Pesepak bola Timnas Indonesia Rizky Ridho. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Pelatih Shin Tae-yong Kasih Aba-aba Timnas Indonesia Untuk Totalitas Hadapi Australia

10 September 2024   |   14:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional Indonesia akan berjumpa dengan tim nasional Australia dalam laga lanjutan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Selasa 10 September 2025. Pelatih Shin Tae-yong menuturkan butuh kerja keras demi meraih kemenangan.

Dikutip dari laman PSSI, Kepala Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa pasukan Garuda – julukan tim nasional Indonesia – harus bekerja keras dalam pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno hari ini agar meraih kemenangan.

Menurutnya, pemain perlu bekerja keras lantaran tim nasional Australia bukan lawan yang mudah. "Pertandingan nanti memang tidak mudah bagi kami, karena Australia berada di peringkat 20-an FIFA, sedangkan Indonesia di posisi 130-an, jadi pasti ini akan jadi pertandingan yang sangat sulit bagi kami," ujarnya.

Baca juga: Jelang Duel di GBK, Cek 5 Fakta Menarik Timnas Indonesia & Australia

Dia mengungkapkan bahwa kekalahan tim nasional yang berjuluk The Socceroos dari tim nasional Bahrain pada pertandingan pertama tidak serta merta membuat Indonesia dapat mudah mengalahkan Australia. Tidak hanya itu, Australia diperkirakan justru bakal lebih meningkatkan kewaspadaannya pada pertandingan melawan Indonesia.

Meskipun begitu, Tae-yong mengungkapkan bahwa para pemain tim nasional Indonesia berada dalam kondisi yang bagus dan tidak akan pernah menyerah begitu saja. Mereka akan membuat pertandingan kendang melawan Australia menjadi pertandinga yang baik dengan berbagai cara.

Dari gaya permainan, pelatih asal Korea Selatan itu juga mengungkapkan bahwa Asnawi dan kawan-kawan akan bermain kolektif saat menyerang dan bertahan.

Senada dengan Tae-yong, kiper Indonesia, yakni Maarten Paes mengungkapkan bahwa Australia merupakan negara yang kuat. Menurutnya, The Socceroos akan mengandalkan permainan fisik, sehingga Indonesia harus waspada.

“Karena tentu mereka sedang lapar akan kemenangan, dan kami harus bagus juga secara fisik," katanya.

Meskipun begitu, Maarten berharap tim nasional Indonesia dapat merai poin penuh pada pertandingan yagn berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sementara itu, salah satu pemain Indonesia, yakni Justin Hubner mengaku tidak takut melawan Australia. Pemain yang berposisi di jantung pertahanan tim nasional Indonesia itu mengatakan akan melakukan upaya maksimal untuk mengalahkan The Socceroos.

"Saya pikir Australia adalah negara yang sangat kuat, tetapi begitu juga kami. Kami tidak takut terhadap siapa pun, kami akan berjuang besok, persiapan kami bagus untuk pertandingan besok," katanya.

Baca juga: Catatan Sangar Timnas Indonesia saat Main di GBK, Punya Rekor 9 Kemenangan

Dia mengungkapkan bahwa seluruh pemain tim nasional Indonesia optimistis dapat menampilkan permainan yang apik mengingat telah melakukan persiapan dengan baik. Menurutnya, para pemain akan melakukan apa saja di atas lapangan guna meraih kemenangan.

Dia menuturkan bahwa para pemain tim nasional Indonesia telah banyak berkembang dan mendapatkan “amunisi” baru dalam tim. “Level kami juga meningkat sangat pesat, sekarang kami punya banyak pemain berkualitas di tim," ujarnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cara Daftar Face Recognition Boarding Gate Kereta Api

BERIKUTNYA

Tanpa Ribet Urus Visa, Cek 5 Kiat Kerja Remote dari Luar Negeri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: