Ilustrasi Sepak Bola (sumber foto: unsplash/Peter Glaser)

Libas Maladewa 4-0, Indonesia Raih Hasil Manis di Laga Pembuka Kualifikasi Piala Asia U-20

26 September 2024   |   18:00 WIB
Image
Muhammad Pasha Alfarezsa Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Babak kualifikasi AFC U-20 2025 telah dimulai, Indonesia tergabung di grup F bersama dengan Yaman, Timor Leste dan Maladewa. AFC U-20 2025 akan diselenggarakan di China mulai 6 sampai 23 Februari 2025 mendatang dan diikuti oleh 16 negara yang tergabung dalam Federasi Sepak Bola Asia (AFC).

Pada laga pertama Indonesia di ajang kualifikasi AFC U-20 2025, Indonesia sukses menang telak dengan skor 4-0 melawan Maladewa. Indonesia menghadapi Maladewa di Stadion Madya, Rabu (25/09/2024) malam. Pada saat pertandingan dimulai hujan turun membasahi lapangan.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia vs Timnas Bahrain, Laga Krusial Demi Peringkat 4 Besar

Dengan kemenangan perdana ini, timnas Indonesia sementara berhasil memuncaki klasemen grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dengan raihan 3 poin, diikuti oleh Yaman yang juga meraih 3 poin hanya kalah dalam jumlah selisih gol, sementara posisi 3 dan 4 diisi oleh Timor Leste dan Maladewa.

Timnas Indonesia tampil dengan percaya diri di Stadion Madya dengan melakukan serangan sedari awal laga. Pada menit ke-6, Indonesia mendapat tendangan penjuru, Tony Firmansyah selaku eksekutor berhasil mengirimkan umpan lambung dengan baik, namun sayang sambaran dari Buffon masih melenceng dari gawang Maladewa.

Pada menit ke-31 giliran Maladewa yang balik menyerang, umpan cut-back yang baik berhasil dikirimkan dari luar kotak pinalti, beruntung sepakan keras Shanaan Rashaad berhasil ditepis oleh penjaga gawang Garuda Muda, Ikram Algiffari.

Peluang emas dari Maladewa membuat Indonesia tampil lebih menekan, pada menit ke-40 peluang emas untuk Indonesia kembali tercipta. Umpan terobosan yang terukur kearah Jens Raven dan umpan pendek ke Riski Afrisal didepan mulut gawang Maladewa belum mampu dimaksimalkan.

Pada menit ke-41 Jens Raven lagi-lagi melakukan tusukan dari arah sayap kanan, sempat terjadi kemelut di wilayah kotak pinalti Maladewa namun sepakan keras yang dilepaskan Mufli Hidayat mampu dimuntahkan oleh Mohamed Yameen yang bermain dengan bagus di paruh pertama. Skor imbang 0-0 menutup jalannya babak pertama.

Ketika babak kedua dimulai, Indonesia semakin menambah intensitas serangannya, beberapa kali peluang emas tercipta namun penampilan apik dari kiper Maladewa, Mohamed Yameen berhasil menghalau semua peluang yang diciptakan Indonesia.

Pada menit ke-52 kembali terjadi kemelut di depan gawang Maladewa, Aditya Warman berhasil memecah kebuntuan Indonesia, ia melakukan tembakan spekulasi yang melengkung indah ke arah kanan atas dari gawang Mohamed Yameen. Skor sementara 1-0 untuk Indonesia.

Dua menit berselang giliran Figo Dennis mencatatkan namanya di papan skor, lewat skema umpan tarik dari Dony Tri Pamungkas, tembakan mendatar Figo berhasil mematikan langkah Yameen. 2-0 untuk Indonesia.

Unggul 2-0 tidak membuat Indonesia mengendurkan serangannya, pada menit ke-57 Tony Firmansyah berhasil menjebol gawang Mohamed Yameen. Lewat tendangan bebas yang terukur Tony mampu menempatkan bola ke pojok kanan bawah gawang Maladewa. 3-0 skor sementara.

Pada menit ke-60 Maladewa kembali mengancam gawang Indonesia, umpan terobosan ke kotak pinalti Indonesia berhasil disambar oleh pemain Maladewa, beruntung Ikram mampu menepisnya sekaligus
melakukan triple save untuk menyelamatkan gawang Indonesia dari gempuran Maladewa.

Gol penutup dilesatkan oleh Jens Raven lewat skema tendangan penjuru, bak jatuh dari langit bola jatuh tepat di kakinya dan mampu dengan mudah melakukan sontekan kearah kanan bawah gawang Maladewa. Skor 4-0 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak kedua.
 


Indonesia akan kembali bermain melawan Timor Leste dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada 27 September mendatang di Stadion Madya, Jakarta.


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Novel Terbaik Agatha Christie, Sang Ratu Penulis Cerita Kriminal

BERIKUTNYA

Jangan Lewatkan, 4 Narasumber Ini Bakal Hadir di IDEAFEST 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: