Muklay's Bizzare Adventure (Sumber gambar: Abdurrahman/Hypeabis.id)

Refleksi dan Retrospeksi Muklay dalam Pameran Tunggal Bizzare Adventure

30 September 2024   |   06:48 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Seniman Indonesia yang karyanya sudah dikenal mancanegara, Muklay, resmi menggelar pameran seni tunggalnya bertajuk Muklay’s Bizarre Adventure. Bertempat di Can's Gallery, Jakarta, pameran tersebut membawa perjalanan artistik yang menantang Muklay melewati batas-batas konvensional.

Dalam pameran ini, Muklay mengajak pengunjung untuk melihat petualangan melalui karya-karya yang mencerminkan eksplorasi pribadi dan kolektifnya dengan warna-warna vibrant dan menggugah mata. Dengan menggabungkan elemen visual yang terinspirasi dari budaya pop, komik, dan animasi, sang seniman menciptakan karya-karya yang tidak hanya menarik secara estetis tetapi juga sarat akan makna. 

Baca juga: Mengungkai Refleksi Sosial dalam Pameran Komunikasih Vs Komunikacau di Bentara Budaya Jakarta
 

Muklay's Bizzare Adventure (Sumber gambar: Abdurrahman/Hypeabis.id)

Dalam pameran ini, Muklay menjelaskan bahwa setiap karya yang terpampang di instalasi mencerminkan perjalanan artistiknya selama lebih dari satu dekade. Hal tersebut coba dituangkannya dengan menyajikan kisah-kisah unik, yang menghubungkan dunia fisik dan virtual.

Dia menyajikan elemen-elemen brutal dan ekspresi karakter yang polos, sehingga menciptakan kesan kontras yang memikat. Melalui penggunaan warna-warna cerah dan teknik yang inovatif tersebut, dia mengekspresikan tema-tema seperti ketegangan antara realitas dan ilusi yang menunjukkan refleksi terhadap kehidupan sehari-hari.
 

Muklay's Bizzare Adventure (Sumber gambar: Abdurrahman/Hypeabis.id)

Muklay memanfaatkan pengalaman dan perjalanan kariernya untuk menghadirkan visi artistiknya yang lebih matang. Dengan pesan reflektif selama 10 tahun berkarya, dia ingin menunjukkan nuansa retrospektif meskipun lewat karya-karya terbaru.Baginya, membawa pameran tunggalnya di Jakarta merupakan hal spesial dalam merayakan satu dekade dirinya berkarya.

"Sebenarnya ini pertanyaan bagi diri gue juga, kenapa sih gue baru kali ini di Jakarta? Sebelumnya gue kayak di Jepang, di Singapura, di Filipina, semua pameran di luar. Kesempatan kali ini terasa spesial karena gue baru berani untuk melakukan hal itu sekarang," katanya.
 

Muklay's Bizzare Adventure (Sumber gambar: Abdurrahman/Hypeabis.id)

Kurator Bizarre Adventure, Bob Adrian, mengatakan pameran ini dikerjakan dalam waktu kurang lebih setahun. Dalam proses mematangkan konsep pameran, kata Bizarre Adventure mewakili perjalanan mereka meramu karya-karya di ekshibisi tersebut.

"Kata Bizzare Adventure itu yang kemudian sering muncul di kepala kami. Menyaksikan secara langsung Muklay di studio, bagaimana dia mengerjakan banyak hal tidak hanya dalam format yang konvensional, tetapi juga banyak hal menarik yang ditampilkan di sini," jelas Bob Adrian.

Bob Adrian melanjutkan, semua perjalanan Muklay menjelajahi satu dekade tertuang melalui karya-karya kali ini. "Di pameran ini, yang ditekankan adalah bagaimana akhirnya Muklay bisa menjadi sosok yang batasannya hampir tidak ada. Kreativitasnya muncul di banyak medium dan tempat, juga berkolaborasi dengan berbagai pihak," imbuhnya.

Bob Adrian berhadap jika pameran ini dapat memberikan gambaran tentang Muklay sebagai seniman yang versatile dan konsisten dengan karya-karyanya.


Profil Muklay

Muklay (Sumber gambar: Abdurrahman/Hypeabis.id)

Muklay (Sumber gambar: Abdurrahman/Hypeabis.id)

Muklay merupakan seniman berbakat asal Indonesia yang telah memulai kariernya lebih dari sepuluh tahun yang lalu, dengan karakter artistik yang penuh warna. Kariernya dimulai pada 2013 dengan berpartisipasi dalam pameran bersama.

Pada 2014, dia pernah meraih posisi ketiga dalam Indonesian Art Award. Prestasi ini membuka jalan bagi kolaborasi dengan berbagai jenama hingga membawa namanya pada pameran di beberapa negara seperti Singapura, Filipina, Jepang, dan Korea.

Bizarre Adventure adalah pameran tunggalnya yang ketujuh, menandai tonggak penting dalam perjalanan seni yang penuh tantangan dan kreativitas.

Dia dikenal dengan gaya visual khasnya yang terinspirasi oleh karakter komik dan animasi yang berkembang di Indonesia. Penggabungan antara elemen digital dan konvensional dalam karya-karyanya menciptakan kemungkinan eksplorasi yang luas.

Muklay mengambil fokus menciptakan dialog antara dunia fisik dan virtual dalam ruang seni. Dia juga banyak mengangkat tema relevan antara pengalaman pribadi dan sosial yang tergambar abstrak. Dengan latar belakang yang kuat dalam kolaborasi, sang seniman berhasil menempatkan dirinya di tengah dunia seni kontemporer yang dinamis.

"Beberapa lama ini gue ngerasa lebih sering ngonten dibanding ngelukis. And so what, gua bisa jalani keduanya," ungkap Muklay.

Melalui pameran Bizarre Adventure, Muklay merepresentasikan kehidupan sosial dan pribadi yang penuh adaptasi melalui karya artistik yang penuh warna dan makna. 

Baca juga: Ratusan Artefak Bersejarah dari Belanda Siap Dipajang di Pameran Repatriasi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Museum Diharapkan Tak Sekadar Ruang Pamer, Tapi juga Produksi Pengetahuan Baru

BERIKUTNYA

Berbalut Gaun Merah, Dian Sastrowardoyo Tampil Memukau di Seoul International Drama Awards 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: