Penumpang kereta api saat boarding dengan face recognition (Sumber gambar: PT KAI)

Cara Daftar Face Recognition Boarding Gate Kereta Api

10 September 2024   |   14:29 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Manajemen PT Kereta Api Indonesia menyediakan fasilitas face recognition boarding gate di 19 stasiun di Pulau Jawa dan Sumatra. Fasilitas ini memungkinkan identifikasi dan validasi penumpang yang hendak naik kereta api bisa lebih cepat.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Anne Purba mengatakan bahwa face recognition boarding gate adalah fasilitas boarding dengan kamera yang berfungsi mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui wajah.

Dengan data yang terintegrasi, sistem akan membaca data tiket milik penumpang dan juga status vaksinasinya setelah berhasil mengidentifikasi dan memvalidasi lewat kamera yang terpasang.

Baca juga: Teknologi Face Recognition Boarding Gate Kini ada di 11 Stasiun

“Proses verifikasi hanya memerlukan 1 detik, sehingga memperlancar antrean dan proses boarding,” kata Anne pada Selasa, 10 September 2024.

Dia menuturkan, stasiun yang telah memiliki fasilitas face recognition boarding gate adalah Stasiun Gambir dan Stasiun Bekasi di daerah operasional 1. Sementara di daerah operasional 2, fasilitas tersebut terdapat di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong.

Kemudian, fasiltias tersebut baru ada di Stasiun Cirebon untuk daerah operasional 3. Di daerah operasoinal 4, stasiun yang telah memiliki fasilitas face recognition boarding gate adalah Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Tegal.

Di daerah operasional 6 Yogyakarta, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyungan, dan Stasiun Solo Balapan menjadi tempat yang memiliki fasilitas tersebut. di daerah oprasional 7 Madiun, Stasiun Madiun menjadi satu-satunya yang memiliki face recognition boarding gate.

Adapun, fasilitas face recognition boarding gate di daerah operasional 8 Surabaya dan 9 Jember masing-masing berada di Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Gubeng, & Stasiun Malang dan Stasiun Jember. Di luar pulau Jawa, fasilitas tersebut hanya berada di Divisi Regional 1 Sumatra Utara, yakni di Stasiun Medan.

Sebelum memanfaatkan fasilitas tersebut, Genhype perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. “Kami kini menyediakan pendaftaran untuk layanan face recognition melalui aplikasi Access by KAI untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan yang sederhana, mudah, dan efisien,” katanya.

Berikut cara pendaftaran face recognition via aplikasi Access by KAI:
  1. Buka tab menu akun pada Access by KAI.
  2. Pilih menu Registrasi Face Recognition.
  3. Bacalah syarat dan ketentuan registrasi dan klik “Setuju” setelah memahami.
  4. Periksa kembali data diri seperti Nama Lengkap, NIK, dan Tanggal Lahir. Klik “Foto Selfie” untuk melengkapi proses verifikasi.
  5. Ikuti ketentuan pengambilan foto selfie yang benar. Klik “Ambil Foto KTP” untuk mengambil foto selfie.
  6. Setelah foto selfie dan data diri sudah lengkap dan sesuai, klik “Daftar Sekarang”.
  7. Konfirmasi data yang diberikan, lalu klik “Ya, Daftar” untuk menyelesaikan pendaftaran.
  8. Proses registrasi berhasil dan selesai.
Baca juga: Pakar Ungkap Bahaya Teknologi Face Recognition di Ruang Publik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Seventeen Pecahkan Rekor Jadi Bintang Utama K-Pop Pertama di Lollapalooza

BERIKUTNYA

Pelatih Shin Tae-yong Kasih Aba-aba Timnas Indonesia Untuk Totalitas Hadapi Australia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: