Warga beraktivitas saat car free day (CFD) di kawasan Sudirman, Jakarta (10/3/2024). (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Fanny Kusumawardhani)

Cek Jadwal Lokasi CFD di Jakarta & Sekitarnya Minggu 8 September 2024

07 September 2024   |   11:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Akhir pekan biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melepas penat dari rutinitas pekerjaan. Salah satu kegiatan yang menjadi pilihan ialah car free day (CFD) yang digelar tiap Minggu pagi. Menikmati pemandangan jalanan kota yang bebas kendaraan dengan berjalan santai hingga bersepeda menjadi daya tarik orang datang ke CFD.

Dikenal sebagai hari bebas kendaraan, CFD merupakan gerakan untuk menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor. Program ini dimulai dari kesadaran penduduk dunia mengenai bahaya pemanasan global dan pentingnya pengurangan emisi bahan bakar.

Baca juga: 11 Event Seru Akhir Pekan di Jakarta 7-8 September 2024

CFD juga erat kaitannya dengan mengampanyekan pentingnya udara bersih. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk beralih dari menggunakan kendaraan pribadi, ke angkutan umum massal sehingga berkontribusi dalam penurunan pencemaran udara kota. 

Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan penting dan serunya CFD. Setiap Minggu pagi, beberapa ruas jalan khusus CFD pasti akan dipenuhi orang-orang dengan berbagai kegiatan, mulai dari olahraga, mencicipi ragam kuliner, atau sekadar rekreasi pagi untuk menghirup udara segar. 

Pada pekan ini, CFD akan kembali digelar pada sejumlah ruas jalan di Jakarta dan sekitarnya. Adapun, sejumlah agenda yang akan digelar ialah CFD yang memang rutin diadakan pada minggu pertama setiap bulannya, atau titik-titik yang selalu mengadakan CFD setiap Minggu. Seperti diketahui, 8 September 2024 ialah minggu pertama pada bulan sembilan tahun ini.

Dihimpun dari laman Car Free Day Indonesia dan Jakarta Rendah Emisi, berikut jadwal CFD pada Minggu, 8 September 2024 di sejumlah ruas jalan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).


1. Jakarta


Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin

Lokasi CFD ini memang menjadi salah satu spot favorit warga Jakarta. Titik Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin dibuka untuk CFD setiap Minggu mulai dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Pelaksanaan CFD di tempat ini berlangsung dari Bundaran Hotel Indonesia sampai Bundaran Senayan. Setiap Minggu, pasti akan banyak orang dari berbagai daerah memadati kawasan ini.


Jalan Dr. Saharjo & Jalan Minangkabau Manggarai

Pada minggu pertama setiap bulannya, warga Jakarta Selatan dapat bergabung dalam kegiatan CFD yang berlangsung di Jalan Dr. Saharjo & Jalan Minangkabau Manggarai. Biasanya, CFD di lokasi ini akan berlangsung mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB. Saat CFD, kalian bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari berolahraga, berjalan-jalan santai, hingga berburu kuliner.


Jalan RA Fadillah Cijantung

Satu spot CFD yang bisa dikunjungi oleh warga Jakarta Timur ialah Jalan RA Fadillah Cijantung yang berlangsung setiap Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Di lokasi satu ini, warga bisa memanfaatkannya untuk bersepeda, jogging, ataupun sekadar jalan santai bersama keluarga, teman, dan pasangan. Selain itu, bagi warga yang mempunyai usaha dapat berjualan di area yang sudah disediakan di lokasi CFD tersebut.


Jalan Warung Jati Barat

Pada Minggu pertama setiap bulan, CFD juga diadakan di Jalan Warung Jati Barat, yakni dari persimpangan Jalan Pejaten Raya dan Jalan Warung Jati Barat s.d. persimpangan Jalan Warung Jati Barat dan Jalan Raya Ragunan. CFD di lokasi ini dibuka pukul 06.00-11.00 WIB.


Sepanjang Jalan Cipete Raya

Satu lagi lokasi CFD di Jakarta yang bisa dikunjungi pada akhir pekan ini ialah di sepanjang Jalan Cipete Raya pukul 06.00-10.00 WIB. Pada Minggu pagi, banyak warga berdatangan ke lokasi ini untuk jalan santai, bermain bersama anak, ataupun berolahraga seperti bersepeda dan jogging.


2. Bogor

  • Jalan Sudirman (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB
  • Alun-alun Kota Jonggol (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB


3. Depok

Boulevard Grand Depok City (Jalan Citayam-KSU) pukul 06.00 WIB-09.00 WIB
 

4. Kota Tangerang

  • Jalan M. Yamin (Tugu Tangerang), setiap hari Minggu pukul 06.00 WIB-10.00 WIB
  • Puri Beta (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB
  • Ciledug (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB
  • Larangan (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB
  • Poris (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB


5. Bekasi

  • Jalan Ahmad Yani-Summarecon (setiap hari Minggu) pukul 06.00 WIB-10.00 WIB
  • Stadion Wibawa Mukti Cikarang (setiap hari Minggu) pukul 08.00 WIB-10.00 WIB 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

11 Event Seru Akhir Pekan di Jakarta 7-8 September 2024

BERIKUTNYA

Selena Gomez Jadi Miliarder Termuda AS Berkat Bisnis Kosmetik Rare Beauty

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: