5 Musisi yang Membentuk Bernadya. (Sumber foto: Instagram/@bernadyaribka)

Tengok 5 Musisi yang Menginspirasi Perjalanan Karya Bernadya

22 September 2024   |   15:30 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Di antara banyak musisi muda yang tengah mencuri perhatian, Bernadya Ribka Jaya Kusuma, atau karib disapa Nadya, menjadi salah satu sosok yang paling disorot saat ini. Dengan musik dan lirik yang easy listening, Nadya berhasil menarik perhatian publik, khususnya generasi muda, melalui karya-karyanya yang mampu menggaet hati mereka.

Karier Bernadya di dunia musik dimulai sejak 2016 ketika dia mengikuti ajang pencarian bakat The Voice Kids Indonesia dan bergabung dengan tim Tulus. Dua tahun kemudian, Bernadya membentuk duo musik bersama kakaknya dengan nama Celine & Nadya, di mana mereka menampilkan kolaborasi suara yang harmonis.

Baca juga: 7 Lagu Bernadya Mendominasi Chart Billboard Indonesia Hot 25

Namun, pada 2021, Bernadya memutuskan untuk mengejar karier solo, yang menjadi titik balik penting dalam perjalanan bermusiknya. Adapun, 2022 menjadi awal kesuksesan Bernadya ketika CEO JUNI Records, Adryanto Pratono, melihat potensinya dan mengajak Bernadya untuk bergabung dengan label ternama tersebut.

Bergabung dengan JUNI Records memberikan kesempatan bagi Bernadya untuk lebih mengembangkan karirnya sebagai solois dan menghasilkan karya-karya yang lebih dikenal luas. Yang dinanti-nanti pun tiba, melihat perjalanan panggung bernadya dari awal 2024, kini sosok solois muda Bernadya jadi musisi yang paling ramai ditiap pagelaran festival musik.

Salah satu kunci keberhasilan Bernadya adalah referensi musik yang memengaruhi proses kreatifnya. Musisi-musisi yang menjadi inspirasinya memainkan peran penting dalam membentuk gaya musik yang kini dia suguhkan kepada publik. Berdasarkan informasi dari akun TikTok @Soundtainment, ada lima musisi yang sangat memengaruhi karya-karya Bernadya.
 
@soundtainment @bearnotber gave 5 artists/musicians who becomes her reference to create her works. Here are her 5 artists/musicians who becomes her reference of works: Lizzy McAlpine, Niki Zefanya, Taylor Swift, Tulus and Iqbal Siregar who write Juicy Luicy's songs. What do you think? Today, Bernadya will perform at Pestapora! Dont forget to see her performance guys! #soundtainment #soundgigs #bernadya #lizzymcalpine #niki #nikizefanya #taylorswift #tulus #iqbalsiregar #pestapora ? original sound - Soundtainment

Pertama adalah Lizzy McAlpine, penyanyi asal Amerika Serikat yang menurut Bernadya, sangat menginspirasi terutama dalam hal penulisan lirik. "Lizzy McAlpine yaa, karena aku look up ke dia banget dan jenis musiknya juga," ujar Bernadya.

Selanjutnya, NIKI, penyanyi asal Indonesia yang telah berkarir di kancah internasional, juga menjadi salah satu panutan Bernadya. Menurutnya, NIKI memiliki kemampuan luar biasa dalam menulis lirik. “Yang kedua NIKI, menurutku NIKI jago banget tulis lirik-lirik lagu,” ungkapnya.

Musisi lain yang juga memberi pengaruh besar adalah Taylor Swift. Bernadya mengagumi kemampuan Swift dalam menyusun lirik-lirik lagu yang apik dan mendalam.

Tak hanya dari luar negeri, Bernadya juga terinspirasi oleh musisi lokal seperti Tulus, yang tidak hanya menjadi mentor di The Voice Kids Indonesia, tetapi Tulus juga menjadi salah satu sumber inspirasi terbesarnya.

Terakhir, Iqbal Siregar, penulis lagu dari band Juicy Luicy, menjadi referensi penting bagi Bernadya. Menurutnya, gaya penulisan lirik Iqbal memiliki kesamaan dengan gayanya. “Kurang lebih gaya penulisannya Iqbal itu mirip banget sama aku,” kata Bernadya.

Melalui inspirasi dari musisi-musisi tersebut, Bernadya terus menghadirkan karya-karya yang mampu memikat banyak kalangan, terutama generasi muda.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Farid Stevy dan Momen Kebangkitan Band Jenny di Panggung Musik

BERIKUTNYA

Sony Rayakan 30 Tahun PlayStation dengan PS5 Edisi Klasik, Simak Spesifikasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: