Ilustrasi dapur. (Sumber gambar: Freepik)

Kiat Bikin Dapur Semi Outdoor, Cocok Buat Desain Rumah Minimalis

11 September 2024   |   08:01 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Dapur menjadi area krusial bagi kebanyakan ibu rumah tangga. Tempat berkreasi menyajikan hidangan lezat untuk keluarga ini tentunya perlu didesain senyaman mungkin, agar kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan dan seru. 

Bagi rumah yang memiliki luas tanah sempit alias minimalis, tetap bisa kok menghadirkan dapur yang nyaman. Salah satu opsinya yakni dengan menciptakan dapur semi outdoor

Baca juga: Desainer Interior Joke Roos Ciptakan Ketenangan ala Filosofi Jepang Wabi Sabi di Instalasi Pameran TCOI

Dapur jenis ini membiarkan sebagian area dapur terbuka. Selain membuat ruang terasa lapang, sirkulasi udara pun menjadi lebih baik ketika memasak. Jadi, tidak perlu khawatir asap dari masakan akan menyebar ke area ruang lainnya.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menghadirkan dapur semi outdoor. Aprillia Anggraeni Putri, Senior Consultant Lifetime Design mengatakan ketika mengusung konsep dapur jenis ini, sangat penting memperhatikan material peralatan rumah tangga yang akan digunakan. 

Pasalnya, perabot secara langsung maupun tidak langsung akan terpapar sinar matahari dan hujan. Nah, material yang cocok untuk dapur semi outdoor yakni berbahan stainless stell. “Karena bahan ini tahan sama cuaca. Jadi kalau kena air, dia tidak lapuk,” ujarnya.

Aprilia menambahkan, Genhype juga perlu mengikuti triangle rules. Artinya, perlu menempatkan kulkas, sink, dan kompor dalam posisi yang pas. 

Untuk dapur dengan desain huruf L, urutan yang direkomendasikan yakni dekatkan kulkas pada sink, kemudian kompor. Dengan demikian, bahan makanan yang ada di kulkas bisa langsung dibersihkan terlebih dahulu, baru dimasak.

Dalam menciptakan dapur semi outdoor, material lantai juga perlu diperhatikan. Suhu ruangan yang panas ketika matahari sangat terik tentu membuat pijakan menjadi tidak nyaman. 

Ketimbang keramik, ubin kayu bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat dapur terasa lebih sejuk. Lantai kayu memiliki sifat tetap sejuk di cuaca yang panas, hal ini karena kayu merupakan isolator panas yang baik. 

Baca juga: Sentuhan Klasik Sekaligus Dreamy dalam Instalasi Interior Shirley Gouw

Direktur Ubinkayu Indonesia Kevin Sieto menyampaikan bahwa kayu dapat menyimpan kesejukan malam pada siang hari yang panas.

Selain itu, penggunaan ubin kayu juga dapat meningkatkan estetika dan memberi kesan hunian yang lebih natural. “Pastikan menggunakan lantai yang terbuat dari 100 persen kayu asli agar lebih tahan lama,” sarannya. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Kompor Induksi yang Bikin Tampilan Dapur Lebih Estetis

BERIKUTNYA

Update Klasemen Timnas Indonesia di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: