Ilustrasi seorang guru bersama murid-muridnya (Dok. Max Fischer/Pexels)

Hari Guru Sedunia Tiap 5 Oktober & Cara Seru Merayakannya

05 October 2021   |   14:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tahu enggak sih kalau setiap tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia atau World Teachers Day. Peringatan ini berawal dari penandatanganan Rekomendasi Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) pada tahun 1966 tentang Status Guru. 

Forum itu membahas seputar hak dan tanggung jawab guru dan standar untuk persiapan awal mereka, pengembangan profesional berkelanjutan, pengerahan, pekerjaan, kondisi pengajaran dan pembelajaran. Dengan melibatkan para pakar, forum itu juga berisi pembahasan terkait rekomendasi para guru terhadap kebijakan di bidang pendidikan.

Melansir dari laman resmi UNESCO, Selasa (5/10), pada peringatan tahun 2021, Hari Guru Sedunia berfokus pada dukungan yang dibutuhkan guru untuk berkontribusi penuh pada proses pemulihan dengan tema ‘peran guru di jantung pemulihan pendidikan’.

Meskipun perayaan Hari Guru Sedunia dilakukan di tengah kondisi pandemi Covid-19, berikut beberapa hal seru yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan rasa kasih sayang kita kepada guru-guru yang telah berjasa.


1. Silaturahmi secara virtual

Kondisi pembatasan sosial bukan alasan tidak bisa menjaga silaturahim dengan guru-guru kamu. Jadikan momentum Hari Guru Sedunia untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada guru, menanyakan kabar, serta bercerita dan bersenda gurau sehingga mempererat silaturahim kamu dan guru.
 

Julia M Cameron

Melakukan silaturahim bersama guru secara virtual adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Guru Sedunia (Dok. Julia M Cameron/Pexels)

 

2. Membuat video ucapan

Kamu juga bisa membuat sebuah video ucapan dengan teman-temanmu di sekolah dalam rangka merayakan Hari Guru Sedunia. Buatlah kalimat manis yang berkesan untuk para guru di sekolah yang telah berjasa dalam mendidik dan memberikan pelajaran.

Pada kesempatan ini juga, ungkapkanlah rasa kasih dan sayang kamu kepada guru agar mereka tahu bahwa kehadiran mereka begitu penting.


3. Mengirimkan hadiah

Jika memungkinkan, memberikan hadiah kepada guru juga salah satu seru untuk memperingati Hari Guru Sedunia. Dengan memberikan hadiah berupa barang kesukaan para guru, akan membuat mereka merasa senang dan bukan tidak mungkin bisa meningkatkan semangat mereka.
 

Anthony Shkraba

Mengirimi hadiah adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Guru Sedunia kala pandemi (Dok. Anthony Shkraba/Pexels)

4. Unggah foto bersama guru di media sosial

Tak berlebihan rasanya jika momentum Hari Guru Sedunia kamu rayakan dengan mengunggah foto kebersamaanmu dengan guru di sekolah. Jangan lupa sertakan juga caption yang berisi ucapan dan harapan kamu untuk para guru yang telah berjasa untuk memberikan ilmu selama ini.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

TikTok Sediakan Buku Panduan Keamanan Digital untuk Guru

BERIKUTNYA

Resep Cinnamon Roll Ekstra Lembut, Wajib Dicoba Nih!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: