Christian Oliver. (Sumber gambar: Christian Oliver Official Instagram)

Profil Christian Oliver, Aktor Film Speed Racer yang Tewas Akibat Kecelakaan Pesawat

08 January 2024   |   07:44 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka datang dari dunia perfilman Hollywood. Aktor Christian Oliver tewas dalam kecelakaan pesawat pribadi di Pulau Karibia pada Kamis (4/1/2024) waktu setempat. Sang aktor yang berusia 51 tahun tewas bersama dua putrinya yakni Madita Klepser dan Annik Klepser yang berusia 12 dan 10 tahun.

Kepolisian Royal St. Vincent dan Grenadines menyatakan pesawat yang ditumpangi Oliver merupakan pesawat kecil bermesin satu yang dimiliki dan dikemudikan oleh pilot Robert Sachs, yang juga tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut. 

Baca juga: Profil Bintang NBA Kobe Bryant & Viral Laporan Autopsinya

Pesawat pribadi yang hanya ditumpangi oleh Oliver dan dua putrinya itu jatuh di sekitar posisi satu mil laut sebelah barat Petit Nevis, sebuah pulau kecil di Grenadines. Pesawat itu berangkat dari Bandara JF Mitchell di Paget Farm, Bequia, sebuah pulau di Grenadines, sekitar pukul 12.11 waktu setempat menuju St. Lucia.

"Beberapa saat setelah lepas landas, pesawat mengalami masalah dan jatuh ke laut. Nelayan dan penyelam dari Paget Farm pergi ke lokasi kejadian dengan perahu mereka untuk memberikan bantuan," demikian pernyataan Kepolisian Royal St. Vincent dan Grenadines dikutip dari Variety.

Jenazah Oliver dan anak-anaknya serta sang pilot pun ditemukan oleh penjaga pantai dan dinyatakan meninggal oleh petugas medis. Adapun, penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan. Menurut keterangan otoritas setempat, pilot menghubungi menara melalui radio tak lama setelah lepas landas, dan melaporkan bahwa dia mengalami masalah dan berbalik arah. Itu adalah komunikasi terakhir dari pesawat.
 


Christian Oliver yang lahir dengan nama asli Christian Klepser adalah seorang aktor asal Jerman kelahiran 3 Maret 1972. Pria yang lahir di Celle, Lower Saxony, Jerman Barat itu terkenal berkat perannya dalam serial televisi Jerman, Alarm for Cobra 11 yang tayang pada 2002-2004.

Meski lahir di Celle, Lower Saxony, Oliver dibesarkan di Frankfurt, Jerman. Setelah tertarik dengan dunia akting dan modeling, dia pindah ke Amerika Serikat untuk bekerja sebagai model. Bersamaan dengan itu, dia pun mengambil kelas akting di New York dan Los Angeles.

Dalam wawancara dengan majalah People, Oliver mengikuti satu tahun pertukaran pelajar di North Carolina ketika berusia 16 tahun. Di saat itulah, Oliver yang tinggal di pinggiran Kota Berlin, Jerman, tertarik dengan Amerika Serikat. Pada usia 21 tahun, dia pun pindah ke AS dan mendapat peran pertamanya untuk iklan jeans dan iklan pasta gigi.

Dia baru mendapat peran utamanya di sitkom Saved by the Bell pada 1994-1995. Setelah itu, Oliver membintangi beberapa judul film dan serial seperti The Baby Sitters Club (1995), Kept (2001), dan The Good German (2006).
 


Nama Oliver di industri perfilman AS mulai memuncak pada 2008 lewat film Speed Racer. Oliver berperan sebagai tokoh antagonis bernama Snake Oiler. Berkarier sebagai aktor selama 15 tahun, dia juga kerap muncul di film-film besar termasuk Valkyrie, dan baru-baru ini muncul di waralaba film Indiana Jones.

Sepanjang kariernya, Oliver  telah bekerja dengan bintang seperti Steven Soderbergh di film The Good German, Cate Blanchett dan George Clooney, Brian Singer, Tom Cruise di Valkyrie, dan Wachowski Brothers di Speed Racer.

Terbaru, Oliver baru saja menyelesaikan film terbarunya, Fore Hold Your Peace, yang dibintangi bersama Bai Ling dan disutradarai oleh Nick Lyon. Syuting adegan film terakhir sang aktor itu dilakukan pada 20 Desember 2023. 

Baca juga: Profil Hayao Miyazaki, Maestro Animasi di Balik Studio Ghibli

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Nick Lyon mengatakan bahwa Fore Hold Your Peace merupakan film kelimanya yang bekerja sama dengan Oliver, yang telah mereka rencanakan selama bertahun-tahun. "Akhirnya [kami] menyelesaikannya. Terima kasih telah menjadi kolega, aktor dan teman yang hebat, Christian Oliver," kenang Lyon. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Profil Jonas Brothers yang Akan Konser Reuni di Indonesia Februari 2024

BERIKUTNYA

Rich Brian, NIKI Hingga Voice of Baceprot Viral Disebut Dalam Debat Capres

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: