Sejumlah aplikasi di ponsel android/android

Ini Pilihan Koleksi Aplikasi Wajib di Ponsel Android

26 May 2021   |   10:52 WIB

Ketika membeli ponsel Android baru, langkah pertama yang biasa Genhype lakukan mungkin memasang aplikasi tambahan. Pembuat ponsel Android biasanya sudah menyertakan berbagai aplikasi penting untuk ponsel baru kalian. Artinya, kita tidak lagi harus menginstal banyak aplikasi baru.

Namun biasanya aplikasi bawaan ponsel saja tidak cukup. Jadi apa saja aplikasi wajib buat ponsel Genhype?

Pesan instan/chat
Meskipun awalnya ponsel digunakan terutama untuk berkomunikasi dengan percakapan suara, pada saat ini pesan teks dan chat tidak kalah pentingnya.  Buat banyak orang, WhatsApp saat ini sudah jadi keharusan buat berkomunikasi lewat pesan teks. Namun Telegram pada saat ini juga mulai menjadi alternatif lain yang mulai populer.

Aplikasi lain seperti LINE masih populer di sebagian pengguna, dan Signal juga menjadi opsi untuk pemilik ponsel yang mengutamakan keamanan dan privasi. Berbeda dengan aplikasi lain yang disebut di sini, Signal juga dapat digunakan untuk mengirim SMS dan MMS.
 

Telegram

Telegram/ist

Media sosial
Media sosial masih menjadi pilihan banyak orang untuk tetap menjaga hubungan dengan kawan-kawan, kerabat, dan rekan kerja. Banyak pula yang memanfaatkan media sosial untuk memperluas jaringan perkawanan, profesional dan bisnis.

Facebook masih menjadi media sosial paling populer, diikuti oleh media lain seperti Instagram dan Twitter. LinkedIn banyak digunakan untuk memperluas jaringan profesional. Media sosial baru juga bermunculan dari waktu ke waktu, misalnya Clubhouse.

Kalian dapat memasang aplikasi yang paling  sering digunakan, dan mengakses media sosial lainnya lewat peramban mobile. Sebagai contoh, saya paling sering menggunakan Twitter dan Instagram, dan hanya sesekali membuka Facebook dan LinkedIn. Dua aplikasi terakhir ini hanya saya buka versi webnya saja.

Surel
Aplikasi bawaan Gmail tidak hanya bisa digunakan dengan layanan surel dari Google, tetapi juga dengan sembarang layanan surel yang mendukung protokol IMAP atau Microsoft Exchange. Namun beberapa layanan email lain mungkin harus menggunakan aplikasi tersendiri.

Yahoo dan Outlook.com dapat diakses dengan Gmail, namun Genhype juga bisa memasang aplikasi khusus untuk kedua layanan ini. Aplikasi surel privat seperti Protonmail hanya dapat digunakan dengan aplikasi Androidnya.
 

Spotify/ist

Spotify/ist

Musik
Terdapat berbagai aplikasi pemutar musik yang bisa dimanfaatkan. Pada ponsel Android model lama mungkin Anda akan menemukan Google Play Music, namun saat ini Google sudah mulai transisi ke YouTube Music.

Secara umum, Anda bisa memilih untuk menggunakan pemutar musik yang memainkan berkas lagu di storage ponsel, atau pemutar musik streaming.

Untuk streaming, buat saya Spotify masih menjadi pilihan utama. Namun pesaingnya seperti Apple Music dan JOOX juga perlu dijajal bila kalian belum punya pilihan. YouTube Music juga merupakan layanan streaming musik.

Pengelola kata sandi
Bila Genhype ingin memastikan keamanan Anda di internet, pengelola kata sandi (password manager) merupakan kewajiban. Pengelola kata sandi yang terintegrasi di dalam peramban (seperti Chrome) saat ini belum cukup, karena tidak menunjang pemakaian dengan aplikasi ponsel. Kita perlu aplikasi pengelola kata sandi terpisah.

Saat ini pilihan saya adalah Bitwarden, yang dapat dipasang secara gratis di Android. Bitwarden juga memiliki versi desktop dan pengaya peramban, sehingga Anda juga bisa menyelaraskan data antara komputer pribadi dan ponsel.
 

Grab/ist

Grab/ist

Transportasi dan wisata
Di kota-kota dengan transportasi publik yang belum memadai juga, ojek online dan taksi online masih menjadi keharusan. Saya mengandalkannya tidak hanya di Jakarta tetapi juga di kota-kota lain, terutama di tempat yang baru saya kunjungi.

Aplikasi seperti Gojek dan Grab merupakan andalan di lokasi seperti ini. Kedua aplikasi ini juga berfungsi sebagai superapp, dengan fungsi tambahan seperti pembelian makanan dan pembayaran tagihan.

Untuk bepergian, terdapat berbagai aplikasi yang bisa digunakan. Bila Anda punya maskapai penerbangan favorit  Anda mungkin bisa memasang aplikasinya. Untuk kereta api, PT KAI sudah punya aplikasi sendiri. Bila tidak, Anda bisa memanfaatkan aplikasi agen perjalanan online. Banyak pilihan di sini, tapi saya baru mencoba Traveloka atau Tiket.com.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Angkat Cerita Sejarah, Proyek Film Perang Kota Garapan Mouly Surya Didanai 4 Negara

BERIKUTNYA

Segarnya Bisnis Minuman Sehat Kekinian, Intip Model Bisnisnya Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: