Ayam Krispi (Sumber Foto: Freepik/jcomp)

5 Tips Membuat Ayam Krispi yang Renyah dan Garing

11 September 2024   |   08:38 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Ayam goreng krispi memang sangat lezat, apalagi kalau disantap dengan saus sambal dan nasi hangat. Namun, proses pembuatan ayam krispi ternyata tidak mudah, terutama untuk mempertahankan kerenyahannya. Seringkali ayam krispi cepat lembek setelah digoreng.

Ayam krispi bisa cepat lembek karena beberapa faktor. Salah satu penyebab utamanya adalah penumpukan uap air di sekitar ayam yang sudah digoreng, sehingga menyebabkan teksturnya menjadi lembek. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, mulai dari penepungan, suhu minyak, sampai proses pendinginan yang salah.

Baca juga: Resep Ayam Asam Manis Pedas, Hidangan Lezat yang Kaya Rasa

Nah Genhype, mengutip dari The Proper Kitchen?, berikut cara membuat ayam krispi yang renyah setelah digoreng garing.


1. Lapisi Tepung Dua Kali

Campurkan tepung dengan rempah-rempah seperti bubuk bawang putih, garam, merica, dan bumbu penyedap lainnya. Tambahkan sedikit tepung maizena untuk mendapatkan tekstur yang lebih renyah.

Selanjutnya lakukan proses pelapisan ganda, caranya celupkan ayam ke dalam tepung, adonan basah misalnya campuran telur dan air atau susu, lalu kembali celupkan ke tepung untuk mendapatkan lapisan yang lebih tebal dan garing.

Sebelum melapisinya dengan tepung, pastikan ayam kering sehingga tepung menempel dengan sempurna pada permukaan ayam dan hasil gorengan lebih renyah.


2. Pastikan Suhu Minyak Stabil

Suhu minyak yang ideal untuk menggoreng ayam adalah antara 350-375°F (sekitar 175-190°C). Pada suhu ini, ayam akan matang sempurna tanpa menyerap terlalu banyak minyak, sehingga kulit luarnya menjadi renyah dan bagian dalam tetap lembut.

Apabila suhu terlalu rendah, ayam akan menyerap lebih banyak minyak, yang membuatnya lembek. Sebaliknya, jika suhu terlalu tinggi, bagian luar ayam akan cepat gosong sebelum bagian dalamnya matang. Oleh karena itu, menjaga suhu minyak stabil sangat penting untuk mendapatkan ayam yang garing dan lezat.


3. Goreng Ayam Dua Kali

Teknik menggoreng dua kali dapat menghasilkan ayam yang super renyah. Proses penggorengan pertama dilakukan pada suhu rendah untuk memastikan bagian dalam ayam matang sempurna. Setelah itu, ayam digoreng lagi pada suhu lebih tinggi untuk membuat kulit luarnya menjadi renyah. Penggorengan kedua juga membantu menciptakan lapisan yang kering dan garing.


4. Jangan Pakai Tisu untuk Menyerap Minyak

Menggunakan tisu untuk mengeringkan ayam bisa membuat teksturnya lembek, karena uap air akan terperangkap di permukaannya. Lebih baik biarkan ayam meneteskan minyak di atas rak pendingin atau saringan minyak agar tetap renyah.

Baca juga: Resep Udang Goreng Balon, Dijamin Menggelembung

Selain itu, jangan menumpuk ayam setelah digoreng, karena uap yang terperangkap di antara potongan ayam akan membuat kulitnya lembek. Sebaiknya jajarkan ayam di loyang dengan sedikit berjarak.


5. Simpan di Wadah Terbuka

Untuk menjaga ayam krispi tetap renyah saat disimpan, sebaiknya gunakan wadah terbuka atau wadah dengan ventilasi. Wadah yang tertutup rapat akan menjebak uap air, sehingga menyebabkan kelembapan terperangkap dan ayam menjadi lembek. Lapisi bagian dasar wadah dengan kertas minyak untuk menyerap minyak berlebih.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Update Klasemen Timnas Indonesia di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

BERIKUTNYA

Pelatih Australia Dihujani Kritik Setelah Gagal Menang Lawan Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: