Serum mata (Sumber Foto: Freepik)

5 Kandungan Serum untuk Hilangkan Kantong Mata dan Lingkar Hitam

25 September 2024   |   07:31 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kantong mata adalah kondisi di mana area di bawah mata tampak bengkak atau menggembung. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penumpukan cairan atau lemak di bawah kulit. Terkadang kantong mata pun menghitam sehingga membuat Genhype jadi kurang percaya diri.

Perlu diketahui, kulit di area mata lebih tipis dibandingkan area wajah lainnya. Ini membuat bayangan pembuluh darah di bawah kulit bisa terlihat dari luar, sehingga kulit tampak menggelap.

Baca juga: Rekomendasi Serum Anti-Penuaan Dini untuk Samarkan Garis-garis Halus dan Kerutan Wajah

Selain itu, kulit di area mata juga rentan mengalami hiperpigmentasi atau terjadinya perubahan warna kulit menjadi lebih gelap akibat produksi melanin berlebih. Biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang intens dan terlalu lama.

Salah satu penyebab utama munculnya kantong mata adalah kelelahan, biasanya akibat kurang tidur. Kulit wajah akan menjadi lebih pucat, termasuk di area bawah mata sehingga membuat bayangan pembuluh darah terlihat lebih jelas seolah menggelap. Seiring bertambahnya usia, kulit di sekitar mata juga akan menjadi semakin tipis, membuat bayangan pembuluh darah terlihat lebih jelas.

Ada beberapa cara untuk mengatasi mata panda. Misalnya mengatur pola tidur dengan memastikan tidur selama 7-8 jam setiap malam. Apabila di pagi hari muncul kantong mata, gunakan kompres air dingin untuk membantu mengecilkan pembuluh darah yang melebar, sehingga warna hitamnya berkurang. 

Jangan lupa untuk selalu melndungi kulit dari sinar matahari dengan menghindari paparannya secara langsung dan menggunakan sunscreen setiap hari, minimal dengan SPF 30 dan PA+++.

Terakhir, rawat area bawah mata yang lebih tipis dan rapuh dengan produk khusus seperti serum yang mengandung bahan aktif untuk membantu mencerahkan kulit di area tersebut. Berikut adalah kandungan bahan aktif yang wajib ada dalam serum untuk menghilangkan kantong mata.


1. Glycolic acid

Glycolic acid bekerja sebagai eksfolian lembut untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga tekstur kulit di area bawah mata menjadi lebih halus dan cerah. Saat sel-sel kulit mati tereksfoliasi, maka sel-sel kulit baru yang segar akan naik ke permukaan sehingga kulit terlihat cerah.

Selain itu, bahan ini juga merangsang produksi kolagen yang membantu meningkatkan elastisitas kulit untuk mengurangi kerutan dan kantong mata. Glycolic acid juga meningkatkan penyerapan bahan aktif lain, seperti vitamin C atau peptida.


2. Niacinamide

Niacinamide dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit dengan efektif dalam waktu empat minggu. Bahan aktif ini membantu mencerahkan kulit dengan menghambat transfer melanin ke permukaan kulit, sehingga dapat menyamarkan ngkaran hitam di bawah mata dan bekas jerawat.

Baca juga: Punya Kulit Sensitif Tapi Ingin Pakai Serum? Yuk Simak Tip dan Rekomendasi Ini

Selain itu niacinamide juga dapat meremajakan dan mengencangkan kulit dengan mendorong sintesis kolagen, protein yang bertugas untuk mempertahankan struktur dan elastisitas kulit sehingga tidak ada keriput dan garis halus.


3. Vitamin C

Vitamin C bekerja dengan cara merangsang sirkulasi darah di sekitar mata, sehingga membantu mengurangi pembengkakan dan kantung mata yang menghitam. Vitamin C juga akan menurunkan produksi melanin dengan menghambat tirosinase, yang merupakan enzim yang menghasilkan produksi melanin dan pigmen di kulit.


4. Hyaluronic acid

Hyaluronic acid dapat membantu mengatasi kantong mata. Bahan ini bekerja seperti spons yang menyerap dan mempertahankan kelembapan. Manfaatnya mengencangkan kulit, menyamarkan kerutan, melembapkan kulit, menghidrasi kulit, serta membuat kulit tampak lebih cerah dan segar, termasuk di bawah mata.


5. Kafein

Kafein merupakan zat vasokonstriktor yang membantu mengecilkan pembuluh darah yang melebar sehingga membantu memudarkan kehitaman di bawah mata. Selain itu, kafein juga dapat membantu mengurangi garis-garis halus di sekitar mata.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Perbedaan Real Food dan Ultra-processed Food, dari Kandungan Gizi sampai Manfaat Kesehatan

BERIKUTNYA

9 Jenis Sate Khas Hari Raya Galungan & Maknanya bagi Umat Hindu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: