Untuk bisa menikmati olahraga ini dengan nyaman, para pegiat harus jeli dalam memilih lapangan golf yang tepat. (sumber gambar: Unsplash/Courtney Cook)

Rekomendasi 5 Lapangan Golf di Bandung, Ada yang Didirikan Sejak Zaman Belanda

07 September 2024   |   21:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Tren olahraga golf saat ini semakin diminati anak muda di Tanah Air. Permainan yang berasal dari Skotlandia ini kembali populer sejak pandemi Covid-19 melanda dunia. Bahkan, cabang olahraga golf, seperti long drive, juga mulai ditekuni oleh para pegiat, baik pegolf profesional maupun amatir.

Golf merupakan olahraga yang dimainkan dengan memukul bola kecil menggunakan tongkat (disebut klub), dengan gol untuk memasukkan bola ke dalam lubang. Di lapangan rumput hijau yang luas, para pegolf berkompetisi untuk memasukkan bola dengan jumlah pukulan sesedikit mungkin. Olahraga ini biasanya dimainkan di lapangan yang terdiri dari 9 hingga 18 lubang, yang masing-masing memiliki jarak dan rintangan yang berbeda.

Baca juga: Golfer Muda Kian Pentingkan Fashion Statement Saat Berolahraga

Dalam pelaksanaannya, golf sering dimainkan secara individu, tetapi juga dapat dimainkan dalam tim. Olahraga ini menekankan presisi, keterampilan, dan strategi, serta sering dianggap sebagai salah satu olahraga yang menantang secara mental. Sebab, golf memerlukan konsentrasi, fokus, dan pengendalian diri yang tinggi.

Adapun, untuk bisa menikmati olahraga ini dengan nyaman, para pegiat harus jeli dalam memilih lapangan golf yang tepat. Pasalnya, memilih lapangan golf yang tepat bisa sangat bergantung pada preferensi pribadi, tujuan bermain, dan pengalaman Anda dalam bermain golf.

Bagi genhype yang tertarik untuk bermain golf di wilayah Bandung, Jawa Barat, berikut sejumlah rekomendasi lapangan golf terbaik di Kota Kembang itu, dirangkum dari berbagai sumber.


1. Dago Heritage 1917 Golf Course

 

Merupakan salah satu lapangan golf tertua di Indonesia yang berdiri sejak 1917, serta menawarkan suasana klasik dengan pemandangan alam yang hijau. Dengan udara sejuknya yang menyegarkan tempat ini juga memiliki desain lapangan yang menantang, termasuk  kontur berbukit, bunker, dan pepohonan besar yang memperindah suasana. 

Terletak di kawasan Dago Atas, lapangan ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, dengan udara sejuk khas pegunungan. Oleh karena itu, lapangan ini juga dapat menjadi destinasi yang menawarkan perjalanan sejarah dan keindahan alam, sehingga menjadikannya salah satu lapangan golf yang patut dikunjungi.


2. Mountain View Golf Club

Terletak di kawasan Dago Pakar, lapangan ini menawarkan pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Dengan kontur yang berbukit, lapangan ini memberikan tantangan tersendiri bagi para golfer. Mountain View Golf Club juga memiliki fasilitas clubhouse yang nyaman dengan latar belakang pegunungan yang memukau.

Mountain View Golf Club memiliki lapangan dengan 18 hole yang dirancang untuk menantang pemain dengan berbagai tingkat keterampilan. Tempat ini juga menyediakan driving range yang dilengkapi dengan banyak bay untuk latihan memukul bola, sehingga memungkinkan pemain untuk berlatih sebelum bermain di lapangan utama.


3. Parahyangan Golf Bandung

 


Parahyangan Golf berada di wilayah Padalarang dan menjadi salah satu lapangan golf terbaru di Bandung. Dengan desain modern dan fasilitas premium, lapangan ini menawarkan pengalaman bermain golf yang berkualitas dengan pemandangan perbukitan yang memukau.

Keunikan lain dari tempat ini adalah memiliki pro shop yang menyediakan berbagai perlengkapan golf dari merek-merek terkenal, termasuk klub golf, pakaian, dan aksesori. Selain itu ada juga area khusus untuk melatih pukulan pendek (short game) seperti chipping dan putting, hingga spa dan sauna.


4.  Lapangan Golf Arcamanik

Terletak di kawasan Bandung yang sejuk, Lapangan Golf Arcamanik memberikan pengalaman bermain golf dalam suasana yang santai dan nyaman, jauh dari keramaian kota. Tempat ini juga memanfaatkan kontur alami tanah, dengan fairway dan green yang menantang serta menampilkan elemen desain yang menarik.

Lapangan ini menyediakan driving range untuk latihan ayunan dan pukulan, memungkinkan pemain untuk memanaskan badan sebelum bermain di lapangan utama. Lapangan ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah dari area sekitarnya, menciptakan suasana yang tenang dan menyegarkan saat bermain golf.


5. Bandung Giri Gahana Golf & Resort

Terletak di kawasan pegunungan yang indah di Jatinangor, lapangan ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk pegunungan dan lembah yang hijau. Udara sejuk dan segar di ketinggian ini membuat pengalaman bermain golf menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Selain lapangan golf, tempat ini juga dilengkapi dengan resort yang menawarkan berbagai fasilitas seperti kolam renang, spa, dan akomodasi mewah. Tempat ini juga memiliki sejarah panjang dalam menyelenggarakan berbagai turnamen golf, baik lokal maupun internasional. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Debut Film Panjang Tumpal Tampubolon Crocodile Tears akan Tayang Perdana di TIFF 2024

BERIKUTNYA

Penjurian Festival Film Indonesia 2024 Resmi Dimulai, Begini Prosesnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: