Guru membuka laman Info GTK laptop (Sumber gambar: Unsplash/ Crew)

Cara Login Info GTK 2024 untuk Validasi Data dan Cek Tunjangan Guru

24 September 2024   |   15:44 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) saat ini telah menyediakan situs khusus dan terintegrasi untuk guru dan tenaga pengajar bernama Info Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dengan laman resminya info.gtk.kemdikbud.go.id

Melalui situs ini, guru dan tenaga pendidik bisa lebih mudah untuk memeriksa data-data mereka. Sebab, semua Data Pokok Kependidikan (Dapodik) para guru sekarang sudah terintegrasi ke situs Info GTK ini.

Bagi guru yang sudah tersertifikasi, mereka bisa membuka situs Info GTK untuk mengecek status surat keterangan tunjangan profesi (SKTP). Dokumen ini penting sebagai bukti validitas sebelum para guru melakukan pencairan dana tunjangan.

Baca juga: Perpustakaan di Indonesia: Mengapa Tak Menjadi Magnet Bagi Masyarakat?

Untuk memastikan tunjangan dapat cair, para guru mesti memeriksa data yang ada di Info GTK sudah valid dan diusulkan ke dinas pendidikan. Selain itu, pastikan juga Surat Keputusan Tunjangan sudah terbit.

Tak kalah penting, para guru juga mesti mengecek rekening yang digunakan untuk penyaluran masih aktif. Jika ada data yang perlu diperbaiki dan sesuaikan, guru juga bisa mengoreksinya.

Selain itu, Info GTK juga bisa dimanfaatkan untuk melihat berbagai informasi menarik, seperti program Guru Penggerak, Sekolah Penggerak, dan aneka pelatihan lain. Tersedia pula fitur integrasi akun Belajar.id, yang memudahkan guru mengakses layanan pembelajaran digital.

Situs ini juga menyediakan program pengembangan bagi guru, dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB), Uji Kompetensi dan Pendidikan Profesi Guru (PPG), baik yang sedang dalam jabatan maupun pra-jabatan.


Cara Mengakses Info GTK 

Saat ini ada dua cara bagi guru untuk bisa masuk ke situs Info GTK. Pertama ialah melalui laman resminya langsung, yakni dengan mengakses info.gtk.kemdikbud.go.id. di ponsel atau laptop.

Setelah situs terbuka, segera masukkan akun PTK Dapodik dan password PTK pada kolom yang tersedia. Klik tombol login. Setelah berhasil, Genhype dapat langsung memeriksa dan memverifikasi data untuk memastikan semua informasi valid. Klik cetak untuk mengunduh data jika dirasa data yang ada sudah benar.

Jika cara pertama belum berhasil, kalian juga bisa membuka situs Info GTK dengan laman alternatif terlebih dahulu. Caranya ialah dengan membuka ptk.datadik.kemdikbud.go.id/.

Setelah itu, masukkan akun PTK Dapodik dan password PTK pada kolom tersedia. Klik tombol login, setelah itu klik menu biodata. Pilihlah opsi Info GTK. Periksa dan cek data yang ada di halaman tersebut. Klik cetak untuk mengunduh jika data yang ada sudah benar. 

Adapun, jika data yang ada di Info GTK keliru, para guru sebaiknya segera melakukan perbaikan. Caranya ialah dengan tetap mencetak data yang ada terlebih dahulu. Lalu, data yang telah dicetak diserahkan ke admin Sistem Informasi Manajemen Tunjangan (Simtun) agar pencairan dana tunjangan berlangsung lancar.

Jika masih ada kekeliruan data, guru dapat menghubungi operator sekolah asalnya untuk memperbaiki data tersebut.

Terakhir, jika semua proses sudah dilakukan, jangan lupa juga untuk mengecek Surat Keputusan Tunjangan. Caranya, buka situs Info GTK, lalu login dengan username berupa ID nomor unik pendidik (UPTK) serta kata sandi yang memakai format tanggal lahir. Pastikan data di Info GTK sama dengan yang ada di Dapodik sehingga prosesnya bisa lebih lancar. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Dua Penerbangan Dibatalkan, Netizen Minta Kemenparekraf Fasilitasi IShowSpeed ke Papua

BERIKUTNYA

Klasemen Terbaru dan Jadwal Liga Champions Pekan Kedua Musim 2024-2025

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: