Selena Gomez. (Sumber gambar: Selena Gomez/Instagram)

Selena Gomez Jadi Miliarder Termuda AS Berkat Bisnis Kosmetik Rare Beauty

07 September 2024   |   13:18 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Selena Gomez resmi dinobatkan sebagai miliarder. Aktis, penyanyi, sekaligus pengusaha berusia 32 tahun ini baru saja mencapai tonggak kekayaan fantastis dan didapuk sebagai salah satu miliarder termuda di Amerika Serikat oleh Bloomberg. Kekayaan bersih Selena Gomez ditaksir mencapai US$1,3 miliar.

Bloomberg menyebut dalam publikasinya bahwa kekayaan Selena Gomez sebagian besar berasal dari perusahaan makeup Rare Beauty, yang didirikannya 5 tahun lalu dan memiliki saham senilai lebih dari US$1 miliar. 

Baca juga: 7 Musisi Terkaya di Dunia Juni 2024, Ada Rihanna dan Taylor Swift

Capaian tersebut membuat aktris yang membintangi Disney Channel Wizards of Waverly Place ini menjadi salah satu wanita miliarder termuda yang merintis usaha sendiri, bersama dengan tokoh-tokoh lain seperti Taylor Swift dan Rihanna yang juga masuk dalam daftar tersebut.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh CNN (@cnn)



Merek Rare Beauty, yang dikenal dengan produk blush on cair dan lipstik yang sukses dan viral di media sosial, dilaporkan menghasilkan penjualan bersih sebesar US$400 juta dalam 12 bulan hingga Februari 2024.

Gomez juga telah menghasilkan puluhan juta dolar AS dari kerja sama dengan sejumlah perusahaan besar seperti Louis Vuitton, Coach, dan Puma, sebagaimana dilaporkan Bloomberg. Hal ini tidak terlepas dari popularitasnya termasuk di media sosial. 

Diketahui, Gomez memiliki 424 juta pengikut di Instagram, menjadikannya sebagai orang ketiga dengan pengikut Instagram terbanyak di belakang ikon sepak bola Cristiano Ronaldo dengan 638 juta pengikut, dan Lionel Messi (504 juta pengikut). Hal ini membantunya meraup pendanaan besar-besaran dengan Puma yang dilaporkan bernilai US$30 juta, dan Coach dengan kesepakatan senilai US$10 juta .

Disebutkan bahwa Gomez juga bisa mengantongi penghasilan setidaknya US$6 juta per musim untuk perannya yang dinominasikan Emmy Awards dalam serial hit Hulu, Only Murders in the Building, yang baru-baru ini telah memasuki edisi musim kelima.

"Meskipun dia sukses di layar dan musik termasuk beberapa kali masuk nominasi Penghargaan Emmy dan Grammy, pencapaian-pencapaian tersebut hanya merupakan sebagian kecil dari kekayaannya," tulis Bloomberg.
 


Gomez awal tahun ini dilaporkan telah menghubungi investor untuk Rare Beauty dengan target valuasi sebesar US$2 miliar. Untuk diketahui, Rare Beauty sampai saat ini hanya memiliki dua investor yakni New Theory Ventures dan CEO Scott Friedman, yang memimpin Nyx Cosmetics sebelum dijual ke L'Oréal senilai US$500 juta pada 2014.

Bloomberg juga mengasumsikan Gomez memiliki sedikitnya 51 persen saham di Rare Beauty. Adapun, sisa kekayaan Gomez lainnya diperoleh dari dukungan pendanaan bisnis, tur konser, penjualan album, akting, royalti streaming, dan kepemilikan real estat.

Baca juga: 8 Anak Terkaya di Dunia, Kekayaannya Mencapai US$5 Miliar

Sebelumnya, merek Rare Beauty milik Gomez juga masuk ke dalam The 100 Most Influental Companies versi majalah Time tahun 2024. Meski belum berusia empat tahun kala itu, Rare Beauty meraih kesuksesan sebagai merek dengan penjualan teratas di gerai ritel kecantikan Sephora yang tersedia di 36 negara.

Setelah diluncurkan pada 2020, penjualan tahunan Rare Beauty tumbuh 100 persen dari 2021 hingga 2022, dan 200 persen pada tahun berikutnya. Puncaknya, penjualan Rare Beauty mencapai US$400 juta selama 12 bulan atau setahun hingga Mei 2024.
 


Menukil dari Time, Gomez mengatakan Rare Beauty tidak dimulai dengan ide-idenya untuk produk riasan tertentu, melainkan mewujudkan harapannya untuk mendukung orang-orang yang berjuang dengan kesehatan mental mereka. Seperti diketahui, pada 2020, Gomez didiagnosis menderita gangguan bipolar, kemudian dia memutuskan untuk membantu orang-orang yang juga tengah berjuang pulih.

Baca juga: Daftar 14 Selebritas Terkaya di Dunia Versi Forbes, Ada Pendatang Baru

Akhirnya, dia meluncurkan perusahaan filantropis, Rare Impact Fund, dengan tujuan mengumpulkan US$100 juta dalam 10 tahun pertama merek tersebut. Serta, berkomitmen bahwa 1 persen dari semua penjualan produk akan disalurkan ke yayasan. Dengan US$13 juta yang terkumpul hingga Mei 2024, Rare Impact Fund telah memberikan hibah kepada 26 organisasi di lima benua yang bekerja untuk meningkatkan kesehatan mental.

"Saya sangat gembira merilis produk kecantikan yang tidak hanya terasa hebat, tetapi juga merayakan apa yang membuat kita masing-masing menjadi unik. Produk-produk ini bukan tentang menjadi orang lain, melainkan tentang menjadi diri sendiri, entah itu tampil dengan riasan tebal atau tanpa riasan sama sekali," kata Gomez dikutip dari USA Today.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Lokasi CFD di Jakarta & Sekitarnya Minggu 8 September 2024

BERIKUTNYA

Profil & Rekam Jejak Emily Armstrong, Vokalis Baru Linkin Park

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: