Ilustrasi (Sumber gambar: KoolShooters/Pexels)

Kenali Perbedaan Serum dan Ampoule

18 February 2022   |   22:11 WIB

Ketika mencoba mencari tahapan perawatan wajah yang cocok untuk kulit, kita sering dibuat bingung dengan berbagai jenis dan fungsi produk berbeda. Mulai dari pembersih, toner, pelembab, serum, essence, ampoule, hingga tabir surya semuanya dianggap perlu untuk merawat kulit.

Namun, beberapa waktu belakangan konsep layering atau menumpuk berbagai produk perawatan wajah dalam satu langkah mulai populer di kalangan beauty enthusiast. Di samping produk wajib seperti pelembab dan tabir surya, serum dan ampoule juga jadi produk pilihan yang bisa Genhype tambahan pada rutinitas perawatan wajah sehari-hari

Jika dilihat secara kasat mata, serum dan ampoule memiliki tekstur yang mirip, cair dan mudah menyerap dikulit. Serupa tapi tak sama, dua produk perawatan wajah ini dibedakan dengan kadar konsentrat dan seberapa sering mereka digunakan.

Baca juga2 Kandungan dari Serum Ini Berkhasiat untuk Kulit Wajah

Serum dan ampoule digunakan pada tahap yang sama, yakni sebelum pelembab. Serum dan ampoule memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi untuk membantu mengatasi masalah kulit.

Yuk kita kenal lebih jauh perbedaan keduanya.
 

SERUM

Umumnya, serum mengandung beberapa bahan aktif utama untuk mengatasi masalah tertentu seperti mencerahkan, bintik hitam, kerutan, dan lain lain. Bahan aktif pada serum biasanya lebih terkonsentrasi dari yang kita temukan di produk lain seperti krim pelembab.

Serum memiliki konsistensi yang sedikit lebih kental -- hampir seperti minyak -- dan biasanya dikemas dalam botol yang jauh lebih kecil daripada botol toner atau pembersih. Seringkali botol memiliki pipet untuk mengeluarkan produk.

Serum dirancang untuk menembus lapisan dalam kulit karena molekulnya yang lebih kecil dan memiliki kemampuan untuk mencapai lapisan terjauh dari epidermis.

Jika Genhype ingin menggunakan beberapa serum yang berbeda, aplikasikan dari yang paling cair hingga yang paling kental.
 

AMPOULE

Ampul atau ampoule adalah serum supercharged dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi yang seharusnya digunakan, untuk waktu yang terbatas sebagai booster atau ketika kalian mengalami semacam krisis kulit.

Di Korea, ampul tidak hanya digunakan sebagai pengganti serum, tetapi juga sebagai perawatan khusus selama 2-4 pekan. Ampul dapat digunakan sebelum essence atau serum. Jika kulit Genhype sedang mengalami masa-masa sulit, lapisan ampul sebelum essence pada kulit akan meningkatkan manfaat keduanya.

Nah, setelah mengenal karakter dan fungsi baik serum maupun ampul, langkah selanjutnya memilih produk mana yang kulit kita butuhkan. Tapi, sebelum membeli produk, ada baiknya mengenali jenis kulit dan problemnya terlebih dahulu.

Pertama, cari tahu apa yang dibutuhkan kulit kalian dan pilih produk dengan bahan-bahan yang sesuai dengan kondisi kulit. Jangan terjebak dalam kategori serum atau esensi. Abaikan semua yang ada di label dan fokus pada bahan-bahannya.

Setelah mengetahui bahan yang tepat untuk masalah kulit kalian, pilih tekstur yang sesuai dengan jenis kulit. Cobalah tekstur yang berbeda untuk melihat apa yang kalian suka. 

Baca jugaPunya Kulit Sensitif Tapi Ingin Pakai Serum? Yuk Simak Tip dan Rekomendasi Ini

Jangan terpaku dengan tips-tips perawatan wajah karena regimen perawatan kulit setiap individu terus berkembang, tergantung pada kebutuhan kulit.

Terakhir, ingat untuk selalu menggunakan produk perawatan wajah dari yang paling cair hingga yang paling kental.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

(G)I-DLE Bakal Comeback dengan 5 Anggota

BERIKUTNYA

Winner Umumkan Konser Luring setelah Hiatus 2 Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: