sutradara Sabrina Rochelle Kalangie (Sumber gambar: GoodWork Indonesia)

Cerita Sutradara Sabrina Rochelle Bangun Set Rumah Sesak untuk Film Home Sweet Loan

18 September 2024   |   19:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tidak mudah bagi sutradara Sabrina Rochelle Kalangie menemukan lokasi-lokasi syuting untuk film drama terbarunya bertajuk Home Sweet Loan. Set lokasi, bagi Sabrina, adalah bagian dari elemen penting sebuah film, yang punya peran membangun dunia cerita yang sedang disuguhkannya.

Dalam film panjang ketiganya ini, Sabrina banyak memainkan adegan-adegan penting di dalam set rumah milik keluarga Kaluna, tokoh utama pada film ini. Rumah tersebut cukup kecil, tetapi dihuni oleh tiga kepala keluarga.

Baca juga: Film Home Sweet Loan, Kisah Sandwich Generation yang Ingin Punya Rumah Pertama

Melalui set rumah tersebut, Sabrina tampak ingin menggambarkan beratnya kehidupan seorang sandwich generation yang harus tinggal bersama anggota keluarga yang lain di dalam satu rumah yang sama.

Sabrina mengatakan dalam membangun set rumah di film Home Sweet Loan, dirinya mencoba mengedepankan sisi realistis. Dirinya ingin set rumah ikut ambil bagian dalam prosesnya membangun tangga dramatik cerita.
 

Still photo Home Sweet Loan (Sumber gambar: Visinema Pictures)

Still photo Home Sweet Loan (Sumber gambar: Visinema Pictures)


Ketika akan membangun set rumah, Sabrina memulainya dengan bayangan sederhana. Dirinya mencoba memperkirakan kebutuhan apa saja yang bakal terjadi jika di dalam sebuah rumah ada tiga kepala rumah tangga sekaligus.

Yang terbayang di kepala Sabrina adalah suasana rumah yang sumpek. Sebab, tak seharusnya memang satu rumah sederhana dihuni oleh tiga kepala rumah tangga.

Dalam prosesnya, Sabrina juga banyak berdiskusi dengan penulis novel film ini, yakni Almira Bastari. Keduanya pun mencoba menggali latar belakang dan sejarah dari Kaluna dan keluarga besarnya.

Dari situ, ada benang merah menarik. Sebab, keluarga Kaluna ini sudah tinggal di rumah tersebut sejak dari zaman kakeknya. Dari sana, riset kemudian mulai berjalan.

“Riset ini jadi hal penting ya. Kami ingin karakter yang ada di dalam rumah ini yang membangun bayangan ideal akan set rumah tersebut, bukan sebaliknya,” ujar Sabrina saat ditemui di Jakarta.

Menurutnya, diskusi soal set rumah berlangsung seru. Dari informasi latar belakang para tokoh, bayangan akan rumah mulai muncul. Dimulai dari skalanya akan sebesar apa, lalu karena ini sudah dari zaman kakek, maka mesti dipikirkan pula arsitekturnya.

Sabrina pun mengaku sempat melakukan observasi ke beberapa tempat, terutama untuk melihat kondisi rumah yang ditinggali oleh lebih dari satu kepala keluarga. Di sana, dirinya melihat beberapa barang yang ada di rumah itu milik pribadi, bukan dipakai bersama.

“Jadi, itulah kenapa kemudian di dalam rumah itu ada tiga rice cooker, tiga kulkas, dan hal-hal spesifik lain ya,” imbuhnya.

Dalam membangun set rumah ini, Sabrina juga mencoba memperhatikan detail-detail kecil. Misalnya, coretan-coretan yang ada di dinding, hal ini untuk mendukung adanya anak kecil di rumah tersebut. Selain itu, coretan tersebut juga jadi sejarah yang merekam tumbuh kembang keluarga ini.

Menurutnya, semua benda yang ada di rumah itu memang di set untuk ada dan memperkuat karakter.  Dalam artian, tidak sekadar ada hanya demi kelihatan sesak karena satu rumah dihuni tiga keluarga saja.

“Kalau kita kemudian merasa itu sesak, ya itulah kenyataannya. Oh ya, halaman luar rumah itu aslinya luas, tetapi kemudian kita coba sempitkan agar bisa lebih sesuai,” jelasnya.
 

Home Sweet Loan adalah film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Almira Bastari. Diproduksi oleh Visinema Pictures, film ini mengangkat tentang kisah kelas menengah yang tengah terjebak sandwich generation.

Film ini akan mengeksplorasi kehidupan Kaluna yang mesti menanggung beban berat. Dia mesti menghidupi finansial keluarga besarnya, sehingga tak kunjung punya tabungan yang cukup untuk mencicil rumah.

Film yang akan tayang mulai 26 September 2024 ini akan dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama, di antaranya Yunita Siregar sebagai Kaluna, Derby Romero sebagai Danan, Risty Tagor sebagai Tanisha, Fita Anggriani sebagai Miya, Ayushita sebagai Kamala, Ariyo Wahab sebagai Kanendra, Wafda Saifan sebagai Hansa.

Baca juga: Fakta Menarik Film Home Sweet Loan, Rilis September 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mengenal Arca Bhairawa, Patung Gigantik Maskot Museum Nasional Indonesia

BERIKUTNYA

Padu Padan Outfit Denim dan Hitam, Perpaduan Style Klasik yang Chic

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: