Cuplikan video musik single Rahasia #1. (Sumber gambar: Creathink Publicist)

Gaet Morgan Oey & Jourdy Pranata, RAN Rilis Video Musik Rahasia #1 & Rahasia #2

26 September 2024   |   12:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah merilis lagu 'Rahasia #1' dan 'Rahasia #2', RAN kini meluncurkan video musik double single tersebut. Disutradarai dan ditulis oleh Aco Tenri, dua video musik yang dibintangi oleh  Claresta Taufan, Morgan Oey dan Jourdy Pranata ini mengisahkan seorang perempuan yang  sudah punya pasangan dan tertarik dengan pria lain.

Video musik single “Rahasia #1” berkisah tentang Asa yang dihadapkan pada pilihan setia kepada Sahid atau harus berbelok hatinya kepada Rana. Sementara video musik “Rahasia #2” mengedepankan eksplorasi karakter Rana dan perasaannya.

Klip dikemas dengan unik, menampilkan drama pergulatan hati sang karakter yang disertai dengan iringan tarian yang membuat suasana tetap groovy, atmosfer yang identik dengan lagu-lagu RAN. Dibuka dengan monolog yang disampaikan narator, kedua video musik memiliki cerita yang berkesinambungan.

Baca Juga: Farid Stevy dan Momen Kebangkitan Band Jenny di Panggung Musik

Seperti judulnya, double single Rahasia #1 dan Rahasia #2 bercerita tentang rahasia, tentang seseorang yang dihadapkan dengan kondisi kisah cinta segitiga. Rayi mengatakan lagu ini hendak menyampaikan bahwa urusan cinta tidak sesederhana saling menyayangi satu sama lain, apalagi jika hubungannya telah terjalin lama.

Menurutnya, akan banyak konflik batin yang terjadi dalam diri sendiri ketika seseorang sedang menjalankan hubungan percintaan dengan pasangannya, salah satunya rasa kekaguman terhadap orang lain. Video musik pun menampilkan apa yang tersirat dalam kedua lagu tersebut.

"Nah, Rahasia #1 cerita tentang orang yang tergoda untuk punya hubungan dengan orang lain, sementara Rahasia #2 dari perspektif sebaliknya, 'masa gue cuma jadi orang yang jadi rahasia untuk pasangannya sih?" kata Rayi.
 


Meski mengangkat tema cinta segitiga, double single tersebut mengangkat cerita dari dua sudut pandang yang berbeda. Hal ini tidak terlepas dari proses penggarapannya yang melibatkan pandangan yang berbeda-beda dari Rayi, Nino, dan Asta.

"Ketika menulis mengenai lagunya, kita bertiga punya inspirasi yang berbeda-beda. Ada yang dapat dari kisah cinta adiknya, ada yang terinspirasi dari cerita di film, ada juga yang dari kasus-kasus yang mungkin pernah seliweran di media sosial," ucap Rayi.
 

Proses Penggarapan Video Musik

Rayi bercerita dalam penggarapan video musik double single ini, mereka hanya memberikan sudut pandang mengenai cerita yang ada dalam lagunya kepada sang sutradara, Aco Tenri. Sementara untuk interpretasi, mereka membebaskan Aco untuk memvisualisasikannya ke dalam bentuk video. 

RAN pun memilih mempercayakan video musik ini kepada Aco yang dinilai sangat mahir dalam menggarap video musik dalam bentuk cerita. Seperti diketahui, Aco memang telah banyak menggarap video musik dari sejumlah lagu populer, seperti Gala Bunga Matahari milik Sal Priadi, Am I Bothering You? milik Reality Club, serta Teman Sejati milik Mocca.

"Pada akhirnya kita sangat puas dengan cerita dan visualnya," kata Rayi.

Aco selaku sutradara sekaligus penulis cerita mengatakan selain catchy, kedua lagu baru dari RAN ini memberikan satu perspektif berbeda ketika seseorang berada di dalam satu hubungan yang rahasia. “Lebih mudah visualisasinya karena liriknya sudah bercerita. Di satu sisi juga sulit karena dari awal mau membuat video yang saling terkait. Eksperimennya ada dalam bentuk," katanya.
 


Soal pemilihan ketiga pemain, Aco mengatakan dalam penggarapan video musik ini, dia membutuhkan aktor yang telah memiliki kemampuan dasar untuk menari. Akhirnya dipilihlah Claresta Taufan yang banyak menari pada film Badarawuhi yang dibintanginya dan Morgan Oey yang merupakan aktor sekaligus mantan personel boyband.

"Lalu kita butuh satu orang yang cukup versatile yang bisa membuat kita berpikir orang ini baik atau jahat. Jourdy Pranata adalah aktor yang punya range luas. Ternyata ketiga orang ini sangat akrab, mereka bisa latihan bareng sangat cepat. Ketemu langsung, sehari sebelum syuting untuk belajar koreografinya," kata Aco.

Adapun, single Rahasia #1 dan Rahasia #2 menjadi pengantar untuk album penuh keenam RAN bertajuk Teater Nestapa yang dijadwalkan rilis pada 23 Oktober 2024. Proyek musik mendatang akan menjadi album penuh pertama RAN dalam delapan tahun terakhir, sejak mereka merilis album RAN tahun 2016.

Tema-tema cinta yang tidak biasa akan menjadi benang merah yang coba dihadirkan RAN dalam album baru mereka. Nino mengatakan, single Rahasia #1 dan Rahasia #2 adalah teaser yang cukup terang benderang untuk menjelaskan sisi berikutnya dari pengkaryaan RAN di industri musik Indonesia.

"Di album baru ini konsepnya lumayan unik. Dulu orang tahunya RAN grup musik yang warna-warni dan ceria. Sekarang kita bikin album yang judulnya Teater Nestapa, sesuatu yang kebalikan apa yang mereka tahu tentang RAN," terang Nino.

Baca Juga: White Shoes & The Couples Company Rilis Video Musik 'Halaman Ekstra' yang Penuh Nuansa Malam

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Jadwal Timnas Indonesia vs Timnas Bahrain, Laga Krusial Demi Peringkat 4 Besar

BERIKUTNYA

Raphael Varane Gantung Sepatu, Simak Perjalanan Kariernya di Sepak Bola

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: