Maggie Smith (Sumber Foto: Instagram/@maggiesmithdaily)

Profil dan Filmografi Maggie Smith, Bintang Profesor McGonagall di Harry Potter

28 September 2024   |   07:38 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka menyelimuti industri perfilman Hollywood. Aktris senior Maggie Smith baru saja berpulang pada Jumat (27/9/2024) di usianya yang ke-89 tahun. Manggie Smith dikenal lewat peran ikoniknya sebagai Profesor Minerva McGonagall dalam serial Harry Potter.

Kabar Maggie Smith tutup usia diumumkan oleh pihak keluarganya. Mendiang meninggalkan dua putra dan lima cucu yang sedih atas kehilangan ibu dan nenek mereka yang luar biasa

"Dengan penuh rasa duka kami harus mengumumkan meninggalnya Dame Maggie Smith. Beliau meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit pagi ini, Jumat 27 September 2024," kata dua putra Smith, Toby Stephens dan Chris Larkin dikutip dari BBC.

Baca juga: Profil dan Rekam Jejak Musisi Tito Jackson yang Meninggal Dunia Usia 70 Tahun

Lebih lanjut keduanya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga medis di Rumah Sakit Chelsea dan Westminster atas ketulusan hati mereka dalam merawat mendiang sang ibu di hari-hari terakhirnya.

Anak-anak Maggie Smith juga berterima kasih atas ucapan belasungkawa dan dukungan moral lainnya dari publik di seluruh dunia. Selanjutnya mereka meminta privasi, mengingat keluarga Smith masih dalam situasi berduka.


Profil Maggie Smith

Maggie Smith memiliki nama lengkap Dame Margaret Natalie Smith. Wanita kelahiran Ilford, Essex, pada 28 Desember 1934 tersebut dikenal luas atas dedikasinya di bidang perfilman, khususnya layar lebar, televisi, dan panggung teater.

Lahir di keluarga yang sederhana dan harmonis, ayahnya bernama Nathaniel Smith, seorang ahli patologi kelahiran Newcastle yang telah bekerja di Universitas Oxford. Sementara ibunya Margaret (née Hutton), seorang sekretaris kelahiran Glasgow. Dia memiliki saudara kembar yang lebih tua darinya, yakni Alistair dan Ian.

Maggie Smith telah menikah dua kali. Pertama dengan aktor Robert Stephens pada 29 Juni 1967 di Greenwich Register Office. Pasangan tersebut memiliki dua putra, yakni aktor Chris Larkin (1967) dan Toby Stephens (1969), Mereka bercerai pada tanggal 6 Mei 1974. Setahun kemudian Maggie Smith menikahi Beverley Cross pada 23 Agustus 1975 di Guildford Register Office.

Jauh sebelum pernikahannya, Maggie Smith telah lebih dulu meniti karier sebagai seorang aktris pada era 1950-an. Dia berkecimpung di bidang seni peran selama tujuh dekade.

Maggie Smith memulai kariernya di panggung teater Oxford Playhouse pada 1952 dan debut Broadway di pentas bertajuk New Faces of '56. Atas aktingnya yang brilian, dia telah menerima lima Evening Standard Awards sebagai Aktris Terbaik. 

Tak sampai di sana, dia mulai menjajaki layar lebar dengan membintangi film kriminal Nowhere to Go (1958) sebagai Bridget Howard. Film tersebut mengantarkannya untuk menerima nominasi BAFTA Award pertamanya.

Maggie Smith banyak terlibat dalam film-film populer. Sejumlah karakter yang dilakoninya sangat ikonik dan melekat di hati penonton, salah satunya Professor Minerva McGonagall dalam serial Harry Potter sejak 2001. 

Professor Minerva McGonagall merupakan kepala asrama Gryffindor yang juga mengajar Transfirugasi atau kemampuan penyihir untuk berubah bentuk dari manusia ke hewan atau benda. Dia dikenal sebagai guru yang tegas dan tak punya rasa takut. McGonagall juga merupakan orang kepercayaan kepala sekolah Hogwarts, Profesor Albus Dumbledore.

Selain saga Harry Potter, Maggie Smith juga banyak membintangi film populer seperti Nanny McPhee and the Big Bang, Gnomeo & Juliet (suara), The Lady in the Van, dan lainnya. Tak ketinggalan, serial TV Downton Abbey sebagai Violet Crawley.

Baca juga: Profil Lera Abova, Aktris Rusia yang Jadi Nico Robin di Live Action One Piece Season 2

Sepanjang kariernya, Maggie Smith telah mengoleksi dua Piala Oscar, lima piala BAFTA, empat piala Emmy Awards, tiga piala Golden Globe Awards, dan sebuah piala Tony Award.

Dia dianugerahi gelar Dame oleh Ratu Elizabeth II pada 1990 atas dedikasinya di bidang pertunjukan seni. Selain itu juga menerima gelar Companion of Honour pada 2014 atas prestasinya pada bidang seni drama.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Lakon Si Manis Jembatan Merah & Refleksi Sosial Politik Ala Indonesia Kita

BERIKUTNYA

Cek Lokasi dan Jadwal Car Free Day di Jakarta dan Sekitarnya Minggu, 29 September 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: