Mobil Maung MV3 Pope Mobile buatan PT Pindad (Sumber gambar: Laman PT Pindad)

Spesifikasi Maung MV3 Pope Mobile, Kendaraan yang Digunakan Paus Fransiskus Saat Misa Akbar

05 September 2024   |   19:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Paus Fransiskus menggunakan mobil Maung MV3 Pope Mobile buatan PT Pindad saat misa akbar yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Kamis, 5 September 2024. Kendaraan modifikasi dari Maung MV3 varian Tangguh itu diklaim cocok untuk segala medan.

Dikutip dari laman perusahaan, Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan bahwa kendaraan Maung MV3 Pope Mobile yang digunakan oleh Paus Fransiskus berasal dari Maung MV3 varian Tangguh.

“Maung MV3 varian Tangguh ini juga lah yang kemudian dimodifikasi untuk mendukung kebutuhan mobilisasi Paus Fransiskus saat Misa Akbar di Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Profil Mantan Menhub Ignasius Jonan, Sosok Penting Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia
 

Interior Maung MV3 Pope Mobile (Sumber gambar: laman PT Pindad)

Interior Maung MV3 Pope Mobile (Sumber gambar: laman PT Pindad)


Dia menjelaskan, Maung MV3 sendiri merupakan bentuk inovasi yang dilakukan oleh manajemen setelah mengeluarkan generasi pertama Maung. Kendaraan generasi ketiga tersebut memiliki kelebihan bodi yang tangguh dan dapat bermanuver di berbagai medan yang esktrem.

Dalam modifikasinya menjadi Maung MV3 Pope Mobile, manajemen menambahkan sejumlah fitur, seperti tangga lipat untuk mengakses panggung, kursi utama di belakang kendaraan, sunroof di kabin pengemudi, reart step untuk menjaga paus, roof protector sebagai antisipasi terhada hujan, serta kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten paus.

Dari sisi dapur pacu, Maung MV3 Tangguh memiliki mesin turbo diesel 2.200 cc. Kemudian, kendaraan tersebut juga dapat dipacu oleh penggunanya dengan kecepatan aman 100 kilometer per jam dan memliki jarak tempuh hingga 500 kilometer. Tidak hanya itu, Maung MV3 Tangguh secara umum juga merupakan kendaraan dengan atap terbuka dan kapasitas 4 orang.

Dia mengungkapkan bahwa varian lain dari Maung MV3 adalah Maung MV3 Komando yang dilengkapi dengan atap hard top dan Maung MV3 Jelajah yang dilengkapi dengan atap soft top.

“Terimakasih kepada Vatikan beserta panitia kunjungan keagamaan beliau di Indonesia yang telah mempercayai Maung MV3 produksi PT Pindad untuk disesuaikan menjadi Pope Mobile yang digunakan Paus pada Misa Akbar di GBK,” ujarnya.

Dia menambahkan, keterlibatan perushaan dalam kunjungan Paus Fransiskus adalah suatu  kehormatan dan kebanggaan. Paus merupakan pemimpin umat katolik di seluruh dunia sekaligus tokoh lintas agama yang aktif menyerukan perdamaian.

Untuk diketahui Paus Fransiskus melakukan perjalanan keagamaan ke empat negara. Selain Indonesia, Paus juga akan berkunjung ke Papua Nugini, Timor Leste dan Singapura.

Indonesia menjadi tujuan utama dari perjalanan panjang Paus Fransiskus. Kunjungan tersebut menjadi momen bersejarah dan sangat dinantikan oleh umat katolik. Adapun kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September menjadi kunjungan ketiga Paus.

Sebelumnya, Paus yang pernah berkunjung ke Indonesia adalah Paus Paulus VI pada 3-4 Desember 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada 8-12 Oktober 1989.

Baca Juga: Misa Akbar Paus Fransiskus di Stadion GBK, Cek Rute Alternatif dan Pengalihan Lalu Lintas

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Begini Perilaku & Minat Masyarakat Indonesia Terhadap Investasi Digital

BERIKUTNYA

Profil Mantan Menhub Ignasius Jonan, Sosok Penting Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: