Acer Swift Go 14 AI. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Swift Go 14 AI Resmi Rilis di Indonesia, Laptop Copilot+ PC Pertama Acer

18 September 2024   |   19:52 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Acer merilis Copilot+ PC pertamanya di Indonesia, Swift Go 14 AI. Menjadi standar baru untuk laptop Windows, Copilot+ PC diketahui memiliki kemampuan untuk menjalankan teknologi kecerdasan buatan dengan performa super kencang.

Seperti mayoritas Copilot+ PC pada umumnya, Swift Go 14 AI ditenagai prosesor Snapdragon X Plus. Chipset terbaru buatan Qualcomm ini dikenal memiliki kecepatan dan respon tinggi dengan dukungan arsitektur berbasis ARM yang inovatif. 

Snapdragon X Plus juga mendukung Qualcomm AI Engine untuk berbagai pemrosesan fitur AI. Keunggulan lain yang ditawarkan Acer pada generasi terbaru Swift ini yaitu desain yang tipis dan ringan, serta daya tahan baterai hingga 24 jam.

Baca juga: Asus Bakal Rilis Dua Laptop Copilot+ PC di Indonesia, Pakai Chipset Snapdragon X Plus

Consumer Notebook Product Manager Acer Indonesia, Matius Tirtawirya, mengatakan fitur Copilot+ PC pada Swift Go 14 AI membuat pengguna bisa menjalankan berbagai pekerjaan. Mulai dari memberikan perintah untuk menjalankan tugas, melakukan pemrosesan atau pengolahan data, hingga melakukan pekerjaan kreatif. 

“Hadirnya Swift Go 14 AI dengan desain ekslusif khas laptop seri Swift, diharapkan bisa mendukung produktivitas dan kreativitas pelanggan dimanapun dan kapan pun,” ujarnya saat acara peluncuran di Senayan, Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Selain itu, Copilot+ PC dari Acer ini terbilang murah ketimbang merek lainnya. Swift Go 14 AI dibanderol dengan harga Rp16,99 juta dengan paket sistem operasi Windows 11 Home dan Office Home Student 2021. Sebagai perbandingan, standar laptop model ini umumnya dibanderol di atas Rp20 jutaan. 

Kendati demikian, selama masa pre-order yang berlangsung 17-27 September 2024, Acer memberikan diskon senilai Rp2 juta rupiah. Dengan demikian, harga Swift Go 14 AI menjadi Rp14,99 juta. Harga ini termasuk akses Microsoft PC Game Pass 3 bulan, Free Microsoft Office 365 Basic selama 1 tahun, dan 100 GB Onedrive.
 

Acer Swift Go 14 AI. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Acer Swift Go 14 AI. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Buat Genhype yang tertarik, berikut spesifikasi dan fitur menarik dari Swift Go 14 AI yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli. 

1. Performa yang mendukung pemrosesan AI 

Mengandalkan kinerja unggulan dari prosesor Snapdragon X Plus, Acer Swift Go 14 AI dirancang untuk memberikan performa tinggi dalam berbagai skenario penggunaan. Prosesor Qualcomm yang dibuat dengan teknologi ARM terbaru ini memiliki 8 cores dan clock speed maksimum hingga 4.0 GHz dan didukung pengolahan grafis dari GPU Adreno hingga 1.7 TFLOPs.
 
Mendukung berbagai pemrosesan berbasis AI, prosesor Snapdragon X Plus sudah dibekali dengan Neural Processing Unit (NPU) Qualcomm Hexagon dengan Qualcomm AI Engine yang memberikan performa AI tinggi hingga 45 TOPS.

Pengguna dapat langsung menikmati fitur AI seperti Microsoft Copilot+ PC yang mampu mempercepat proses kreatif saat memakai tools untuk video hingga foto melalui aplikasi-aplikasi populer seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Davinci, Luminar Neo, GIMP, dan Stable Diffusion.


2. Baterai tahan lama 

Teknologi ARM terbaru pada laptop ini juga memastikan konsumsi daya yang jauh lebih efisien dibanding laptop lainnya. Pengguna bisa menikmati masa pakai baterai panjang hingga 24 jam, tanpa harus khawatir kehabisan daya ketika berkarya. 
 
Acer Swift Go 14 AI hadir dengan konfigurasi RAM hingga 16GB LPDDR5X dan penyimpanan 1TB SSD NVMe Gen4. Teknologi Acer TwinAir, yang dilengkapi dengan kipas ganda, menjaga suhu hingga 10 persen lebih dingin dalam berbagai kondisi. 
 

3. Desain elegan, ringan & tipis

Acer Swift Go 14 AI. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Acer Swift Go 14 AI. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Acer Swift Go 14 AI hadir dengan desain ultra-portable yang memiliki ketebalan 1,79 cm dan bobot 1,32 kilogram. Material aluminium dan tepian diamond cut menciptakan tampilannya lebih elegan sekaligus modern. 

Sementara itu, pada bagian touchpad yang dilapisi Corning Gorilla Glass, terdapat Lightning Icon yang akan menyala ketika NPU sedang bekerja. Meskipun tidak terlalu fungsional, Lightning Icon menjadi tanda bahwa pengguna sedang menggunakan fitur kecerdasan buatan. 
 

4. Layar WUXGA  

Memberikan visual yang lebih nyata, Swift Go 14 AI didukung layar dengan bezel tipis berukuran 14,5 inci dan beresolusi WUXGA. Dilengkapi dengan color gamut 100 persen sRGB dan refresh rate 120Hz, layar laptop ini mampu menyajikan gambar dengan warna berakurasi tinggi dan transisi konten yang lebih halus. 
 

5. Dukungan QHD AI Camera 1440 

Pengalaman conference call di Swift Go 14 AI menjadi lebih memuaskan berkat Superclear QHD AI Camera dengan resolusi 1440p, yang menyediakan tampilan jernih untuk meeting online dan video call. Kamera ini dilengkapi dengan privacy shutter sehingga pengguna dapat merasa lebih aman dan nyaman saat berkomunikasi.
 
Acer Swift Go AI juga didukung Acer PurifiedView 2.0 yang menawarkan beragam fitur AI canggih seperti resolusi video yang lebih tajam dan Automatic Framing untuk memastikan penampilan pengguna selalu optimal dalam rapat virtual.
 
Terdapat juga fitur Acer User Sensing yang akan mendeteksi ketika pengguna sedang berada di depan laptop atau menjauh dari laptop. Fitur ini secara otomatis akan mematikan kamera ketika pengguna sedang tidak berada di depan kamera, dan mengaktifkannya saat kembali. Dengan begitu, privasi lebih terjaga dan baterai pun menjadi lebih hemat.
 
Selain itu, terdapat Acer PurifiedVoice 2.0 dengan teknologi AI Noise Cancellation dan 3-array microphone. Fitur ini secara efektif meredam kebisingan latar belakang dan dapat mendeteksi pengguna yang hanya di depan laptop secara sempurna. 

Baca juga: Menilik Desain & Fitur Spacetop G1, Laptop Tanpa Layar yang Andalkan Augmented Reality

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Padu Padan Outfit Denim dan Hitam, Perpaduan Style Klasik yang Chic

BERIKUTNYA

Dapat Pujian di TIFF 2024, Film Friendship Bakal Didistribusi oleh A24

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: