Ilustrasi kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. (Sumber gambar: Alvian Hasby/Unsplash)

Hindari Macet, 5 Destinasi Wisata Long Weekend Seru Selain ke Puncak

16 September 2024   |   18:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kawasan Puncak yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kerap menjadi destinasi masyarakat khususnya warga Jabodetabek untuk menikmati libur long weekend atau akhir pekan panjang. Akibatnya, lalu lintas di kawasan wisata pegunungan ini pun nyaris selalu macet parah.

Alih-alih ingin berlibur dan menikmati waktu santai bersama orang-orang terdekat, kondisi seperti itu tentunya justru akan membuat pelancong merasa kelelahan di jalan. Padahal, ada banyak destinasi lainnya di Bogor, Jawa Barat yang bisa Genhype kunjungi sebagai alternatif untuk menghindari kawasan Puncak yang padat.

Baca juga: Mengenal Slowcation dan Staycation, Konsep Liburan yang Digemari Masyarakat Modern

Beberapa kawasan yang bisa menjadi alternatif untuk berwisata diantaranya Sukamakmur, Sentul, Bogor Barat, Pamijahan atau Cijeruk. Di daerah-daerah tersebut, ada banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat libur akhir pekan panjang. Apa sajakah itu? Berikut adalah informasi lengkapnya.


1. JungleLand Adventure Theme Park

 


JungleLand Adventure Theme Park adalah taman hiburan yang berlokasi di Kawasan Sentul Nirwana Jalan Jung Land No 1 Karang Tengah Bogor Jawa Barat. Taman hiburan ini menghadirkan 34 wahana permainan dalam berbagai kategori, mulai dari anak-anak, keluarga, aktivitas, dan dewasa.

Beberapa wahana yang wajib untuk dicoba pengunjung ialah Air Race, Wave Swinger, Ferrish Wheel, Haunted House, naik kereta di Circus Train, naik mobil di Convoy Asoy, atau seru-seruan di Mini Drop. Termasuk, beberapa wahana aktivitas seperti naik ATV, sepeda listrik, mobil listrik atau memanah zombie yang menantang.

Jam operasional JungleLand Adventure Theme Park dibuka pukul 10.00-17.00 WIB untuk hari kerja (weekday) dan pukul 09.00-18.00 WIB untuk hari akhir pekan (weekend). Adapun, harga tiketnya dibanderol Rp155.000 untuk weekday dan Rp175.000 untuk weekend.


2. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

 

Taman Wisata Alam Gunung Pancar adalah area rekreasi alam yang berlokasi di Kampung Ciburial Karang Tengah Kabupaten Bogor Jawa Barat. Ada banyak kegiatan outdoor seru yang bisa Genhype lakukan di tempat ini, seperti berkemah, mendaki, trekking, hingga menjajal berbagai kegiatan outbound yang menantang sekaligus menyenangkan.

Biaya tiket masuk ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar dipatok mulai dari Rp5.000 hingga Rp7.500 per orang, sementara untuk kendaraan motor atau mobil dipatok mulai dari Rp5.000 hingga Rp15.000 per kendaraan. Sementara tiket untuk pelancong warga negara asing (WNA) dipatok Rp100.000-Rp150.000.

Adapun, untuk menikmati berbagai kegiatan rekreasi yang ada, pengunjung akan dikenakan biaya lagi. Misalnya, trekking yang dibanderol mulai dari Rp250.000/pax, kemping mulai dari Rp100.000/pax, dan fun outbound Rp385.000/pax.


3. Jangkar Eco Park Sukamakmur

 


Berlokasi di Desa Sirnajaya Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor, Jangkar Eco Park ialah wahana wisata dan edukasi menyenangkan dengan nuansa dan panorama alam yang indah. Tempat wisata ini menyediakan berbagai fasilitas rekreasi diantaranya villa dan cottage, wahana berenang, offroad, taman jurasic, pantai pasir buatan, wahana panahan, taman satwa, aktivitas eduwisata, dan lainnya.

Jangkar Eco Park Sukamakmur beroperasi setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp25.000 untuk pelajar dan Rp35.000 untuk pengunjung umum. Adapun, untuk menikmati berbagai wahana dan fasilitas yang ada, pengunjung akan dikenai biaya lagi, seperti Taman Jurasic seharga Rp20.000 dan tiket offroad mulai dari Rp125.000/orang.


4. Cibalung Happy Land

 

Cibalung Happy Land adalah taman hiburan dan rekreasi air yang berlokasi di Jalan Manunggal VII Cibalung Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor Jawa Barat. Tempat wisata yang berdiri di atas luas tahan 6 hektar ini cocok untuk berlibur, gathering, camping hingga meeting.

Selama berada di tempat ini, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai spot wisata bernuansa pedesaan yang asri. Selain itu, ada banyak kegiatan outbound dan wahana permainan seru yang bisa dinikmati.

Jam operasional Cibalung Happy Land pukul 09.00-17.00 WIB untuk weekday dan 08.00-17.00 WIB untuk weekend. Setiap pengunjung di atas usia 2 tahun dikenakan biaya sebesar Rp25.000 di hari biasa dan Rp30.000 di akhir pekan. Namun, jika ingin merasakan lebih banyak wahana seperti kolam renang, perlu merogoh kocek mulai dari Rp40.000-Rp50.000 per orang. Atau, menjajal aneka aktivitas outbound seru, seperti memberi makan rusa atau kelinci hingga pahanan dengan biaya sebesar Rp5.000


5. Wisata Puncak Mustika Manik

 

Puncak Mustika Manik ialah destinasi wisata alam yang terletak di Gunung Sari Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Jawa Barat. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati banyak spot dengan pemandangan alam yang indah, yang cocok untuk sekadar bersantai ataupun berfoto mengabadikan momen.

Beberapa spot yang bisa dinikmati diantaranya Beranda Panorama, Tepas Panembongan, Saung Layang, Ayunan, Enggon Ratu Manik, Saung Manuk, Lawang Satawang, Saung Love, Sepeda Gantung, dan Sapu Terbang. Lantaran lokasinya yang berada di kawasan pegunungan, di tempat ini juga ada banyak destinasi wisata alam lain yang bisa dikunjungi diantaranya Curug Cadas Ngampar, Curug Cigamea, Bukit Ranggon, dan lain-lain. 

Jam operasional Wisata Puncak Mustika Manik buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Biaya tiket masuknya Rp15.000 per orang, sementara untuk parkir kendaraan dipatok Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Adapun, biaya tambahan dikenakan untuk spot ayunan sebesar Rp10.000 dan Rp20.000 untuk spot sepeda.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

4 Fakta Pertandingan Sepak Bola PON XXI yang Diwarnai Pemukulan Wasit

BERIKUTNYA

Resep Nasi Liwet Rice Cooker yang Praktis & Nikmat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: