Android 15 akan tersedia dalam beberapa bulan (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/ RealToughCandy.com)

Google Rilis Android 15, Cek Jenis HP yang Dapat Menggunakannya

05 September 2024   |   14:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Google meluncurkan Android 15 dan menyediakan source code-nya di Android Open Source Project. Sistem operasi paling anyar ini akan tersedia di sejumlah perangkat gawai pintar Pixel beberapa minggu mendatang dan beberapa perangkat tertentu dari merek lainnya dalam beberapa bulan mendatang.

Matthew McCullough, VP of Product Management Android Developer, mengatakan bahwa perangkat lain selain Pixel yang akan memperoleh Android 15 a.l.:
  1. Samsung
  2. Honor
  3. iQOO
  4. Lenovo
  5. Motorola
  6. Nothing
  7. OnePlus
  8. Oppo
  9. Realme
  10. Sharp
  11. Sony
  12. Tecno
  13. Vivo
  14. Xiaomi

“Kami bangga melanjutkan pekerjaan kami dalam open source melalui AOSP,” ujarnya dikutip dari laman Android Developers.

Dia menjelaskan, sistem operasi yang tersedia secara terbuka atau open source memungkinkan siapa saja untuk melakukan pengembangan dan berkontribusi terhadap Android, sehingga menghasilkan perangkat yang lebih beragam dan inovatif.

Baca Juga: Bocoran Spek Pixel 9, Warna Pink Cantik dan Kamera Gahar

Pengembang dapat  dapat memanfaatkan keterampilan pengembangan aplikasi di Android Studio dengan Jetpack Compose guna membuat aplikasi di seluruh ekosistem. Tidak hanya itu, pengembang juga dapat memeriksa source code untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang cara kerja Android.

“Android 15 melanjutkan misi kami dalam membangun platform pribadi dan aman yang membantu meningkatkan produktivitas sekaligus memberikan developer kemampuan baru untuk menghasilkan aplikasi yang indah, pengalaman media dan kamera yang unggul, serta pengalaman pengguna yang intuitif, khususnya di tablet dan perangkat yang dapat dilipat,” katanya. .

Dia menuturkan, Android 15 memberi pengembang wawasan dan telemetri baru yang memungkinkan developer menyempurnakan pengalaman aplikasi yang dibuat lebih lanjut, sehingga dapat membuat perubahan yang meningkatkan cara aplikasi berjalan di rilis platform apa saja.

Dia mengeklaim bahwa sistem operasi Android 15 juga dapat menambah kemampuan Genhype menggambar, termasuk Matrix44 untuk membantu memanipulasi kanvas dalam 3D dan clipShader / clipOutShader untuk mengaktifkan bentuk kompleks.

Android 15 memungkinkan Anda mengontrol ruang gerak HDR dengan setDesiredHdrHeadroom untuk mencegah konten SDR tampak terlalu pudar.

Sistem operasi ini mendukung penyesuaian cerdas tingkat kenyaringan audio dan tingkat kompresi untuk aplikasi konten Audio AAC berisi metadata tentangnya sehingga tingkat audio dapat beradaptasi dengan perangkat pengguna dan lingkungan sekitar.

Kemudian, sistem Android 15 juga dapat melakukan penyesuaian pencahayaan aliran Pratinjau dalam kondisi cahaya redup, mengaktifkan pratinjau gambar yang disempurnakan, memindai kode QR dalam cahaya redup, dan banyak lagi.

Terkait sistem operasi paling anyar ini, Genhype akan menerima pembaharuan jika gawai pintar Pixel yang digunakan sudah support. Selain itu, kalian dapat mendapatkannya melalui quarterly platform release (QPR) beta dengan bergabung program Android 15 QPR beta kapan saja.

“Jika Anda sudah mengikuti program beta QPR di perangkat Pixel yang mendukung rilis Android berikutnya, kemungkinan besar Anda akan ditawari kesempatan untuk memasang pembaruan beta Android 15 QPR pertama. Jika Anda ingin berhenti mengikuti program beta tanpa menghapus data perangkat, jangan pasang versi beta dan tunggu pembaruan ke versi rilis saat tersedia di perangkat Pixel,” katanya.

Baca Juga: 5 Cara Menghapus Jejak Digital di Internet

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Misa Akbar Paus Fransiskus di Stadion GBK, Cek Rute Alternatif dan Pengalihan Lalu Lintas

BERIKUTNYA

Catat, Ini Fakta Kandungan & Anjuran Konsumsi Minuman Energi Menurut Dokter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: