Cardigan (Sumber Foto: Freepik)

5 Cara Stylish Memadukan Cardigan untuk Gaya Musim Gugur yang Cozy dan Chic

24 September 2024   |   09:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Cardigan menjadi salah satu item fesyen andalan, terutama di negara-negara yang melewati musim gugur. Umumnya gaya musim gugur identik dengan nuansa yang hangat dan nyaman dalam berpakaian karen cuacanya yang cukup dingin.

Gaya musim gugur biasanya didominasi oleh palet warna earth-tone yang hangat, seperti cokelat, krem, oranye, burgundy, dan hijau zaitun. Pakaiannya cenderung lebih layered atau berlapis-lapis dengan bahan yang lebih tebal dan nyaman, seperti knitwear, wol, dan suede. Potongan busananya sering kali longgar, seperti oversized sweater, cardigan, jaket bomber, turtleneck, dan scarf.

Baca juga: Mark & Spencer Hadirkan Koleksi Musim Gugur/Dingin 2024 dengan Konsep Smart Casual

Adapun cardigan sendiri selain populer di negara dengan empat musim, busana ini sangat disukai orang-orang Indonesia yang notabenenya merupakan negara tropis. Bagi Genhype yang ingin mengenakan cardigan dengan style musim gugur, yuk simak tips mix and match cardigan berikut ini.
 

1. Padukan Cardigan dengan Kemeja atau Turtleneck

Cardigan akan terlihat lebih stylish jika dipasangkan dengan kemeja flanel bermotif kotak-kotak atau turtleneck berwarna solid. Kemeja flanel, dengan pola kotaknya yang khas akan memberikan nuansa santai tapi tetap stylish. Sementara turtleneck memberikan kesan elegan dan rapi, serta memastikan leher tetap hangat di cuaca dingin.

Pilih cardigan dengan warna netral seperti krem, abu-abu, atau hitam, supaya lebih cocok dipasangkan dengan kemeja yang ramai motifnya atau turtleneck berwarna terang.
 

2. Bermain dengan Layering pakai Cardigan

Salah satu ciri khas gaya musim gugur adalah teknik layering, yaitu mengenakan beberapa lapisan pakaian. Genhype bisa menggunakan cardigan sebagai lapisan luar dress dengan motif bunga-bunga musim gugur atau kaos lengan panjang.

Pilih dress dengan potongan midi atau maxi agar tetap hangat, lalu tambahkan cardigan tebal berwarna netral seperti beige atau cokelat untuk memberikan kesan feminin.
 

3. Padukan Cardigan dan Jeans atau Legging

Skinny jeans atau legging hitam adalah pilihan terbaik saat dipdukan dengan cardigan oversized. Celana jeans skinny akan memberikan keseimbangan pada siluet tubuh, karena cardigan oversized biasanya longgar dan besar. Jeans yang pas di kaki membuat penampilan tetap terlihat rapi dan terstruktur.

Sementara legging hitam adalah pilihan yang tepat untuk tampilan yang lebih santai. Padukan dengan cardigan oversized yang bertekstur tebal seperti wool, untuk menciptakan kesan cozy namun tetap modern.
 

4. Lengkapi Cardigan dengan Scarf dan Beanie

Aksesoris merupakan elemen penting untuk melengkapi gaya musim gugur. Tambahkan scarf tebal berbahan wol atau kasmir untuk memberikan lapisan tambahan yang hangat sekaligus mempercantik gayamu. Pilih scarf dengan warna yang kontras namun tetap dalam palet musim gugur, seperti merah marun atau hijau zaitun.

Selaim scarf, aksesori lainnya ada topi beanie. Selain menjaga kepala tetap hangat, item ini juga menambah kesan casual yang stylish. Genhype juga bisa menambahkan sling bag kulit berwarna cokelat atau hitam untuk melengkapi gaya.
 

5. Padukan Cardigan dengan Sepatu Boots

Sepatu boots adalah pilihan klasik yang sempurna untuk gaya musim gugur. Pilih ankle boots atau knee-high boots dengan warna netral seperti cokelat tua atau hitam. Apbila mengenakan cardigan oversized, ankle boots akan menyeimbangkan keseluruhan penampilan dengan memberikan kesan ramping pada bagian kaki.

Sementara itu, knee-high boots cocok dipadukan dengan dress atau rok midi yang dikenakan dengan cardigan panjang. Boots juga menambah kehangatan ekstra, sekaligus memberikan sentuhan chic pada keseluruhan tampilan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Daftar Skuad Timnas Indonesia U-20 untuk Kualifikasi Piala Asia 2025

BERIKUTNYA

5 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami, Pakai Soda Kue dan Kulit Buah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: