Ilustrasi penggarapan film dokumenter. (Sumber foto: Pexels/@pixabay)

5 Rekomendasi Film Dokumenter di Netflix, Diangkat dari Kisah Nyata

06 August 2024   |   14:01 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Film memiliki berbagai macam genre salah satunya adalah dokumenter sebuah film yang mengulas dan menampilkan kembali fakta yang ada di kehidupan nyata. Film dokumenter pertama kali muncul pada 1926, dari tangan sutradara Robert Flaherty yang berasal dari New York, Amerika Serikat.

Di platform streaming seperti Netflix, penonton dapat menikmati berbagai jenis film dokumenter, mulai dari kejahatan, olahraga, hingga proses pembuatan film itu sendiri. Netflix menawarkan banyak pilihan yang menarik dan menghibur untuk para penggemar dokumenter.

Salah satu film dokumenter terbaru yang bisa Genhype tonton adalah Power (2024). Disutradarai oleh Yance Ford, Power mengeksplorasi sejarah kepolisian di Amerika Serikat sepanjang berabad-abad. Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Sundance 2024 dan telah menarik perhatian banyak penonton.

Selain Power, ada banyak film dokumenter lain di Netflix yang juga patut dicermati para pencinta sinema. Untuk itu, berikut beberapa rekomendasi film dokumenter yang seru dan menegangkan yang bisa Genhype nikmati: 

Baca juga: Menilik Potensi Film Dokumenter Musik di Indonesia, Benarkah Selalu Sepi?
 

1. The Deepest Breath (2023)

The Deepest Breath adalah sebuah film dokumenter yang menangkap keindahan sekaligus bahaya dari salah satu olahraga ekstrem paling mematikan di air, freediving. Disutradarai oleh Laura McGann, yang juga dikenal melalui karya-karyanya seperti The 8th, film ini mengeksplorasi pelatihan intensif Alessia Zecchini. 

Zecchini merupakan seorang freediver asal Italia yang berambisi meraih gelar sebagai wanita dengan penyelaman bebas terdalam. The Deepest Breath menampilkan rekaman arsip yang menampilkan tekad dan dedikasi sang atlet dalam mengejar mimpinya yang berbahaya. 
 

2. Saint of Second Chances (2023)

Disutradarai oleh Jeff Malmberg, The Saint of Second Chances adalah sebuah dokumenter olahraga yang mengisahkan salah satu keluarga paling terkenal dalam dunia bisbol, yakni keluar Veeck.

Salah satunya adalah Bill Veeck, sosok yang sangat dikenal di dunia olahraga. Selama kariernya, dia pernah menjadi pemilik berbagai tim bisbol besar, termasuk Cleveland Indians, St. Louis Brons, dan Chicago White Sox. 

Namun, The Saint of Second Chances bukan hanya tentang Bill Veeck. Dokumenter ini juga berfokus pada kisah putranya, Mike Veeck, yang mengalami perjalanan penuh liku dalam dunia bisbol. Mike Veeck, yang awalnya mengikuti jejak ayahnya, harus menghadapi tantangan besar ketika kariernya terancam setelah menyebabkan kehancuran dalam kehidupan profesional sang ayah. 
 

3. The Bleeding Edge (2018)

Film dokumenter yang dirilis pada 2018 berjudul The Bleeding Edge mengangkat isu penting terkait industri perangkat medis. Disutradarai oleh Kirby Dick dan diproduksi oleh Amy Ziering serta Amy Herdy, film ini menyelidiki bagaimana kapitalisme dan kepentingan bisnis dapat memengaruhi keselamatan dan kesejahteraan pasien.

The Bleeding Edge mengungkapkan bahwa kapitalisme telah menyusup ke dalam FDA (Food and Drug Administration), badan pengawas yang seharusnya melindungi pasien dengan memastikan bahwa perangkat medis yang ditanamkan dalam tubuh mereka aman dan efektif. Film menyoroti berbagai skandal dan masalah yang timbul dari praktik-praktik dalam industri yang bersinggungan langsung dengan nyawa manusia ini. 
 

4. Our Father (2022)

Our Father adalah film dokumenter yang membuktikan bahwa terkadang kebenaran memang lebih aneh daripada fiksi. Disutradarai oleh Lucie Jourdan, film ini mengungkapkan kisah mengejutkan dari Donald Cline, seorang mantan dokter kesuburan dari Indianapolis.

Selama bertahun-tahun, Cline menggunakan spermanya sendiri untuk menghamili puluhan pasiennya tanpa sepengetahuan mereka. Dokumenter ini menyoroti bagaimana praktik ilegal dan tidak etis yang dilakukan oleh Cline memengaruhi kehidupan banyak orang. 
 

5. Stay on Board: The Leo Baker Story (2022) 

Stay on Board: The Leo Baker Story adalah sebuah perjalanan tak terduga ke dalam dunia olahraga yang sering kali diabaikan, yaitu papan luncur. Disutradarai oleh Nicola Marsh dan Giovanni Reda, film dokumenter ini mengikuti kisah Leo Baker, seorang atlet papan luncur yang berjuang untuk mencapai puncak dalam dunia yang penuh tantangan dan kompetisi.

Film ini mengisahkan sifat kompetitif dari olahraga papan luncur, yang telah berkembang pesat dari sekadar aktivitas di taman papan luncur lokal menjadi olahraga global yang mendunia. 

Nah itu dia lima film dokumenter seru yang tayang di Netflix, Genhype sudah nonton yang mana aja nih? 

Baca juga: Fedi Nuril Ungkap Tantangan Main Film Bila Esok Ibu Tiada dengan Pendekatan Dokumenter

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Cara Beli Tiket Konser One Piece Symphony 25th Anniversary World Tour di Ciputra Artpreneur

BERIKUTNYA

Berminat Punya Tato? Pelajari Dulu 5 Efek Sampingnya Pada Kulit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: