Menurut laporan Seek, angka pekerja remote terus meningkat dari 55 persen pada 2020 menjadi 71 persen pada 2023. (sumber gambar: Unsplash/windows)

Tanpa Ribet Urus Visa, Cek 5 Kiat Kerja Remote dari Luar Negeri

10 September 2024   |   16:25 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Tren bekerja jarak jauh atau remote telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Alih-alih  pindah dan bekerja di luar negeri, pekerjaan remote makin terbuka lebar. Sebab, beberapa sektor teknologi dan startup, telah mengadopsi model kerja ini baik secara permanen atau hybrid

Menurut laporan Seek, angka pekerja remote terus meningkat dari 55 persen pada 2020 menjadi 71 persen pada 2023. Ini tak lepas dari jenis pekerjaan remote yang menawarkan pengalaman baru dan kompensasi menarik tanpa menghadapi tantangan imigrasi, izin kerja, atau hambatan bahasa. 

Baca juga: 3 Langkah yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Magang di Luar Negeri

Chief Executive Officer Sribu.com Ryan Gondokusumo, dalam catatan Hypeabis.id mengatakan, kenaikan tren pekerjaan ini, salah satunya ditopang dengan semakin mudahnya infrastruktur akses internet di dunia, serta bersaingnya harga perangkat kerja, termasuk smartphone atau laptop.

Terbatasnya peluang kerja di dalam negeri dan kekurangan talenta di negara-negara seperti Hong Kong, Singapura, Australia, dan Selandia Baru juga mendorong pergeseran model kerja ini. Bahkan, platform HR global, Deel, melihat peluang besar bagi profesional muda Tanah Air untuk bekerja secara remote di perusahaan internasional. 

Lantas, pola dan cara seperti apa yang perlu digunakan genhype untuk dapat bersaing dan bekerja secara remote? Dihimpun dari laman Deel, berikut 5 tip untuk meningkatkan peluang pekerjaan jarak jauh di perusahaan internasional bagi mereka yang masih minim pengalaman dan baru lulus kuliah.


1. Identifikasi dengan Tepat

Salah satu pola paling sangkil untuk dapat bersaing di pekerjaan remote adalah memahami dengan jelas apa yang diinginkan perusahaan, dan bagaimana hal tersebut dapat disesuaikan dengan pilihan gaya hidup. Pasalnya, faktor ini dapat membuat pekerjaan jadi lebih mudah diakses, dan memungkinkan peningkatan karir secara bertahap.

Beberapa perusahaan, mungkin ada yang mencari posisi yang bisa didapatkan tanpa memerlukan resume yang panjang, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu genhype harus jeli dalam mencari preferensi, di mana pelatihan dan sifat kepribadian mungkin dianggap lebih penting, seperti petugas entri data, proofreader, dan yang lain.


2. Pahami Kekuatan & Keterampilan 

Pentingnya memahami dan mempertimbangkan bidang-bidang di mana seseorang unggul dalam hard skill atau soft skill berguna juga berguna dan perlu ditingkatkan. Sebab kondisi ini akan menentukan jenis pekerjaan apa yang cocok untuk dicari dan keterampilan apa yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan peluang  pekerjaan yang diinginkan.

Selain itu, penting untuk menyoroti keterampilan-keterampilan penting yang telah diperoleh dari pengalaman kerja sebelumnya. Seperti kemampuan serbaguna dan dapat digunakan di berbagai industri, peran, dan lingkungan kerja, alih-alih teknis, karena  dapat dengan mudah dialihkan dari satu posisi ke posisi lainnya.


3. Kuasai Aplikasi Kerja Jarak Jauh

Hampir setiap pekerjaan jarak jauh memerlukan pemahaman tentang berbagai alat kolaborasi, manajemen waktu, manajemen proyek, dan komunikasi. Oleh karena itu, sangat bermanfaat bagi pencari kerja untuk membiasakan diri dengan aplikasi dan platform seperti Zoom, Slack, Jira, dan lainnya. 

Ada juga platform yang lebih spesifik untuk berbagai peran, seperti Salesforce untuk outreach penjualan, Ahrefs untuk SEO, Five9 yang merupakan perangkat lunak call center, dan sebagainya. Banyak dari platform ini menawarkan paket gratis, sehingga memberikan kesempatan untuk membangun keahlian di pasar kerja.


4. Bangun Relasi & Pengalaman 

Menjalin relasi dengan para profesional di industri yang diinginkan melalui platform media sosial profesional seperti LinkedIn juga perlu dilakukan. Mengikuti akun perusahaan tujuan, berinteraksi dengan konten mereka, dan membangun kehadiran di platform tersebut pun patut untuk diikuti agar tetap update.

Selain itu, genhype juga bisa mendapatkan  pengalaman yang relevan dengan menjadi sukarelawan atau bekerja untuk komunitas lokal untuk memperluas jaringan dan ketrampilan dari berbagai industri. Sebab, dengan ini akan memungkinkan pelamar kerja untuk tetap bisa mengikuti alur kerja yang sesuai dengan zaman.


5. Siapkan Resume yang Tepat

Pencari kerja sebaiknya meninjau deskripsi pekerjaan atau posisi yang dituju dan menyesuaikan resume untuk menyoroti keterampilan dan pengalaman yang relevan yang dapat menarik perhatian perekrut. Ini penting dilakukan karena dapat memberi ciri khas berbeda dengan pelamar lain.

Hindari mencantumkan semua pengalaman pekerjaan sebelumnya, dan fokus pada keterampilan yang menunjukkan kemampuan pekerja untuk bekerja remote. Jika pengalaman kerja jarak jauh kurang, Genhype dapat menyoroti pengalaman yang menunjukkan keterampilan relevan, seperti bekerja lintas zona waktu atau menjadi pribadi yang mandiri.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pelatih Shin Tae-yong Kasih Aba-aba Timnas Indonesia Untuk Totalitas Hadapi Australia

BERIKUTNYA

5 Gadget Baru dari Apple Event It’s Glowtime, Ada Seri Apple Watch dan Airpods

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: