Sutradara dan pemain film Home Sweet Loan (Sumber gambar: Dok Visinema)

Film Home Sweet Loan, Kisah Sandwich Generation yang Ingin Punya Rumah Pertama

05 September 2024   |   08:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Novel best seller Home Sweet Loan karya Almira Bastari diadaptasi menjadi film panjang oleh rumah produksi Visinema Pictures. Film yang mengangkat tentang kisah kelas menengah yang tengah terjebak sandwich generation ini akan disutradarai oleh Sabrina Rochelle Kalangie.

Sandwich generation adalah istilah untuk orang dewasa yang tengah bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan hidup tiga generasi, yakni orang tuanya, diri sendiri, dan anaknya.

Baca juga: Fakta Menarik Film Home Sweet Loan, Rilis September 2024

Sabrina mengatakan, saat ini masih cukup jarang film yang mengangkat premis perihal orang-orang yang terjebak dalam generasi ini. Padahal, fenomenanya ada dan punya banyak sisi eksplorasi cerita yang menarik.
 

Sutradara dan pemain film Home Sweet Loan (Sumber gambar: Dok Visinema)

Sutradara dan pemain film Home Sweet Loan (Sumber gambar: Dok Visinema)

Salah satunya dia temukan dalam novel berjudul Home Sweet Loan. Menurutnya, cerita yang disajikan sangat baik dalam menggambarkan kondisi generasi sandwich, terutama terkait apa yang terjadi pada karakter Kaluna.

“Saya langsung terasa ngeklik. Ini adalah cerita yang akan relate dengan kehidupan banyak orang. Tentang orang yang kerap mendahulukan kepentingan orang, tetapi sebenarnya kita juga perlu,” ujar Sabrina.

Menurut Sabrina, film ini akan cukup setia dengan apa yang ada di dalam novelnya. Kisahnya juga masih akan berkutat pada perjuangan Kaluna dalam menghadapi kehidupan penuh rasa tidak nyaman atas apa yang dilakukan oleh keluarganya.

Film ini akan mengeksplorasi kehidupan Kaluna yang mesti menanggung beban berat. Dia mesti menghidupi finansial keluarga besarnya, sehingga tak kunjung punya tabungan yang cukup untuk mencicil rumah.

Dalam trailer baru yang dirilis hari ini, Rabu (4/9/2024), adegan-adegan mengharukan perjuangan Kaluna ditampilkan dengan sangat baik. Trailer berdurasi 2 menit 35 detik ini menyuguhkan beberapa potongan konflik cukup kompleks.

“Saya berharap film ini dapat menyentuh hati para pekerja di Indonesia yang mengalami hal serupa. Bertahanlah, meski hidup mungkin terasa berat saat ini,” imbuhnya.

Sementara itu, produser Cristian Imanuell mengatakan film ini ingin menjadi penyambung suara bagi orang-orang yang tengah berjuang melepaskan jerat generasi sandwich. Sebab, dia tahu, tidak semua orang berani untuk menceritakan masalah apa yang tengah dialaminya.

Di luar itu, Cristian merasa film Home Sweet Loan ini cukup sentimental dan personal baginya. Sebab, untuk pertama kalinya, dirinya akhirnya bisa berkolaborasi dengan Sabrina sebagai produser dan sutradara.
 

“Kami itu seumuran, memulai karier hampir sama. Bagi saya, ini menjadi project personal saya. Ada banyak rasa yang coba kami ingin tuangkan di film ini,” tutur Cristian,

Film Home Sweet Loan akan dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama. Mereka ialah Yunita Siregar sebagai Kaluna, Derby Romero sebagai Danan, Risty Tagor sebagai Tanisha, Fita Anggriani sebagai Miya, Ayushita sebagai Kamala, Ariyo Wahab sebagai Kanendra, Wafda Saifan sebagai Hansa.

Film produksi Visinema Pictures bertajuk Home Sweet Loan ini akan tayang di bioskop mulai 26 September 2024.

Baca juga: 11 Film Indonesia Tayang September 2024 di Bioskop: Perjanjian Setan hingga Home Sweet Loan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Land of Happiness, Perjuangan Pengacara di Persidangan Terkotor Korea

BERIKUTNYA

Resep Dessert Box Coklat ala Chef Devina Hermawan, Rasa Premium Bahan Minimarket

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: