David Gilmour rajai tangga album Inggris. (Sumber: X/davidgilmour)

Luck and Strange milik David Gilmour Puncaki Tangga Album Inggris

19 September 2024   |   21:54 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Rilisan terbaru dari gitaris Pink Floyd, David Gilmour, yang bertajuk Luck and Strange ini kembali mengejutkan para pecinta musik dengan naiknya album tersebut ke dalam tangga album resmi Inggris, merayakan album solo nomor satu ketiganya. 

Menurut Billboard, Luck and Strange ini menandai album kesembilannya yang memuncaki tangga lagu secara keseluruhan jika digabungkan dengan karyanya sebagai artis solo dan anggota band. Album studio kelimanya ini bergabung dengan deretan album solonya yang juga berhasil meraih posisi puncak seperti On An Island yang rilis pada 2006 dan Rattle That Lock yang dirilis pada 2015.

Tak hanya itu, album ini juga populer di kalangan kolektor vinyl dan para pecinta audio. Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan David Gilmour yang berhasil menempatkan albumnya dalam posisi puncak di tangga lagu album vinyl resmi Inggris. 

Baca juga: Lagu Bloody Mary Kembali Naik dalam Tangga Lagu

Sebelumnya, David Gilmour juga berhasil menempatkan beberapa albumnya bersama Pink Floyd dalam album nomor satu di Inggris, seperti Wish You Were Here (1975), Atom Heart Mother (1970), The Final Cut (1983), The Division Bell (1994), Pulse (1995), dan The Endless River (2014). 

Namun, dalam siaran persnya, David Gilmour mengatakan bahwa Luck and Strange merupakan album terbaik yang dia buat selain Dark Side of the Moon yang dirilis pada 1973. 

Dalam wawancaranya bersama Billboard, David Gilmour juga mengatakan bahwa album ini terasa seperti kumpulan karya yang solid dan kohesif. Proses penulisan, karya, dan sensasi yang masih dia rasakan saat mendengarkannya sebagai sebuah album membuat siapapun yang mendengarnya dapat merasa semangat.

Luck and Strange juga berhasil menduduki peringkat 10 di Billboard 200. Album tersebut juga berhasil terjual sebanyak 32.000 unit di Amerika Serikat hanya dalam minggu pertama perilisannya. Total tersebut mencakup 30.000 unit penjualan album dan 2.000 unit SEA. 

Uniknya, tak hanya Luck and Strange yang berhasil menempati Top 10 Billboard 100, melainkan On An Island juga berhasil menduduki peringkat 5, serta Rattle That Lock yang berhasil bertengger di posisi nomor 6. 

Tak lupa, David Gilmour juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para penggemar yang telah membeli albumnya dan membantu Luck and Strange mencapai posisi nomor satu di official albums chart. 

Dilansir dari American Song Writer, David Gilmour juga telah mengumumkan turnya di akhir September. Dia mengatakan bahwa dirinya akan memainkan dua pertunjukan latihan intim dan spesial di Brighton Centre, Inggris, pada tanggal 20 hingga 21 September untuk mendukung Luck and Strange.

Sedangkan, tur resminya akan dimulai di Roma pada 27 September hingga 3 Oktober. Berlanjut enam pertunjukan di Royal Albert Hall London pada 9 Oktober hingga 15 Oktober. David Gilmour juga menggelar turnya di AS pada 25 Oktober di California dan Los Angeles selama 29 hingga 31 Oktober. Turnya akan ditutup di New York dengan lima pertunjukan pada tanggal 4 hingga 10 November.

Baca juga:6 Deretan Band Legendaris Terpopuler, Ada Pink Floyd & Nirvana

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Instax Mini Link 3, Printer Mini Smartphone dari Fujifilm yang Punya Efek AR

BERIKUTNYA

Tip Foto di Konser untuk Hasil Terbaik, Tidak Asal Jepret

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: