkap sisi kelam dunia olahraga, menyoroti korupsi, keserakahan, dan kejahatan yang sering mengintai di balik pertandingan. Dengan menyajikan berbagai skandal terkenal dari ragam cabang olahraga, acara ini menghadirkan kisah nyata dari para atlet, pelatih, dan bahkan penegak hukum yang terlibat.

Dikenal dengan gaya antologi, setiap episode menyajikan cerita berbeda yang mencerminkan mentalitas menang dengan segala cara, yang berujung pada praktik taruhan ilegal, pengaturan pertandingan, dan kesepakatan yang meragukan. 

Dari skandal pembalap mobil yang menjadi pengedar ganja Randy Lanier hingga skandal sepak bola Calciopoli yang diatur oleh Luciano Moggi, Bad Sport mengeksplorasi risiko tinggi dan dilema moral yang dihadapi dalam olahraga profesional. Serial ini memberikan pandangan mendalam tentang apa yang terjadi ketika pencarian kemenangan melampaui batas wilayah kriminal.
 

3. Captains of the World 


Serial dokumenter Captains of the World mengangkat kisah inspiratif tentang kepemimpinan dan perjalanan luar biasa para kapten tim nasional di Piala Dunia 2022. Piala Dunia FIFA 2022 merupakan acara puncak bagi tim sepak bola nasional diadakan di Qatar pada 20 November-18 Desember 2022, setelah negara tersebut memperoleh hak menjadi tuan rumah pada 2010. 

Dengan menyajikan cerita pribadi dan profesional dari masing-masing kapten serta rekan-rekan mereka, dokumenter ini memberikan akses eksklusif kepada penonton untuk menyaksikan 32 tim yang berpartisipasi dalam turnamen tersebut. 

Menampilkan rekaman di balik layar dan wawancara intim dengan kapten, pemain ternama, manajer seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Kylian Mbappé, dan Harry Kane, serial ini menggali momen-momen krusial dalam perjalanan mereka, mulai dari tragedi hingga pencapaian yang gemilang. 
 

4. Tour de France: Unchained 


Tour de France: Unchained menghadirkan penggemar bersepeda baik yang baru maupun lama ke dalam inti dunia balap sepeda profesional dan menunjukkan kepada mereka bagaimana rasanya balapan di jalan pegunungan dengan kecepatan 100 km/jam, menabrak siku dalam lari cepat, dan mendaki gunung selama tiga minggu berturut-turut. 

Serial ini menyoroti para pembalap seperti Jonas Vingegaard, Thomas Pidcock, Fabio Jakobsen Jasper Philipsen, Tadej Poga?ar, dan Geraint Thomas dalam bersaing selama Tour de France yang ikonik. 


5. The Last Dance 


The Last Dance" menyajikan pandangan mendalam tentang karier Michael Jordan dan upaya Chicago Bulls untuk meraih gelar NBA keenam mereka pada musim 1997-1998. Serial dokumenter yang disutradarai oleh Jason Hehir ini juga mengeksplorasi ketegangan konflik yang terjadi antara Jordan dan jajaran bos Chicago Bulls kala itu.

Dokumenter ini menggabungkan rekaman yang belum pernah dilihat sebelumnya dari musim krusial tersebut dengan wawancara mendalam bersama tokoh-tokoh kunci termasuk Jordan, Scottie Pippen, Dennis Rodman, dan pelatih Phil Jackson. Ini juga mengungkap kompleksitas hubungan Michael Jordan dengan rekan-rekannya, tekanan berat dari sorotan media, serta semangatnya yang tak tergoyahkan untuk mencapai keunggulan. 

The Last Dance tidak hanya menyoroti tantangan olahraga yang dihadapi selama musim tersebut, tetapi juga mencatat dampak budaya dan warisan abadi dari salah satu tim basket terbesar yang pernah ada. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Dokumenter di Netflix, Diangkat dari Kisah Nyata

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Game Wajib Main yang Rilis Oktober 2024 

BERIKUTNYA

Memperkuat Literasi Demi Menangkal Propaganda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: