Ilustrasi skincare untuk kulit sensitif (Sumber gambar: Kalos Skincare/Unsplash)

4 Urutan Memakai Skincare untuk Kulit Sensitif Menurut Ahli Dermatologi

01 November 2022   |   19:09 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Skincare menjadi kebutuhan perawatan kulit yang digunakan sehari-hari. Skincare terdiri dari rangkaian perawatan yang saling melengkapi untuk kebutuhan kulit. Terkadang, skincare juga digunakan untuk mengubah atau mempertahankan kondisi kulit dengan mengambil manfaat dari kandungan nutrisi tertentu.

Saat ini, banyak brand skincare mulai memilih bahan-bahan alami yang aman untuk kulit. Alasannya, banyak kandungan skincare yang tergolong keras dan membuat kulit mudah teriritasi. Belum lagi, beberapa orang memiliki jenis kulit sensitif yang lebih rentan mengalami peradangan seperti kemerahan dan gatal.

Baca juga: Mengenal Mikrobioma dan Kandungan Skincare yang Aman untuk Kulit

Biasanya hal ini disebabkan oleh faktor internal tubuh seperti hormon. Selain kulit sensitif, terdapat sebuah kondisi kulit rentan yang diakibatkan oleh faktor luar seperti polusi, sinar matahari, hingga cuaca yang tidak menentu yang disebut sensitized skin.

Ahli Dermatologi Margaretha Indah Maharani menyampaikan sensitized skin terjadi karena reaksi kulit terhadap faktor eksternal seperti terlalu sering eksfoliasi, pemakaian skincare yang tidak cocok, makeup dan faktor cuaca. Urutan skincare bagi kulit sensitif menjadi hal penting agar kulit cepat kembali tenang dan mengembalikan skin barrier seperti semula.

“Caranya harus cerdas memilih skincare dan cara penggunaannya untuk sehari-hari. Kalau kulitnya sedang iritasi sebaiknya kembali ke basic skincare saja dengan menggunakan kandungan bahan yang tidak mengiritasi,” kata Margaretha.


Agar tidak salah dalam pengurutan penggunaan skincare, yuk simak urutan skincare dengan menggunakan kulit sensitif menurut Ahli Dermatologi Margaretha Indah Maharani.
 

Ilustrasi skincare untuk kulit sensitif (Sumber gambar: Natasha Kendall/Unsplash)

Ilustrasi skincare untuk kulit sensitif (Sumber gambar: Natasha Kendall/Unsplash)

 

1. Face Cleanser.

Menurut Margaretha, orang yang memiliki kulit sensitif memerlukan perawatan skincare yang sederhana untuk menghindari reaksi kandungan antara skincare yang berlebihan. Pertama, gunakan face cleanser atau face wash dengan efek soothing atau menenangkan. Pilihlah face cleanser yang ringan dengan kandungan alami.
 

2. Toner.

Setelah menggunakan face cleanser, Margaretha menyarankan untuk secepat mungkin menggunakan toner yang bersifat balancing untuk permukaan kulit. “Gunakan toner sesegera mungkin setelah mencuci wajah, pilih toner dengan kandungan yang bersifat membersihkan dan menutrisi kulit,” kata Margaretha.
 

3. Serum.

Selanjutnya, gunakan serum yang memiliki efek menenangkan supaya iritasi atau gatal segera mereda. Beberapa kandungan serum yang memberi rada calming dan soothing adalah chamomile, green tea, dan centella asiatica. Ingatlah untuk menggunakan serum secukupnya.
 

4. Moisturizer.

Pelembap atau moisturizer merupakan rangkaian skincare terakhir yang wajib diaplikasikan pada pemilik kulit sensitif. “Lanjutkan dengan moisturizer dengan struktur alami kulit seperti kandungan ceramide,” kata Margaretha.

Baca juga: Skincare dengan Hyaluronic Acid Jadi Tren, Ini Manfaat dan Cara Tepat Memilihnya

Intinya, Margaretha menyarankan jenis-jenis produk skincare yang ramah dengan kulit sensitif dengan kandungan yang menenangkan kulit.

Genhype, itulah urutan skincare yang tepat untuk kulit sensitif menurut ahli dermatologi, jangan sampai salah urutan dan memilih kandungan skincare untuk kulit sensitif ya!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Rekomendasi Anime yang Rilis November 2022, Ada Lookism hingga Legend of The Galactic Heroes

BERIKUTNYA

Tembus 575.992 Penonton dalam 5 Hari, Rating Qodrat Capai 7,8

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: