Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Filipina Michael Baldisimo dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Catatan Sangar Timnas Indonesia saat Main di GBK, Punya Rekor 9 Kemenangan

10 September 2024   |   10:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Indonesia akan melakoni laga kandang pertamanya pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), timnas Indonesia bakal menjamu timnas Australia pada Selasa (10/10/2024). 

Dalam pertandingan tersebut, skuad Garuda punya asa besar untuk memetik kemenangan perdana. Pasalnya, Rizki Ridho dan kawan-kawan tercatat punya rekor yang apik ketika bermain di kandang, terutama semenjak kursi pelatih dipegang oleh Shin Tae-yong (STY). 

Sejak STY menangani timnas Indonesia pada akhir 2019, skuad Merah Putih telah 14 kali bermain di stadion GBK. Dari 14 laga, Indonesia berhasil meraih 9 kemenangan, 4 kali imbang, dan hanya menelan dua kekalahan. 

Baca juga: Begini Kondisi Rumput GBK Jelang Laga Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Sembilan kemenangan Indonesia didapat dari lima lawan berbeda lintas benua. Kemenangan pertama STY bersama skuad Garuda terjadi pada 27 Januari 2022. Kala itu, Indonesia menang dengan skor 4-1 melawan Timor Leste

Kemudian, pada 30 Januari 2022, timnas Indonesia kembali menang dengan skor 3-0 saat berjumpa kembali dengan Timor Leste. Pada 24 September 2022, skuad Garuda juga mampu memenangkan pertandingan saat melawan Curacao dengan skor 3-2.

Hasil serupa juga didapat saat Indonesia kembali menundukkan 2-1 masih lawan Curacao pada 27 September 2022. Pada laga lain, tepatnya 23 Desember 2022, kemenangan Indonesia masih berlanjut saat mengalahkan Kamboja dengan skor 4-2.
 

Pada 25 Maret 2023, Indonesia kembali memetik kemenangan dengan skor 3-1 saat menghadapi Burundi. Tak lama kemudian, Indonesia juga berhasil mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor 6-0 pada 12 Oktober 2023.

Pada 21 Maret 2024, Indonesia lagi-lagi mampu memenangkan pertandingan di stadion GBK. Kali ini, skuad Garuda mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. Kemenangan terakhir Indonesia di stadion GBK terjadi pada 11 Juni 2024 saat mengalahkan Filipina dengan skor 2-0.

Timnas Indonesia tercatat hanya dua kali kalah di GBK. Pertama, saat Indonesia kalah dengan skor 2-0 dari Argentina pada laga FIFA Matchday 19 Juni 2023. Kedua, Indonesia kalah dari Irak dengan skor 2-0 pada 6 Juni 2024 dalam laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Kini, kemenangan tentu menjadi target utama yang diburu timnas Indonesia saat melawan Australia.  Tambahan tiga angka bakal menguatkan peluang Timnas Indonesia untuk memperlebar peluang berada di empat besar Grup C babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Berkat hasil imbang melawan Arab Saudi, Indonesia mengoleksi 1 poin dari 1 laga. Indonesia kini berada di peringkat keempat, di bawah Jepang (3 poin), Bahrain (3 poin), dan Arab Saudi (1 poin). Sementara itu, peringkat kelima dan keenam dihuni Australia dan China yang belum meraih kemenangan.

"Saya punya kepercayaan besar terhadap para pemain Timnas Indonesia. Saya akan terus menyemangati dan mendorong mereka untuk mencapai level tertinggi," tegasnya. 

Baca juga: Jelang Duel di GBK, Cek 5 Fakta Menarik Timnas Indonesia & Australia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Begini Kondisi Rumput GBK Jelang Laga Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

BERIKUTNYA

Cek Daftar Pemenang Creative Arts Emmy Awards 2024: Shogun & The Bear Mendominasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: