Ilustrasi nasi liwet. (Sumber gambar: Mufid Majnun/Unsplash)

Resep Nasi Liwet Rice Cooker yang Praktis & Nikmat

16 September 2024   |   18:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype mungkin bosan dengan nasi putih yang menjadi menu pokok makanan sehari-hari. Jika ya, kalian bisa berkreasi untuk membuat nasi liwet dengan bahan-bahan dan peralatan sederhana yang ada di rumah. Genhype bisa membuat nasi liwet menggunakan rice cooker dengan praktis dan mudah.

Nasi liwet adalah salah satu hidangan tradisional yang terkenal dan digemari banyak orang. Hidangan tradisional ini berupa nasi yang dimasak dengan santan, kaldu ayam, dan rempah-rempah seperti daun salam dan serai, sehingga memberikan rasa nasi yang kaya, aromatik, dan gurih.

Baca juga: 8 Variasi Lauk Pauk yang Cocok Disantap dengan Nasi Uduk

Berbeda dengan nasi putih pada umumnya, nasi liwet umumnya memiliki tekstur yang lebih lembut, gurih, dan wangi karena rempah-rempah yang dimasak bersamaan dengan nasi. Aroma dan rasanya yang nikmat cocok dipadukan dengan berbagai lauk dan sayuran dalam hidangan.
 


Mengutip dari Indonesia Kaya, nasi liwet merupakan hidangan khas Kota Solo yakni berupa nasi gurih yang dimasak dengan santan kelapa. Nasi liwet khas Kota Solo berbeda dengan nasi liwet yang berada di Jawa Barat maupun daerah lainnya yang disajikan dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas.

Lauk lainnya termasuk telur pindang rebus, daging ayam opor yang disuwir, serta kumut atau areh alias kuah santan yang dikentalkan. Wadah nasi liwet khas Solo juga cukup unik yakni dengan menggunakan pincuk, alas atau wadah makan tradisional dari daun pisang.

Nasi liwet berasal dari masyarakat desa Menuran, Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Sekitar tahun 1934, masyarakat Menuran mulai mencoba menjual nasi liwet ke sekitar wilayah Solo atau Surakarta. Dari sinilah, nasi liwet mulai dikenal oleh masyarakat luas hingga dikonsumsi oleh keluarga bangsawan dan Kasunanan.

Sejarah lain juga menyebutkan bahwa nasi liwet merupakan salah satu menu yang sering ditemukan ketika peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Awal mula terciptanya nasi liwet yaitu dikarenakan masyarakat setempat terinspirasi dengan nasi samin yang digadang-gadang merupakan salah satu menu favorit nabi.

Namun, dikarenakan pada saat itu masyarakat tidak dapat menemukan minyak samin makan, sebagai penggantinya tercetuslah nasi liwet yang terbuat dari air kelapa. 

Sementara dalam tradisi masyarakat Sunda, biasanya nasi liwet dimakan bersama dengan alas daun pisang yang disebut Ngaliwet. Menu utamanya adalah nasi yang dimasak dengan menggunakan bumbu tambahan seperti bawang, daun salam, serai dan garam, sehingga nasinya terasa lebih gurih. Untuk lauknya biasanya adalah ikan goreng atau bakar, ditemani lauk pendamping yaitu ikan asin, lalapan dan sambal terasi.

Genhype mungkin tertarik untuk mencoba membuat nasi liwet. Berikut adalah resep nasi liwet praktis yang bisa dimasak menggunakan rice cooker.


Resep Nasi Liwet Pakai Rice Cooker


Bahan-bahan:

  • 3 cup beras, cuci bersih 
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 100 gram teri medan
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan 
  • 2 lembar daun salam 
  • 1-2 batang serai, geprek
  • Petai sesuai selera (opsional)
  • 2 buah cabai merah, iris 
  • 6 buah cabai rawit merah, iris
  • 1 buah cabai hijau, iris
  • 30-50 ml santan (opsional) 
  • 1/4 sdm garam
  • Merica bubuk secukupnya
  • 1/4 sdm kaldu bubuk
  • 5-6 lembar daun jeruk, iris tipis (opsional)
 

Cara Membuat:

  1. Siapkan wajan lalu panaskan sedikit minyak. Goreng teri medan hingga matang kecoklatan dengan api kecil;
  2. Jika sudah matang, pinggirkan di sisi sebelah wajan. Pada sisi sebelahnya, tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit merah hingga harum;
  3. Masukkan lengkuas, daun salam, serai, petai, dan daun jeruk lalu tumis semua bahan hingga harum. Matikan api;
  4. Siapkan wadah rice cooker lalu masukkan beras yang sudah dicuci. Masukkan tumisan bumbu-bumbu, santan dan air dengan takaran seperti biasa memasak nasi;
  5. Tambahkan garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk, lalu aduk semua bahan dan beras hingga tercampur merata;
  6. Masak nasi dengan menekan tombol on/cook pada rice cooker. Tunggu nasi matang, lalu hidangkan bersama lauk pendamping sesuai selera.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hindari Macet, 5 Destinasi Wisata Long Weekend Seru Selain ke Puncak

BERIKUTNYA

5 Pembaruan & Fitur Terbaru dari iOS 18, Sudah Bisa Diunduh Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: