Ilustrasi gigi dan gusi pada anak. (Dok. S&B Vonlanthen dari Unsplash)

Hati-hati dengan 5 Kebiasaan Anak yang Bisa Bahayakan Kesehatan Gigi & Mulut

14 July 2021   |   20:47 WIB

Menjaga kesehatan pada dasarnya perlu dilakukan sejak dini, demi kesehatan mulut, gigi, dan gusi. Selain melalui ajaran tentang cara menggosok gigi yang benar dan tindakan pencegahan kerusakan gigi, penting juga lho untuk mengajari anak menghindari kebiasaan buruk yang berisiko pada kesehatan mulut dan gigi. 

Ingin tahu lima kebiasaan apa saja yang harus dihindari? Simak daftarnya di bawah ini yuk!

1. Mengisap jempol
 

Ilustrasi (Dok Martin Dub

Ilustrasi (Dok Martin Dub'e/Unsplash)


Kebiasaan ini biasanya terbentuk sejak bayi berada di dalam kandungan ibunya dan terjadi secara disengaja sebagai upaya menenangkan bagi para bayi.

Akan tetapi kebiasaan ini bisa memengaruhi bentuk rahang dan gigi karena saat mengisap jempol, lidah akan mendorong gigi setiap kali adanya isapan. Inilah yang menyebabkan perubahan posisi pada gigi sehingga menciptakan kelainan bentuk pada mulut dan gigi.

2. Membawa botol ke tempat tidur
 

a

Ilustrasi bayi yang meminum botol. (Dok. Kelly Sikkema dari Unsplash)

Mungkin cara ini bisa menenangkan bayi yang menangis, tetapi cara ini ternyata berbahaya bagi kesehatan mulut dan gigi. Beberapa akibat dari kebiasaan ini adalah kerusakan gigi serta rasa sakit dan infeksi pada mulut.

3. Menggigit kuku
Kebiasaan menggigit kuku bisa menyebabkan gigi yang terkelupas, retak, dan aus serta kerusakan pada jaringan gusi yang bergesekan dengan kuku. Tidak hanya itu, bakteri pada kuku juga bisa mneyebar ke dalam mulut sehingga menimbulkan penyakit pada saluran pencernaan.



 
1
2


SEBELUMNYA

Belum Divaksin? Ini Langkah untuk Mendaftar Vaksin Gratis di Shopee

BERIKUTNYA

Beri Spoiler di Akhir Musim Pertama, Loki Bersiap untuk Season 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: