James Earl Jones (Sumber gambar: Flickr/U.S. Embassy London)

James Earl Jones, Aktor & Pengisi Suara Darth Vader Meninggal Dunia Usia 93 Tahun

10 September 2024   |   11:22 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Aktor dan pengisi suara ternama Amerika Serikat, James Earl Jones, meninggal dunia pada usia 93 tahun. Dia merupakan aktor pemenang EGOT (Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony Awards) yang dikenal akan perannya dalam banyak film populer, salah satu yang paling ikonik adalah sebagai pengisi suara Darth Vader dalam film Star Wars. 

Melansir Variety, James Earl Jones meninggal pada Senin (9/9/2024) pagi di rumahnya di Dutchess County New York. Belum dikonfirmasi kematiannya disebabkan karena alasan apa, tapi ada kemungkinan sang aktor meninggal karena penyakit yang dideritanya yakni diabetes. 

"Dia meninggal di rumahnya dikelilingi oleh anggota keluarga," ucap agen Barry McPherson. 

Baca juga: Rachael Lillis, Pengisi Suara Ikonik Misty & Jessie di Serial Pokemon Meninggal Dunia
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Variety (@variety)


Saat masa kecilnya, James Earl Jones menghadapi masalah kegagapan yang cukup serius. Akan tetapi, dia berhasil mengatasi gangguan wicara tersebut, dan kemudian meraih kesuksesan besar sebagai seorang aktor.

Earl Jones membuktikan dirinya sebagai pelopor aktor kulit hitam pada masanya, dengan karier yang sangat luas dan beragam selama lebih dari enam dekade. Dia masih terus aktif di dunia hiburan hingga penampilannya yang terakhir, dalam film Coming 2 America pada 2021.

Kariernya dimulai dengan debut di Broadway pada 1958 di Cort Theatre, yang pada 2022 diberi nama baru menjadi James Earl Jones Theatre. Pada upacara peresmian gedung tersebut sang aktor tidak datang, yang hadir dalam acara tersebut adalah Samuel L. Jackson, LaTanya Richardson Jackson, Brian Stokes Mitchell, Norm Lewis dan Walikota New York City Eric Adams.

"Bagi saya yang berdiri di gedung ini 64 tahun lalu di awal karier Broadway saya, tidak terbayangkan bahwa nama saya akan terpampang di gedung ini hari ini. Semoga perjalanan saya dari dulu hingga sekarang menjadi inspirasi bagi semua calon aktor," ucap sang aktor dilansir dari Deadline.

Dilansir dari The Walt Disney Company, James Earl Jones sangat terkenal dalam pengisi suara antagonis pada waralaba film Star Wars, yakni Darth Vader. Peran tersebut dimulai dalam film Star Wars: A New Hope (1977). 

Selanjutnya, dia mengulangi peran yang sama dalam seri tersebut: Star Wars: The Empire Strikes Back (1980), Star Wars: Return of the Jedi (1983), Rogue One: A Star Wars Story (2016), dan Star Wars: The Rise of Skywalker (2019). Selain itu, dia tampil dalam serial animasi Disney XD Star Wars Rebels (2014–2018) dan serial original Disney+ Obi-Wan Kenobi (2022).

Dalam laman resmi perusahaan, Bob Iger selaku CEO The Walt Disney Company mengatakan bahwa James Earl Jones telah memberikan kontribusi besar dalam sejarah perfilman dunia, mulai dari karakter yang bijaksana seperti Mufasa hingga suara yang menimbulkan ancaman Darth Vader. 

"Sebagai seorang aktor panggung yang terkenal dengan hampir 200 kredit film dan televisi, cerita-cerita yang dihidupkan dengan kehadiran yang sangat memukau dan kekayaan jiwa yang nyata telah meninggalkan jejak yang mendalam pada generasi penonton. Atas nama semua orang di Disney, kami menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga dan orang-orang terkasihnya,” katanya. 

Baca juga: Profil Connie Chiume, Aktris Pemeran Black Panther yang Meninggal Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mengenal Horseback Archery, Olahraga Etnik yang Dimainkan di World Nomad Games

BERIKUTNYA

5 Trik Canva Agar Lebih Kreatif dan Produktif saat Bekerja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: