Ilustrasi merias wajah. (Dok. Radu Florin dari Unsplash)

6 Alasan Kenapa Merias Wajah Membuat Kita Bahagia

12 October 2021   |   06:50 WIB

Setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia dan menjadi momentum tentang pentingnya merawat kesehatan mental untuk semua orang. Guna meningkatkan kesehatan mental, banyak orang melakukan berbagai metode sesuai dengan kenyamanan diri masing-masing.

Merias wajah merupakan salah satu cara yang tidak disadari bisa meningkatkan kesehatan mental. Beberapa ada yang melakukannya sebagai rutinitas pekerjaan, ada juga yang melakukannya karena suka bereksperimen dengan beragam tampilan, dan ada pula yang merias wajah agar menampilkan citra yang berbeda.

Yuk simak enam alasan mengapa aktivitas ini ternyata bisa menjadi salah satu kegiatan yang membantu mental kita menjadi lebih sehat dan bahagia.
 

1. Sebagai waktu untuk diri sendiri

Merias wajah sendiri merupakan kesempatan bagi Genhype untuk memulai rutinitas sebelum disibukkan dengan pekerjaan yang tiada henti. Waktu ini bisa menjadi kesempatan untuk memfokuskan pada diri sendiri terhadap rencana dalam satu hari, rencana di waktu yang akan datang, refleksi diri, serta menenangkan diri sendiri.
 

2. Wadah kreativitas

Layaknya membuat prakarya, merias wajah juga bisa menjadi wadah untuk menyalurkan kreativitas dan berekspresi. Genhype bisa bermain dengan pilihan warna di dalam beberapa produk riasan wajah seperti lipstik dan eye shadow yang sesuai dengan penampilan harian dan suasana hati.
 

3. Menentukan citra fisik

Dengan tujuan riasan wajah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri, Genhype bisa menentukan citra seperti apa yang ingin ditunjukkan sehingga nantinya bisa meredakan kecemasan sekaligus meningkatkan kepercayaan diri.
 

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Sebuah studi mengungkapkan bahwa penggunaan riasan wajah bisa meningkatkan kepercayaan diri dan membuat seorang perempuan merasa pintar yang merupakan bagian dari fenomena bernama 'efek lipstik'. Adanya efek ini bisa menjadi kesempatan bagi Genhype untuk memanfaatkan riasan wajah sebagai salah satu pemicu kepercayaan diri.
 

5. Perawatan diri

Selain menjaga citra fisik, riasan wajah ternyata juga bisa menjaga bahkan meningkatkan suasana hati dan kepercayaan diri yang merupakan bagian dari perawatan diri. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan riasan yang sesuai dengan suasana hati dan preferensi pribadi yang  bisa dikendalikan oleh diri sendiri.
 

6. Sebagai bentuk terapi

Layaknya beberapa kegiatan yang bisa memicu sensasi terapi, merias wajah juga bisa memberikan efek serupa bagi sebagian orang. Efek ini mirip dengan kegiatan meditasi atau kegiatan bersih-bersih yang dianggap sebagai aktivitas pemulihan diri yang bisa meningkatkan rasa kebahagiaan dan melupakan rasa khawatir sehingga Genhype bisa menikmati kegiatan yang dijalankan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

8 Cara Mengajarkan Kemandirian pada Anak

BERIKUTNYA

Kisah Lee Seung Gi yang Terganggu Akibat Gangguan Kesehatan Mental

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: