Stadion sepak bola (Sumber gambar: Unsplash/Vienna Reyes)

Fakta Menarik Stadion King Abdullah Sports City, Venue Timnas Indonesia vs Arab Saudi

04 September 2024   |   14:10 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Indonesia bakal menghadapi laga yang cukup berat saat membuka perjalanannya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda akan memulai laga perdanannya dengan melawan skuad asuhan Roberto Mancini, yakni timnas Arab Saudi. 

Pertandingan pembuka ini makin terasa berat karena akan digelar di markas lawan. Duel sengit Indonesia vs Arab Saudi ini akan bertanding di Stadion King Abdullah Sports City pada 5 September 2024. 

Sebagai informasi, dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini, Indonesia tergabung dalam Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Secara statistik, Indonesia adalah tim terlemah di grup ini.

Namun, selama bola itu bundar, segala hal masih bisa terjadi di lapangan. Sembari menanti laga perdana timnas Indonesia vs timnas Arab Saudi, yuk simak beberapa fakta menarik tentang venue King Abdullah Sports City. 

Baca juga: Daftar Pemain Timnas Indonesia yang Dibawa Shin Tae-yong Menghadapi Arab Saudi


1. Punya kapasitas 62.000 penonton 

Stadion King Abdullah Sports City adalah salah satu venue sepak bola yang megah di Arab Saudi. Stadion berkapasitas 62.241 penonton ini tercatat sebagai yang terbesar di Jeddah dan termegah kedua di Arab Saudi, setelah Stadion Raja Fahd di Riyadh.

Stadion yang dijuluki The Jewel ini selesai dibangun pada 2014 ini memiliki ukuran lapangan 110 meter x 66 meter. Permukaan lapangannya menggunakan rumput alami dengan standar internasional.


2. Fasilitas pendukung kelas wahid

Stadion King Abdullah Sports City adalah sebuah kompleks olahraga dengan fasilitas kelas wahid. Di luar stadion utama, terdapat tiga lapangan sepak bola terpisah dengan empat arena dalam ruangan kecil yang juga bisa digunakan untuk sepak bola. 

Tak hanya sepak bola, area sekitarnya juga dilengkapi lapangan tenis dan arena dalam ruangan besar untuk keperluan olahraga lain. Stadion ini memiliki satu masjid utama dan enam musala kecil yang terpisah di beberapa sudutnya.


3. Markas klub Karim Benzema 

Selain kerap menjadi venue bertanding timnas Arab Saudi, Stadion King Abdullah Sports City juga adalah markas dari klub yang dibela Karim Benzema, yakni Al-Ittihad. Stadion ini pernah menggelar banyak pertandingan penting, salah satunya adalah partai final Piala Dunia Antarklub 2023. 

Di sisi lain, stadion yang didesain oleh Arup Associates ini juga merupakan markas Al-Ahli SC yang saat ini diperkuat Edouard Mendy, Robert Firmino, Riyad Mahrez, dan Roger Ibanez.


4. Rekor menawan timnas Arab Saudi di Stadion King Abdullah

Timnas Indonesia mesti berhati-hati ketika melawan timnas Arab Saudi di Stadion King Abdullah. Pasalnya, Arab Saudi punya catatan menawan ketika mereka berlaga di kandang sendiri.

Menurut laporan Arriyadiyah, skuad The Green Falcon ini tercatat belum pernah kalah. Dari 11 pertandingan terakhir, 10 di antaranya selalu berakhir dengan kemenangan. Arab hanya satu kali bermain seri di stadion ini. 


5. Beri tiket murah untuk suporter Indonesia 

Saat ini Federasi Sepak Bola Arab Saudi atau SAFF telah resmi menjual tiket pertandingan antara timnas Indonesia kontra timnas Arab Saudi. SAFF turut menyediakan tiket khusus suporter timnas Indonesia dengan jumlah yang terbatas di situs Webook.

Untuk kategori tiket Gold dijual 500 Riyal (Rp2 juta). Kategori ini akan menempati tribun VIP. Sementara itu, Kategori 3 dan 4 ditawarkan dengan harga jauh lebih murah, yakni 10 Riyal (Rp41.000) dan 15 Riyal (Rp62.000). Penonton akan menempati tribun belakang gawang selatan. 

Harga tersebut jauh lebih murah dibanding laga di Stadion Gelora Bung Karno. PSSI mematok harga tiket yang berlangsung di Stadion GBK tersebut seharga Rp250.000 untuk kategori paling murah. Namun, untuk harga di kategori kelas paling atas, Indonesia masih lebih murah, yakni di sekitar Rp1,5 juta saja.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata Populer Arab Saudi, Menyusuri Pasar Taif sampai Kota Kabut Al Namas

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Link Resmi & Cara Pembelian Meterai Elektronik Untuk CASN/CPNS/PPPK

BERIKUTNYA

Catatan Pertandingan Timnas Indonesia Tak Pernah Menang Kontra Arab Saudi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: